Home Teknologi Gadget&Apps 9 Aplikasi Chat Terbaik Dan Gratis Untuk Smartphone Android

9 Aplikasi Chat Terbaik Dan Gratis Untuk Smartphone Android

145
1

Aplikasi chatting saat ini memang lebih banyak digunakan untuk komunikasi sesama teman dan keluarga secara online. Namun jangan sampai salah dalam memilih aplikasi chat, pilihlah aplikasi chat terbaik dan gratis yang mudah digunakan, memiliki banyak pengguna dan memiliki fitur menarik.

aplikasi chat terbaik


Apa Itu Chatting?

Chat atau chatting adalah cara berkomunikasi baik itu menggunakan tulisan, suara maupun video antara dua orang atau lebih melalui jaringan internet.

Dahulu sebelum adanya situs atau aplikasi chatting serta masih minimnya teknologi internet, maka cara komunikasi tertulis via ponsel dengan orang lain masih menggunakan SMS. Tapi sekarang orang lebih banyak memilih chat online ketimbang SMS.

Karena hal itulah banyak bermunculan situs-situs atau aplikasi chatting sebagai media berkomunikasi via jaringan internet. Selain lebih murah, chat via online juga bisa menjangkau ke seluruh penjuru dunia tanpa adanya biaya tambahan.

Namun, anda lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi chatting saat ini karena tidak semua aplikasi chatting aman dari virus. Karena pertimbangan inilah, kali ini saya akan berbagi tentang apa saja aplikasi chat terbaik untuk smartphone android.

9 Aplikasi Chat Terbaik Untuk Smartphone Android

Aplikasi-aplikasi ini adalah yang direkomendasikan dengan pertimbangan dari berbagai sumber.  Apa saja aplikasinya? Simak ulasannya berikut ini :

1. Whatsapp

aplikasi whatsapp

Yang pertama ada aplikasi Whatsapp yang kini sudah diakuisisi oleh Facebook. Siapa yang tidak mengenal whatsapp. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting gratis yang memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia.

Menggunakan whatsaap, anda bisa berkirim pesan, berkirim file ( gambar, video, audio dan dokumen ), video call dan audio call. Whatsapp terintegrasi secara otomatis dengan phonebook pada smartphone anda. Jadi nomor handphone anda adalah akun whatsapp anda layaknya PIN pada BBM.

Whatsapp sebagai aplikasi chat terbaik karena memiliki antar muka yang simple dan mudah digunakan, terutama bagi anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi whatsapp.

Yang lebih menariknya lagi, di dalam aplikasi whatsapp tidak tertanam sama sekali iklan-iklan yang mengganggu.

Baca Juga : Beberapa Fitur Whatsapp Terbaru Yang Belum Anda Ketahui

2. Facebook Messenger

Facebook Messenger

Berikutnya ada aplikasi facebook messenger. Aplikasi ini terintegrasi dengan akun social media facebook milik zuckerberg.

Jadi sebelum menggunakan facebook messenger, anda tentu harus membuat akun facebook terlebih dahulu. Karena facebook messenger adalah aplikasi chatting khusus bagi pengguna facebook.

Artinya anda bisa chatting dengan teman-teman anda yang terhubung dengan facebook dan telah menginstall facebook messenger. Namun, aplikasi facebook dan aplikasi facebook messenger terpisah dan juga memiliki situs sendiri-sendiri.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Halaman Facebook atau Fanspage Facebook

3. Blackberry Messenger ( BBM )

Blackberry Messenger ( BBM )

Blackberry Messenger ( BBM ) dulunya adalah aplikasi chatting yang hanya diperuntukkan bagi smartphone Blackberry saja.

Namun dengan semakin ketatnya persaingan dunia aplikasi chatting dan pada saat itu perusahaan Blackberry sedang mengalami masalah financial, maka BBM menjadi aplikasi yang bisa dinikmati bukan hanya bagi pengguna smartphone Blackberry.

BBM ini memang unik karena setiap pengguna yang terdaftar akan memiliki sebuah PIN yang digunakan sebagai identitas akun anda dan untuk invite pertemanan.

4. Telegram

Telegram

Telegram adalah Aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan yang dienkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahan.

Dengan Telegram Anda juga dapat berbagi lebih dari sekedar gambar dan video, tapi Telegram juga memungkinkan Anda mentransfer dokumen atau mengirim lokasi Anda saat ini ke teman dengan mudah.

Telegram mempunyai user interface yang bersih dan mempunyai berbagai fitur, dan karena itu Telegram sangat banyak digunakan orang di seluruh dunia saat ini.

Tidak seperti aplikasi chat lainnya, Telegram adalah berbasis cloud, yang berarti Anda dapat dengan mulus memindahkan percakapan Anda antara smartphone, tablet, web dan bahkan di desktop Anda.

5. Line

Line Messenger

Line merupakan aplikasi pesan instan yang banyak diminati di 42 negara termasuk Indonesia. Dengan aplikasi Line anda bisa mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirim gambar atau video, dan sebagainya.

LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang mengundang anda. Anda juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi anda.

LINE menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan anda.

6. WeChat

wechat

WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler (ponsel) yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok.

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi social networking lainnya, aplikasi WeChat memperkenalkan cara berkomunikasi yang baru di mana para penggunanya dapat saling terkoneksi lewat fitur-fitur yang menarik.

Diantaranya hold- to-talk voice messaging, video chat, photo sharing dan shake to find friends. Perbedaan secara signifikan yang terdapat di WeChat adalah semua fitur-fitur yang ada itu mudah dimengerti dibanding beberapa aplikasi social networking lainnya yang juga mempunyai fitur yang sama.

7. IMO Messenger

imo

IMO Messenger adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan kirim pesan berupa teks, gambar,audio, stiker & emotikon, dan sekaligus melakukan panggilan audio dan video ke sesama pengguna IMO Messenger di seluruh dunia secara gratis.

Tampilan IMO sangat sederhana yang hanya didominasi dengan latar berwarna putih. Bila teman di phonebook Anda sudah mengunduh aplikasi IMO di smartphone-nya, maka secara otomatis namanya akan ditampilkan.

8. Snapchat

snapchat

Snapchat sangat populer di masyarakat karena menawarkan cara untuk berinteraksi dengan cara berkirim pesan teks, suara, foto dan video.

Meski anda mengirim banyak foto atau video, aplikasi ini tidak membutuhkan banyak kapasitas memory pada ponsel.

9. Hangout

Hangout

Untuk pengguna akun Google tentunya sudah tidak asing lagi dengan Hangout Hangout merupakan layanan messeging yang memiliki banyak fungsi yaitu bisa untuk Google Talk, Google Plus Messeging dan juga Google Plus Video Call (video chat).

Dulunya sebelum Google Hangout dibuat tiga fitur aplikasi ini terpisah dan hanya bisa diakses melalui website Google Plus dan email Google. Namun karena perkembangan instant messeging membuat Google ikut serta dalam meramaikan daftar instant messeging didunia.

Itulah 9 aplikasi chat terbaik yang direkomendasikan karena memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Yang menarik karena aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis dan lebih hemat karena menggunakan jaringan internet.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here