Home Asuransi Bagaimana Cara Kerja Asuransi? Simak Penjelasan Berikut Ini

Bagaimana Cara Kerja Asuransi? Simak Penjelasan Berikut Ini

106
0

Ada salah satu hal yang masih menjadi PR khususnya bagi beberapa industri Asuransi di Indonesia, bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara kerja asuransi serta manfaat memiliki asuransi.

Bagaimana cara kerja asuransi

Banyak dari mereka masih beranggapan bahwa memiliki asuransi adalah sesuatu hal yang tidak terlalu bermanfaat dan ada juga yang berfikir bahwa memiliki asuransi hanya akan menambah beban pengeluaran kebutuhan keluarga.

Baca juga : Asuransi Pendidikan Sangat Penting Untuk Masa Depan Anak

Sebagai pengetahuan bahwa asuransi yang anda miliki berperan dalam menanggung segala resiko yang dialami oleh anda atau pemegang polis asuransi. Misalnya, ketika anda sebagai pemegang asuransi mengalami kecelakaan dan memerlukan perawatan rumah sakit maka segala biaya rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut.

Tentunya semua hal tersebut harus dengan beberapa persyaratan yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi yang anda miliki. Seperti kewajiban membayar premi bulanan yang sudah ditentukan secara rutin, memenuhi persyaratan klaim dan sebagainya.

Premi yang dibayarkan oleh semua nasabah merupakan sumber pendapatan pihak perusahaan asuransi yang nantinya sebagian akan digunakan untuk membayar klaim yang dilakukan oleh nasabahnya. Jadi proses dari asuransi sendiri bisa dikatakan saling menolong antar nasabah, karena dana klaim berasal dari nasabah lain.

Bagaimana Cara Kerja Asuransi? Begini prosesnya

Bagaimana cara kerja asuransi

Perusahaan asuransi memiliki beberapa tahapan dalam menjalankan bisnis asuransi tersebut. Apa saja tahapannya, berikut ini ulasannya :

1. Mengumpulkan Nasabah

Tahapan pertama untuk menunjang bisnis asuransi adalah proses perekrutan nasabah. Perusahaan asuransi akan menawarkan produk asuransinya dengan banyak cara yang menggiurkan untuk menarik banyak nasabah.

Asuransi yang mereka tawarkan umumnya akan dibagi sesuai dengan peranannya masing-masing. Seperti asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi jiwa dan sebagainya. Jadi setiap asuransi tersebut tidak bisa digabungkan satu sama lain.

Baca juga : Asuransi Unit Link Menggiurkan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membelinya

Perusahaan asuransi akan menanggung segala kerugian yang anda alami selama menjadi nasabah asuransi sesuai dengan aturan perusahaan yang sudah anda sepakati sebelumnya.

2. Menampung Premi Dari Seluruh Nasabah

Setiap nasabah asuransi akan membayarkan premi setiap bulannya secara rutin sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Perusahaan asuransi akan mengumpulkan dana yang dihasilkan dari pembayaran premi seluruh nasabah, kemudian dana tersebut dikelola dan nantinya akan digunakan untuk membayar klaim yang dilakukan oleh nasabah yang yang mengalami musibah atau resiko.

Jadi secara garis besarnya adalah system perputaran dana yang dilakukan oleh perusahaan asuransi adalah menggunakan dana yang terkumpul dari pembayaran premi oleh seluruh nasabah.

3. Membayar Klaim Asuransi

Perusahaan asuransi akan membayarkan klaim yang dilakukan oleh nasabahnya yang mengalami resiko atau musibah. Pembayaran klaim akan melalui beberapa tahapan untuk memastikan resiko tersebut merupakan kejadian yang tanpa disengaja. Karena jika kejadian tersebut merupakan hal yang disengaja, maka klaim atau ganti rugi tidak akan diberikan oleh perusahaan asuransi.

Itulah secara garis besar proses atau bagaimana cara kerja asuransi yang perlu dipahami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here