Home Info Menarik Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Begini Penjelasannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Begini Penjelasannya

35
0

Durian adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang nikmat dan disukai banyak orang. Namun, bolehkah ibu hamil makan durian?

bolehkah ibu hamil makan durian

Anda pasti pernah mendengar anggapan bahwa seorang ibu hamil tidak boleh makan buah durian. Jika mengkonsumsi durian ketika hamil akan menyebabkan janin yang ada di dalam perut ibu hamil akan kepanasan.


Benar Atau Tidak Anggapan Tersebut?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai anggapan tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu zat atau gizi yang terkandung di dalam buah durian.

Apakah kandungan-kandungan tersebut berbahaya untuk janin, atau bahkan justru memberikan dampak positif bagi janin. Dari sinilah nanti akan muncul gambaran untuk menjawab anggapan yang beredar di masyarakat saat ini.

Kandungan Buah Durian dan Dampak Bagi Kesehatan

bolehkah ibu hamil makan durian

Durian merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah yang memiliki bentuk yang khas dengan kulit keras dan lancip ini dianggap sebagai buah yang perlu dihindari bagi ibu hamil.

Untuk menjawab rasa penasaran anda tentang anggapan tersebut benar atau tidaknya, silahkan simak kandungan buah durian berikut ini :

Mengandung Kalori, Gula Alami dan Potasium

Dalam 100 gram daging buah durian mengandung 147 kalori. Ini termasuk kandungan kalori yang tinggi jika dibandingkan dengan buah lain yang memiliki kandungan kalori.

Kandungan Gula Alami yang terkandung dalam buah durian seperti Fruktosa dan Sukrosa sangat mudah dicerna oleh tubuh yang mampu mengembalikan energi dengan cepat.

Selain itu, kandungan Potasium pada buah durian mempu mengurangi rasa lelah. Potasium juga mengurangi tekanan pada pembuluh darah karena mampu mengontrol kadar sodium dalam darah.

Jadi kandungan-kandungan tersebut merupakan sumber energi bagi tubuh.

Baca Juga : Kadar Kolesterol Normal Yang Dianjurkan
Kaya Akan Vitamin C dan Sumber Protein Yang Baik

Sudah jelas sekali bahwa manfaat vitamin C adalah sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan protein sebagai asupan gizi bagi tubuh yang menyehatkan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

Dilihat dari kandungan buah durian, sebenarnya buah ini memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Sehingga buah durian tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil. Lalu bagi janin?

Namun, kandungan alkohol yang terdapat pada buah durian menyebabkan gangguan perkembangan janin. Sedangkan kandungan zat berupa asam arachidonat memberikan dampak merangsang kontraksi yang mengakibatkan keguguran pada awal kehamilan dan kelahiran prematur pada masa hamil tua.

Baca Juga : Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Buah Durian Aman Bagi Ibu Hamil Jika Dikonsumsi Secara Wajar Dan Tidak Berlebihan

Konsumsi secara wajar dan tidak berlebihan termasuk aman bagi ibu hamil dan tidak menimbulkan efek-efek seperti yang dijelaskan di atas.

Bukan hanya bagi ibu hamil, konsumsi yang tidak wajar atau berlebihan bagi semua orang juga berbahaya dan mengganggu kesehatan.

Konsumsi setengah dari buah utuh adalah hal yang wajar, jadi jangan konsumsi yang berlebihan untuk menjaga kondisi janin dan ibu hamil tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here