Home Bisnis Cara Cek BI Checking Dengan Mudah

Cara Cek BI Checking Dengan Mudah

135
0

Setiap anda mengajukan pinjaman atau kredit melalui bank maupun perusahaan leasing, pasti ada salah satu persyaratan yaitu BI Checking. Lalu apa itu BI Checking? Bagaimana cara cek BI Checking?

cara cek bi checking




Lolos atau tidaknya pengajuan pinjaman atau kredit tentunya tergantung dari nilai dari BI Checking anda. Pihak bank dan perusahaan leasing akan melihat data kredit anda yang terdahulu melalui BI Checking.

Tahukah anda bahwa BI Checking itu bisa dicek oleh siapa saja secara online? Sebelum membahas cara cek BI Checking, alangkah baiknya mengenal lebih dalam tentang BI Checking terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Mudah Investasi Emas di Pegadaian

Apa Itu BI Checking dan Bagaimana Cara Kerjanya

BI Checking adalah sebuah informasi catatan atau riwayat mengenai lancar atau tidaknya pembayaran kredit seseorang yang tersimpan pada Sistem Informasi Debitur ( SID ).

Sebagai catatan, Sistem Informasi Debitur ( SID ) adalah suatu sistem yang berisi informasi debitur serta fasilitas kreditnya untuk dipertukarkan ke sesama lembaga keuangan.

Di dalam BI Checking atau IDI Historis terdapat identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana/pembiayaan yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas.

Informasi-informasi tersebut yang berada di dalam BI Checking dapat diakses oleh lembaga keuangan seperti bank ataupun non bank yang terdaftar sebagai anggota Biro Informasi Kredit.

Seluruh anggota dari Biro Informasi Kredit ini yang nantinya memberikan data-data debitur ( pengambil pinjaman/kredit ) ke Bank Indonesia setiap bulannya. Data tersebut, oleh Bank Indonesia disimpan dalam Sistem Informasi Debitur ( SID ). Jika nantinya ada lembaga keuangan yang mengajukan permintaan BI Checking atau IDI Historis, maka data dari SID yang akan diberikan.

Baca Juga : Pengertian Investasi Reksadana Saham dan Resikonya

Skor BI Checking Yang Disukai Bank

cara cek bi checking

Baik buruknya BI Checking calon debitur akan ditentukan dari nilai skor kredit atau skor kolektibilitas. Skor tersebut diambil dari catatan atau riwayat pinjaman calon debitur sebelumnya.
Skor kredit ditentukan dari angka 1-5 dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

1. Skor 1

Artinya Kredit lancar, debitur selalu membayar cicilan setiap bulan hingga lunas tanpa pernah menunggak.

2. Skor 2

Artinya Kredit DPK ( Dalam Perhatian Khusus ), debitur menunggak cicilan kredit 1-90 hari.

3. Skor 3

Artinya Kredit Tidak Lancar, debitur menunggak cicilan kredit 91 – 120 hari

4. Skor 4

Artinya Kredit Diragukan, debitur menunggak cicilan kredit 121 – 180 hari

5. Skor 5

Artinya Kredit Macet, debitur menunggak cicilan kredit lebih dari 180 hari

Dari skor yang sudah ditentukan di atas dari 1-5, yang masuk dalam Blacklist BI Checking adalah skor 3, skor 4 dan skor 5.

Secara otomatis pihak peminjam baik itu bank maupun pihak leasing akan menolak pengajuan kredit jika calon debitur masuk ke dalam Blacklist BI Checking. Penolakan ini tentunya pihak peminjam tidak akan mengambil resiko dikemudian hari jika kredit yang diberikan bermasalah.

Baca Juga : 26 Peluang Usaha Sampingan Bagi Karyawan

Bagaimana Cara Cek BI Checking?

Jika berniat untuk melihat status BI Checking anda, ada dua cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara Offline dan Online.

Cek BI Checking Offline

Anda bisa mendatangi lembaga keuangan yang sudah tergabung dalam anggota Biro Informasi Kredit, baik itu bank maupun non bank. Ajukan permintaan untuk mengetahui status BI Checking anda ke lembaga keuangan tersebut.

Cara ini sama sekali tidak dipungut biaya apapun dari pihak lembaga keuangan tersebut.

Cek BI Checking Online

Cara ini merupakan pengajuan permintaan BI Checking langsung ke Bank Indonesia melalui online. Berikut ini langkahnya :

1. Pertama kunjungi website resmi Bank Indonesia di www.bi.go.id. Pada halaman utama pilih Moneter, lalu klik Permintaan IDI Historis.

cara cek bi checking

2. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman Biro Informasi Kredit, pada halaman tersebut scroll ke bawah dan cari tulisan Mengisi formulir yang disediakan lalu klik formulir yang berwarna biru.

cara cek bi checking

3. Kemudian akan muncul halaman untuk mengisi form. Pilih yang individual dan isi form tersebut sesuai dengan data diri anda lalu klik Kirim Form.

cara cek bi checking

4. Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka selanjutnya tinggal menunggu konfirmasi dari Bank Indonesia yang akan dikirimkan melalui email.

Itulah langkah-langkah bagaimana cara cek BI Checking anda dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here