Home Blogging Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Bing dan Google Webmaster Tool

Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Bing dan Google Webmaster Tool

96
0

Cara mudah mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool – Untuk mempermudah blog agar lebih cepat dikenali oleh mesin pencarian seperti Bing dan Google, maka blog yang anda buat terlebih dahulu wajib didaftarkan ke kedua mesin pencarian tersebut.

Cara Mudah Mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool

Blog yang telah terdaftar akan selalu terindex ketika terdapat artikel-artikel baru yang diterbitkan. Dengan begitu, artikel baru akan mudah dikenali oleh mesin pencarian dengan cepat.

Bing dan Google menyediakan tool yang mempermudah untuk memonitor keadaan blog anda dengan mudah. Tool-tool tersebut akan tersedia setelah blog anda terdaftar. Tool tersebut juga digunakan untuk mensubmit peta situs blog anda agar bing dan google mengindex seluruh isi konten blog anda.

Manfaatnya jelas agar semua isi konten blog mulai dari judul, artikel, halaman, serta label blog dapat ditelusuri oleh mesin pencarian sehingga dengan mudah muncul di mesin pencarian. Manfaat lainnya adalah meningkatkan pengunjung blog anda dan pada akhirnya blog akan mampu menduduki halaman pertama mesin pencarian.

Langkah Mudah Mendaftarkan Blog Ke Bing Webmaster Tool

Sebelum mendaftarkan blog ke bing webmaster tool tentunya anda harus mempunyai email dari HotmailOutlook, Yahoo atau Gmail terlebih dahulu. Setelah anda mempunyai akun HotmailOutlook, Yahoo atau Gmail, selanjutnya bisa langsung mengikuti langkah berikut untuk mendaftar ke Bing Webmaster Tool.

1. Kunjungi link berikut http://www.bing.com/toolbox/webmaster dan klik SIGN UP

Lihat Gambar

2. Pada menu SIGN UP anda akan diberikan tampilan form registrasi yang harus anda isi sesuai dengan data diri anda. Setelah form diisi, Selanjutnya klik Create Account untuk melanjutkan proses registrasi.

Lihat Gambar

3. Selanjutnya silahkan buka email anda untuk proses verifikasi, buka email masuk dari Microsoft dan klik Verifify.

Lihat Gambar

4. Setelah proses registrasi selesai, langkah selanjutnya silahkan kunjungi link berikut http://www.bing.com/toolbox/webmaster dan klik SIGN IN untuk masuk ke akun anda. Pada menu utama akun anda, selanjutnya masukkan alamat URL blog anda pada kolom Add a Site dan klik ADD.

Lihat Gambar

5. Langkah selanjutnya silahkan isi data sesuai dengan blog anda. Isian tersebut meliputi :

  • URL isi dengan alamat URL blog anda
  • ADD A SITEMAP isi dengan sitemap blog anda
  • FIRST NAME, LAST NAME isi dengan Nama depan dan Nama belakang anda
  • JOB ROLE isi dengan pekerjaan anda
  • COMPANY OR ORGANIZATION NAME, COMPANY OR ORGANIZATION SIZE isi dengan Nama perusahaan anda ( bisa diisi sembarang saja )
  • INDUSTRY pilih dengan industri tentang blog anda
  • CONTACT PHONE isi dengan nomor handphone anda
  • CITY isi dengan kota tempat tinggal anda
  • STATE/PROVINCE, ZIP/POSTAL CODE isi dengan Nama provinsi dan kode pos tempat tinggal anda
  • COUNTRY OR REGION isi dengan Nama negara tempat tinggal anda

Jika semua isian tersebut sudah terisi sesuai dengan data blog anda, selanjutnya klik SAVE.

6. Terakhir silahkan verify menggunakan opsi yang sudah disediakan. Sampai tahap ini anda sudah berhasil mendaftarkan blog anda ke Bing webmaster tool. Secara otomatis blog anda akan terindex pada mesin pencarian bing.

Langkah Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster tool

Google webmaster tool merupakan tool milik google yang bisa digunakan untuk memonitor blog atau situs website. Tool ini juga mempermudah blog untuk terindex pada mesin pencarian google.

Sebelum mendaftarkan blog anda ke google webmaster tool, anda harus mempunyai email Gmail. Bila belum memiliki akun Gmail silahkan daftar terlebih dahulu, baca caranya disini Cara Membuat Email Gmail Terbaru

1. Kunjungi link berikut http://www.google.com/webmasters/ pada menu utama klik Search Console. Selanjutnya klik Add a Property dan isi dengan URL blog anda.

Lihat Gambar
Lihat Gambar

2. Langkah selanjutnya silahkan verify blog anda menggunakan pilihan yang disediakan. kemudian klik Verify. Sampai tahap ini blog anda sudah terdaftar di Google webmaster tool dan blog anda akan segera terindex di mesin pencarian google.

Itulah cara mudah mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool. Semoga tutorial ini mampu membantu anda yang sedang membutuhkan informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here