Home Teknologi Gadget&Apps Cara Mudah Cek IMEI Handphone Anda

Cara Mudah Cek IMEI Handphone Anda

100
0

cek imei handphone

Cek imei pada sebuah produk handphone atau smartphone sangat bermanfaat untuk melihat keaslian dari produk tersebut. Hal itu dikarenakan saat ini banyak sekali beredar produk handphone atau smartphone asli tapi palsu ( ASPAL ).

Produk palsu tersebut jika dilihat dari tampilan luar memang terlihat sangat mirip dengan aslinya, sehingga hal tersebut mampu mengecoh pembeli.

Namun jangan khawatir, anda bisa mengecek keaslian produk handphone dengan cara mencocokkan nomor IMEI yang ada pada system handphone tersebut dengan yang tertera pada dus dan body handphone.

Baca Juga : 7 Kelebihan Google Assistant Dibandingkan Siri

Apa Itu IMEI?

Anda mungkin sering mendengar kata IMEI, namun tahukan anda apa itu IMEI?

IMEI ( International Mobile Station Equipment Identity ) adalah nomor yang digunakan sebagai identitas dari sebuah ponsel yang telah diproduksi.

Dengan adanya nomor IMEI, maka produk handphone tersebut dinyatakan produk asli dan legal yang memiliki ijin.

Dan apa yang terjadi jika terdapat handphone yang tidak memiliki nomor IMEI?

Handphone atau smartphone yang tidak memiliki nomor IMEI termasuk produk ilegal dan biasanya merupakan produk dari hasil selundupan atau blackmarket. Resikonya, handphone tersebut akan di blokir oleh pihak KOMINFO dan tidak bisa digunakan lagi.

Produk selundupan merupakan produk yang masuk tanpa melalui pihak bea cukai alias tanpa memiliki ijin pemasaran. Ini termasuk tindakan melanggar hukum dan sangat merugikan negara karena luput dari pajak.

Baca Juga : Teknologi Dual Kamera Pada Smartphone, Begini Cara Kerja dan Keunggulan Dual Kamera

Cara Cek IMEI

Begini cara mudah cek nomor IMEI pada handphone atau smartphone anda :

Ketik kode *#06# pada menu telephone handphone anda, maka secara cepat akan menampilkan data nomor imei pada layar handphone anda.

cara cek imei pada handphone atau smartphone

Catat nomor IMEI tersebut dan bandingkan dengan nomor IMEI yang tertera pada dus maupun pada body handphone anda. Jika nomor tersebut sama, maka sudah dipastikan bahwa produk handphone atau smartphone anda adalah asli atau legal.

Itulah cara mudah cek IMEI pada handphone atau smartphone anda tanpa bantuan aplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here