Home Bisnis Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Secara Umum

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Secara Umum

251
0

Harga bitcoin yang fluktuatif menjadi daya tarik tersendiri bagi para trader bitcoin. Keuntungan trader dihasilkan dari pergerakan naik turunnya harga yang bisa terjadi secara cepat dan dengan nilai yang fantastis.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Secara Umum

Jadi, tidak heran jika bitcoin menjadi salah satu mata uang digital yang menjadi rekomendasi untuk dijadikan bisnis trading. Jika anda jeli dalam membaca pergerakan harga bitcoin, maka bukan tidak mungkin keuntungan yang diperoleh dari trading bitcoin akan tinggi.



Namun sayangnya masih banyak trader bitcoin yang belum memahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pergerakan harga bitcoin secara global. Inilah hal yang sangat penting agar anda bisa memiliki waktu (timing) yang tepat ketika melakukan transaksi jual dan beli.

Baca Juga : Panduan Lengkap Bitcoin

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

Secara garis besar, ada beberapa faktor yang menjadi pemicu. Berikut ini penjelasannya:

1. Volume Bitcoin Masih Kecil

Faktor penentunya adalah adanya supply dan demand. Artinya, jika pengguna banyak yang melakukan pembelian bitcoin maka harganya akan terkerek naik. Begitu juga sebaliknya, jika banyak yang menjual bitcoin maka harganya akan merosot.

Berdasarkan data dari blockchain, bahwa volume peredaran bitcoin saat ini masih kecil. Hal ini yang menyebabkan harga bitcoin bisa naik maupun turun dengan drastis ketika terjadi transaksi jual beli bitcoin dengan volume yang besar.

2. Adanya Trading Bitcoin

Semakin fenomenalnya bitcoin, maka tak heran jika banyak yang menggeluti profesi sebagai seorang trader bitcoin. Hal inilah yang menjadi faktor naik turunnya harga bitcoin secara signifikan. Para trader akan membeli bitcoin dalam jumlah besar saat harga murah kemudian menyimpannya beberapa waktu, dan akan menjualnya ketika harga tinggi.

Hasilnya saat proses membeli, otomatis harga akan ikut naik dan harga akan kembali turun ketika terjadi proses jual bitcoin. Ditambah lagi, pengguna yang menggunakan bitcoin untuk keperluan lain masih sedikit jika dibandingkan dengan pengguna yang memanfaatkan bitcoin hanya sebagai trading.

Baca Juga : Trading Otomatis di Vip Bitcoin Menggunakan Robot Trading BITBOT
3. Berita Baik dan Buruk Tentang Bitcoin

Berita menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pergerakan harga secara signifikan. Pengguna bitcoin yang mendengar berita negatif tentang bitcoin, akan merasa panik dan akhirnya menjual bitcoin miliknya untuk mengamankan aset. Dampaknya, harga bitcoin akan anjlok karena terjadi penjualan bitcoin secara besar-besaran.

Begitu juga sebaliknya, jika ada berita positif mengenai bitcoin maka banyak pengguna yang melakukan transaksi beli. Tentu dengan adanya pembelian bitcoin secara besar-besaran berdampak pada kenaikan harga yang drastis.

4. Penipuan Investasi Bitcoin

Maraknya penipuan investasi menggunakan mata uang bitcoin menjadikan harga bitcoin anjlok secara signifikan. Hal ini dikarenakan pengguna akan menjual bitcoin sisa yang mereka miliki sesaat setelah terjadi penipuan investasi. Biasanya ini terjadi pada mereka yang masih belum begitu mengerti mengenai potensi bitcoin.

Harga bitcoin sempat naik ketika pengguna membeli bitcoin untuk mengalokasikan bitcoinnya melalui perusahaan investasi yang menerima pembayaran menggunakan bitcoin. Namun, ketika investasi tersebut scam maka secara otomatis harga bitcoin kembali anjlok.

Baca Juga : Investasi Bitcoin Di Indonesia, Mudah Dan Menguntungkan
5. Kejahatan Hacker

Isu mengenai hacker juga menjadi faktor penentu fluktuatifnya harga bitcoin. Investor, trader dan user bitcoin akan mengalami panik ketika ada pihak yang kehilangan banyak bitcoin karena di hack. Karena panik tersebut maka akan meningkatkan transaksi penjualan bitcoin secara massal.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi harga bitcoin secara umum. Dengan melihat faktor-faktor tersebut maka anda akan paham tentang bitcoin yang fluktuatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here