Home Teknologi Gadget&Apps Google Maps Share Location Bisa Melacak Keberadaan Seseorang Secara Langsung

Google Maps Share Location Bisa Melacak Keberadaan Seseorang Secara Langsung

87
0
Google maps share location

Google Maps adalah salah satu aplikasi pemetaan web milik google, apapun smartphone yang anda gunakan tentunya sudah terinstal aplikasi ini. Aplikasi Google Maps mempunyai segudang fitur yang bisa memudahkan perjalanan anda menjadi lebih mudah dan terarah. Salah satu fitur canggih yang dimiliki aplikasi ini adalah Google MapsĀ Share Location.


Fitur berbagi lokasi ( Share Location ) yang tertanam di aplikasi Google Maps memiliki kemampuan untuk melacak perjalanan seseorang, misalkan melacak perjalanan teman. Dengan Google Maps Share Location, memudahkan kita untuk mengetahui keberadaan seseorang secara real time.

Misalkan kita sedang merencanakan pertemuan dengan seorang teman disuatu lokasi, bagi yang sudah datang duluan ke lokasi pasti tidak sabar jika lama menunggu. Nah… dengan aplikasi ini kita bisa secara langsung mengetahui teman sudah sampai dimana dan kira-kira berapa jauh dari lokasi menunggu. Teman kita juga tidak akan bisa berbohong, karena aplikasi Google Maps terbilang akurat dalam pengambilan data lokasi.

Bagi yang baru mengenal fitur ini pasti masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Karena secara resmi, di Indonesia juga belum lama diluncurkan.

Cara Menggunakan Google Maps Share Location

Pertama download dulu aplikasi Google Maps di Playstore (Android) atau Apstrore (IOS) sesuai dengan tipe Operation System (OS) smartphone yang digunakan. Jika sudah terinstall sebelumnya, update aplikasi Google Maps ke versi terbaru.

Setelah aplikasi terinstall atau diperbarui, buka aplikasi Google Maps dan pilih menu burger (Tiga Garis) yang berada di pojok kiri atas atau bisa juga dengan ketuk lingkaran kecil berwarna biru untuk menunjukkan lokasi kita saat ini.

Langkah selanjutnya ketuk berbagi lokasi atau Share Location dan pilihlah orang atau teman yang akan kita bagikan lokasi. Sebagai catatan, ” pastikan terlebih dahulu orang atau teman ( yang akan dibagikan lokasinya ) sudah terhubung sebagai kontak pada akun Google kita.”

Jika sudah terhubung, kemudian atur durasi waktunya untuk berbagi lokasi. Kita bisa mengatur durasi dalam hitungan menit atau hitungan jam, terserah kita sendiri yang memilih. Artinya ketika durasi tersebut habis, otomatis pemantauan lokasi akan terputus. Tetapi kita juga bisa memutuskan disaat durasi masih berjalan atau belum habis waktu.

Kita sebagai pihak yang membagikan lokasi, bisa mengetahui secara langsung siapa saja yang sedang memantau lokasi. Di layar aplikasi juga akan menampilkan sebuah ikon yang mengingatkan bahwa kita sedang aktif dalam sesi berbagi lokasi atau Share Location.

Silahkan mencoba dengan teman atau kerabat anda fitur yang dimiliki oleh Google Maps ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here