Home Investasi Cara Mudah Investasi Emas di Pegadaian

Cara Mudah Investasi Emas di Pegadaian

580
0

Investasi emas di Pegadaian saat ini bukanlah sesuatu hal yang sulit dilakukan, siapapun bisa dengan mudah melakukannya.

Investasi emas menjadi salah satu solusi tepat dalam perencanaan keuangan jangka panjang. Emas bukan hal yang asing lagi dalam dunia investasi, karena sudah banyak masyarakat yang menggunakan emas sebagai media investasi yang menguntungkan.

Investasi Emas di Pegadaian

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi menggunakan emas. Namun kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai cara investasi emas di Pegadaian.

Pasti anda sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Pegadaian bukan? Ya, mungkin selama ini Pegadaian yang anda ketahui adalah tentang pinjaman dengan system Gadai.



Memang benar Pegadaian pada dasarnya adalah perusahaan yang bergerak dibidang pinjaman gadai. Namun, Pegadaian juga mempunyai produk layanan emas unggulan yang bisa kita manfaatkan sebagai sarana investasi.

Baca juga : Panduan Investasi Emas Antam Terbaik Untuk Pemula

SEKILAS MENGENAI PEGADAIAN

Inestasi Emas di Pegadaian

Disini saya tidak akan membahas langsung ke pokok pembahasan, melainkan akan saya jelaskan secara menyeluruh mulai dari perusahaannya hingga produk layanan yang ditawarkan khususnya investasi emas.

Ketika anda mengenal Pegadaian serta mengetahui lebih dalam tentang Pegadaian, yang pada akhirnya anda nantinya akan merasa nyaman ketika berinvestasi emas di Pegadaian.

Pegadaian adalah sebuah lembaga BUMN yang bergerak dibidang jasa perkreditan atas dasar hukum gadai. Intinya Pegadaian adalah Perusahaan umum yang fungsinya memberikan pinjaman kepada masyarakat menggunakan uang cash dan barang berharga menjadi jaminannnya.

Pegadaian bukanlah perusahaan kemarin sore, melainkan sudah berdiri sejak 1 April 1901, jadi perusahaan ini sudah berdiri sebelum anda lahir.

Unit usaha Pegadaian sebenarnya ada banyak yang mencakup pinjaman gadai, namun kali ini yang akan dibahas adalah mengenai produk layanan emas milik Pegadaian.

PRODUK INVESTASI EMAS di PEGADAIAN

Seperti yang sudah saya sampaiakan di atas, ada beberapa produk emas yang ditawarkan oleh Pegadaian yang bisa dijadikan sarana investasi emas di Pegadaian.

Berikut ini beberapa produk emas yang ditawarkan pegadaian :

1. MULIA ( Penjualan Fisik Emas )

Investasi Emas di Pegadaian

Mulia adalah sebuah layanan yang diberikan Pegadaian berupa penjualan emas batangan kepada nasabah dengan cara tunai dan kredit.

Nasabah nantinya akan diberikan kebebasan untuk memilih emas batangan cap Antam atau cap Pegadaian. Keduanya sama-sama emas batangan asli 24 karat, hanya saja yang satu menggunakan sertifikat PT Antam dan yang satu lagi PT Pegadaian.

Layanan ini merupakan bentuk investasi yang bisa ditujukan untuk keperluan masa mendatang seperti naik haji, untuk biaya pendidikan anak, membeli rumah atau membeli kendaraan.

Cara kerja layanan emas MULIA

Sebelum membeli emas batangan di Pegadaian tentunya anda harus paham bagaimana cara kerja dari layanan ini, sehingga anda tidak sampai salah memilih mana yang sesuai dengan keinginan anda.

Untuk pembelian fisik emas batangan di Pegadaian melalui layanan Mulia ini, anda akan diberikan dua pilihan alternatif yaitu secara tunai atau cash dan secara kredit atau angsuran.

Berikut ini penjelasannya :

Pembelian Emas Batangan Secara Tunai

Untuk cara pembelian emas batangan secara tunai, cukup datang ke outlet Pegadaian yang terdekat dengan membawa uang tunai sejumlah harga emas batangan yang akan dibeli.

Emas batangan yang disediakan oleh Pegadaian mulai dari berat 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram dan 250 gram, 500 gram dan 1 kilogram.

Pembelian Emas Batangan Secara Kredit atau Angsuran

Untuk cara pembelian dengan angsuran jelas berbeda prosesnya jika dibandingkan dengan cara tunai. Disini anda akan diberikan pilihan untuk menentukan pola angsuran yang sesuai dengan yang anda butuhkan.

Pegadaian membagi pola angsuran menjadi tiga pilihan, Umum ( perorangan ), Kolektif ( kelompok ) dan Arisan. Tentunya setiap cara tersebut memiliki persyaratan yang berbeda.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi membeli emas dengan cara angsuran :

Untuk Umum ( Perorangan )
  • Uang muka minimal 15% dihitung dari harga emas yang akan diangsur
  • Biaya administrasi Rp 50 ribu
  • Jangka waktu angsuran mulai dari 3 bulan hingga 3 tahun
  • Emas bisa diambil ketika angsuran sudah lunas
Untuk Kolektif ( Kelompok )
  • Jumlah kelompok minimal 6 orang dan membayar uang muka minimal 10% per orang
  • Biaya administrasi Rp 50 ribu per orang
  • Jangka waktu angsuran mulai dari 3 bulan sampai 3 tahun
  • Emas bisa diambil ketika angsuran sudah lunas
Untuk Arisan
  • Uang muka minimal 10% dan 15%
  • Biaya administrasi Rp 50 ribu
  • Jangka waktu angsuran sesuai dengan jumlah anggota, minimal 6 orang dan maksimal 36 orang
  • Emas diambil satu keping per bulan dengan ketentuan, untuk uang muka 10% emas diambil setelah angsuran ke dua dan untuk uang muka 15% setelah angsuran ke satu
Investasi Emas di Pegadaian
Simulasi Pinjaman Emas 25 gram dengan uang muka 10%

Dengan melihat simulasi di atas anda akan dikenakan biaya awal ( biaya uang muka ditambah biaya administrasi ) sebesar Rp 1.373.000 dan angsuran per bulannya sebesar Rp 1.170.201 selama 12 bulan.

Keuntungan Layanan Mulia Pegadaian

Berikut ini beberapa keuntungan yang anda dapatkan investasi emas di Pegadaian menggunakan layanan Mulia :

  1. Proses mudah, tidak ribet dan outlet Pegadaian mudah ditemui
  2. Selain pembelian dengan tunai, Pegadaian juga menawarkan secara angsuran. Ini menguntungkan bagi yang ingin memiliki emas dengan biaya yang tipis
  3. Emas batangan yang tersedia mempunyai pilihan yang lengkap, mulai dari 5 gram hingga 1 kilogram
  4. Emas anda aman, karena disimpan oleh Pegadaian

2. TABUNGAN EMAS PEGADAIAN

Investasi Emas di Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan tabungan yang ditawarkan oleh Pegadaian dalam bentuk emas. Jadi secara detailnya, menabung emas di Pegadaian pada dasarnya sama dengan menabung pada umumnya. Hanya saja uang yang anda setorkan akan otomatis di konversi ke dalam emas.

Pembelian minimal untuk tabungan emas ini adalah 0.01 gram emas atau setara dengan Rp 5 ribu. Jadi misal anda mempunyai dana Rp 5 juta dan ditabungkan di Pegadaian, maka saldo yang akan tertera pada rekening anda adalah dalam bentuk emas sebesar 10 gram.

Tabungan emas bisa dijadikan sebagai investasi emas di Pegadaian yang sangat direkomendasikan, karena memiliki cara yang unik dan dengan cara yang mudah.

Cara Kerja Layanan Tabungan Emas Pegadaian

Sebelum mengetahui lebih lanjut, pertama pahami dulu bagaimana cara kerja tabungan emas pegadaian secara detail.

Berikut ini cara kerjanya :

Pembukaan Rekening Tabungan Emas

Cara ini sama dengan proses menabung pada umumnya tentu harus memiliki rekening tabungan sebagai data kepemilikan tabungan emas secara resmi.

Langkah yang dilakukan dalam pembuatan rekening tentunya harus sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Berikut ini prosedur yang harus dipenuhi :

  1. Datang ke outlet Pegadaian dengan membawa fotocopy KTP/SIM/PASPOR
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan
  3. Membayar biaya administrasi sebesar Rp 10 ribu dan biaya titipan selama 12 bulan sebesar Rp 30 ribu
  4. Melakukan pengisian saldo dengan kelipatan 0.01 gram sesuai dengan harga emas update
  5. Saldo minimal yang ada di rekening adalah 0.1 gram

Fasilitas yang Diperoleh Dari Tabungan Emas Pegadaian

Tentunya tabungan emas ini menawarkan fasilitas yang mempermudah anda dalam bertransaksi seperti transfer emas, cetak emas dari tabungan menjadi emas fisik dan mencairkan tabungan kedalam bentuk uang tunai atau buyback.

Transfer emas bisa anda gunakan layaknya tabungan uang pada umumnya, dengan menstransfer emas ke sesama pemegang tabungan emas. Anda bisa menstransfer emas ke teman, saudara atau orang tua yang sama-sama menggunakan layanan ini secara leluasa.

Minimal transaksi transfer adalah 1 gram dan maksimal 100 gram dengan biaya transaksi sebesar Rp 2 ribu per transaksi.

Cetak emas menjadi bentuk fisik juga bisa anda manfaatkan jika menginginkan mengubah saldo tabungan anda menjadi bentuk fisik emas batangan.

Hal ini tentunya ada prosedurnya seperti biaya pencetakan yang berbeda-beda tergantung berat emas batangan yang akan dicetak, serta biaya keterlambatan pengambilan emas batangan hasil cetak.

Kemudian jika menginginkan tabungan anda dicairkan atau dijual kembali, maka bisa dilakukan dengan syarat minimal penjualan atau pencairan emas seberat 1 gram.

Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian



Berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh bagi nasabah yang menggunakan layanan tabungan emas pegadaian:

1. Proses pembuatan rekening yang mudah dan cepat
2. Menabung emas mulai dari Rp 5 ribu, sangat terjangkau
3. Mudah dan cepat dicairkan ketika membutuhkan dana tunai
4. Tabungan bisa dicetak menjadi bentuk fisik emas batangan
5. Tentunya sebagai bentuk investasi emas di Pegadaian yang aman

Baca juga : Menabung Emas di Pegadaian Mulai 5000an

3. KONSINYASI EMAS

Investasi emas di pegadaian

Konsinyasi emas adalah layanan berupa titip jual emas batangan dengan system bagi hasil antara pihak Pegadaian dan nasabah yang menitipkan emas tersebut.

Jadi misalkan anda mempunyai emas batangan, kemudian emas batangan tersebut anda daftarkan pada layanan konsinyasi atau titip jual tersebut. Kemudian emas batangan yang anda titipkan laku terjual, maka hasil dari penjualan tersebut nanti akan dibagi keuntungannya antara Pegadaian dengan anda.

Untuk akad/kontrak konsinyasi diberikan jangka waktu selama 3 bulan, artinya ketika dalam jangka waktu tersebut emas batangan anda belum laku maka anda harus bikin akad/kontrak baru lagi. Nah, walaupun emas batangan tersebut belum laku anda tidak akan dikenakan biaya apapun dan nilai emas batangan anda utuh.

Investasi emas di pegadaian

Prosedur Layanan Konsinyasi Emas Pegadaian

Prosedur yang harus dijalani untuk pengajuan layanan konsinyasi meliputi :

1. Datang ke outlate Pegadaian terdekat dengan membawa fotocopy KTP/SIM/PASPORT
2. Membawa kuitansi pembelian emas
3. Mengisi dokumen pengajuan konsinyasi dan materai 6000 sebanyak dua lembar

Keuntungan Layanan Konsinyasi Emas Pegadaian

1. Dikelola oleh PT Pegadaian yang merupakan BUMN terpercaya
2. Emas anda diasuransikan dan terjaga dengan baik
3. Bagi hasil yang menguntungkan
4. Pengelolaan transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi
5. Status konsinyasi bisa di cek secara online ( sudah laku atau belum laku )

Itulah uraian cara mudah investasi emas di Pegadaian yang saya jelaskan secara detail supaya anda lebih memahami dari setiap layanan yang diberikan Pegadaian. Pilihlah cara yang menurut anda paling sesuai dengan keinginan anda. Secara singkatnya dari uraian di atas adalah.

KESIMPULAN :

Pilih cara investasi emas di pegadaian sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda.

Layanan Mulia cocok bagi anda yang sedang mencari emas batangan antam, cara pembeliannya bisa secara tunai dan kredit atau angsuran.

Tabungan emas cocok bagi anda yang berinvestasi emas dengan cara sedikit demi sedikit, karena mulai dengan Rp 5 ribu anda bisa mendapatkan emas 0.01 gram.

Konsinyasi emas cocok bagi anda yang merasa was-was menyimpan emas batangan di rumah karena takut hilang atau dicuri, bisa mendaftarkan emas batangan anda pada program konsinyasi emas tersebut. Anda akan menerima bagi hasil dari transaksi jual emas batangan yang anda titipkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here