Home Investasi Inilah Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang Sebagai Pilihan

Inilah Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang Sebagai Pilihan

358
0

Inilah Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang – Investasi semakin banyak diminati oleh masyarakat untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Hal ini sebagai wujud dari pengelolaan yang baik yang berhubungan dengan financial dan ekonomi.

investasi jangka pendek dan jangka panjang

Baca Juga : Cara Mudah Investasi Emas di Pegadaian

Bagi anda yang memiliki rencana keuangan untuk hal-hal tertentu di kemudian hari, maka harus memilih jenis investasi yang sesuai dengan rencana keuangan anda tersebut. Apakah investasi anda untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Oleh karena itu, anda harus benar-benar jeli dan teliti dalam memilih investasi yang tepat. Dengan begitu rencana keuangan anda akan sukses di masa yang akan datang. Berikut ini penjelasan mengenai jenis investasi jangka pendek dan jangka panjang yang dapat anda jalankan.

Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Investasi jika dilihat dari sisi waktu, memiliki dua jenis yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Simak penjelasannya.



Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek tidak memerlukan waktu yang lama untuk menghasilkan keuntungan, biasanya berkisar antara 1 – 3 tahun.

1. Menabung di Bank

investasi jangka pendek dan jangka panjang

Investasi yang mudah untuk jangka pendek bisa dilakukan dengan cara menabung di bank. Cara ini terbilang sangat mudah dijalankan dan termasuk cepat dalam menghasilkan keuntungan. Namun, keuntungan yang anda dapatkan dari investasi ini sangatlah kecil.

Tapi di luar dari itu, menabung di bank bisa dibilang hal yang simple. Dana bisa diambil kapan saja sesuai dengan keinginan anda. Ini yang menjadi kemudahan dari menabung di bank.

2. Produk Deposito

investasi jangka pendek dan jangka panjang

Deposito termasuk jenis investasi yang memiliki keuntungan lebih tinggi dari menabung di bank. Namun berbeda dengan menabung di bank, dengan mendepositokan uang yang anda miliki berarti anda tidak dapat mengambil uang sampai dengan jangka waktu jatuh tempo.

3. Saham

investasi jangka pendek dan jangka panjang

Saham juga termasuk jenis investasi jangka pendek yang menguntungkan. Dengan membeli saham dari suatu perusahaan atau perseroan terbatas, maka anda termasuk pemilik dari perusahaan tersebut sesuai dengan porsi kepemilikan yang anda miliki.

Saham sendiri berupa selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki harga tertentu dan nama yang tercantum dalam kertas tersebut merupakan pemilik perusahaan. Harga dari saham akan naik jika perusahaan tersebut sehat secara financial dan memiliki rekam jejak perusahaan yang baik.

Baca Juga : Pengertian Investasi Reksadana Saham dan Resikonya

Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh keuntungan, namun biasanya keuntungan yang diperoleh terbilang tinggi.

1. Investasi Emas

investasi jangka pendek dan jangka panjang

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak diminati hingga saat ini. Hal ini dikarenakan harga emas yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Emas juga termasuk produk investasi yang kebal terhadap inflasi dan aman.

Anda dapat menginvestasikan emas minimal 5 tahun kedepan untuk memperoleh keuntungan yang tinggi dari kenaikan harga emas tersebut.

Baca Juga : 6 Cara Investasi Emas Batangan Yang Menguntungkan
2. Properti ( Tanah dan Bangunan )

investasi jangka pendek dan jangka panjang

Jenis investasi jangka panjang yang lainnya adalah dengan berinvestasi pada produk properti seperti tanah dan bangunan. Investasi jenis ini memang memerlukan dana yang besar, namun juga memiliki keuntungan yang tinggi.

Tanah dan bangunan juga memiliki keuntungan yang sama seperti emas, harga akan naik setiap tahunnya. Ini yang menjadi daya tarik dari investasi ini. Selain itu juga permintaan akan tanah dan bangunan akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat.

3. Produk Asuransi

investasi jangka pendek dan jangka panjang

Asuransi juga termasuk dalam jenis investasi jangka panjang yang memiliki resiko lebih kecil. Dengan asuransi, anda akan mendapatkan proteksi serta keuntungan berinvestasi.

Jenis asuransi yang memberikan investasi yang menguntungkan adalah asuransi unit link.

Baca Juga : Asuransi Unit Link Menggiurkan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membelinya
4. Investasi Reksadana

investasi jangka pendek dan jangka panjang

 Investasi reksadana bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang yang utama bagi anda. Reksadana memiliki beberapa pilihan investasi yang digunakan untuk menanam uang anda, seperti saham, obligasi dan pasar uang.
Baca Juga : Apa Itu Reksadana?
Anda juga dapat memilih jenis reksadana yang memiliki resiko yang menurut anda sesuai. Reksadana juga terdaftar dan diawasi oleh OJK.
Baca Juga : Disini tempat investasi reksadana yang cocok bagi semua kalangan, mulai dari Rp 100.000

Itulah jenis investasi jangka pendek dan jangka panjang yang bisa anda pilih sesuai dengan rencana keuangan anda untuk masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here