Home Investasi Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan Daripada Emas? Benarkah Demikian?

Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan Daripada Emas? Benarkah Demikian?

58
0

Sudah sejak lama kepopuleran emas dijadikan sebagai sarana investasi oleh masyarakat guna untuk mengeruk keuntungan. Namun ada yang beranggapan bahwa  investasi Reksadana lebih menguntungkan daripada investasi emas. Benarkah demikian?

investasi reksadana lebih menguntungkan daripada emas



Kali ini akan saya bedah lebih dalam mengenai perbedaan kedua investasi tersebut agar lebih jelas. Keduanya memang investasi yang baik untuk jangka panjang, namun lebih baik lagi jika digunakan sebagai rencana keuangan ketika memasuki masa pensiun.

Pahami Lebih Dalam Mengenai Investasi Emas

Investasi emas biasa dilakukan oleh masyarakat dengan cara membeli emas dan menyimpannya dalam jangka waktu lama untuk memperoleh keuntungan dari kenaikan harga jual. Lamanya waktu penyimpanan yang baik adalah di atas 5 tahun.

Bentuk emas yang baik digunakan sebagai investasi adalah dalam bentuk batangan. Karena emas batangan tidak memiliki biaya tambahan ketika dijual ataupun dibeli. Berbeda dengan emas perhiasan yang memiliki biaya tambahan ketika dijual maupun dibeli sebagai biaya proses pembuatannya.

Emas yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia adalah emas batangan keluaran PT Aneka Tambang ( Antam ).

Baca Juga :

Pahami Lebih Dalam Mengenai Investasi Reksadana

Reksadana adalah sebuah bentuk investasi dimana dananya diperoleh dari investor-investor, kemudian dikelola oleh perusahaan pengelola dana investasi dibawah tanggung jawab Manajer Investasi ( IM ).

Oleh perusahaan pengelola, dana dimasukkan ke berbagai instrumen investasi yang tersedia di pasar modal. Investasi reksadana saat ini banyak diminati masyarakat karena mudah dan murah.

Baca Juga :

Kenapa Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan Dari Emas?

Jika dibandingkan dengan emas, investasi reksadana lebih menguntungkan karena memiliki beberapa keunggulan berikut ini :

1. Reksadana Memberikan Keuntungan Yang Lebih Tinggi

Siapa yang tidak menginginkan memperoleh keuntungan yang tinggi? tentu semua orang menginginkannya bukan?

Investasi reksadana termasuk salah satu instrumen investasi yang memberikan keuntungan yang tinggi jika dibandingkan dengan emas batangan. Hal ini karena dana investor dikelola oleh Manager Investasi pada pasar modal seperti obligasi, saham dan lainnya.

Sedangkan emas hanya mengandalkan keuntungan dari naiknya harga emas batangan setiap tahunnya.

2. Investasi Reksadana Mulai Dari Rp 100.000

Reksadana dikenal sebagai investasi yang mudah dan murah, karena hanya dengan minimal Rp 100.000 anda sudah bisa berinvestasi di reksadana. Investasi juga bisa dilakukan secara online.

Sedangkan untuk berinvestasi emas batangan, anda memerlukan sedikitnya Rp 500.000 untuk membeli emas batangan setiap gramnya. Dengan demikian, modal yang dikeluarkan untuk investasi emas lebih besar dari reksadana.

3. Investasi Reksadana Tidak Beresiko Hilang

Investasi reksadana tidak memiliki bentuk fisik, sehingga tidak memiliki resiko kehilangan. Semua urusan mengenai reksadana dikelola oleh perusahaan pengelola, sehingga sebagai investor hanya terima beres.

Sedangkan emas memiliki bentuk fisik, sehingga memiliki resiko barang hilang. Jadi harus lebih waspada jika berinvestasi emas.

4. Investasi Reksadana Tidak Membutuhkan Biaya Penyimpanan

Investasi reksadana tidak membutuhkan biaya penyimpanan, karena seluruh dana investor dikelola dan disimpan oleh perusahaan pada sebuah bank kustodian yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

Berbeda dengan emas, jika ingin merasa aman maka perlu menyimpannya pada sebuah bank atau Pegadaian. Cara ini jelas akan memerlukan biaya penyimpanan yang dibayar setiap tahunnya.

5. Investasi Reksadana Mudah Dalam Hal Transaksi

Transaksi investasi reksadana bisa dilakukan dimana saja secara online, asalkan daerah anda memiliki cakupan jaringan internet.

Sedangkan untuk membeli emas, anda harus mendatangi toko emas untuk memperoleh emas batangan asli.

Investasi Reksadana Mudah, Aman dan Menguntungkan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa investasi reksadana lebih unggul dari investasi emas. Terlebih lagi jika anda berinvestasi untuk memperoleh keuntungan yang tinggi, maka investasi reksadana adalah yang cocok bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here