Home Asuransi Iuran BPJS Kesehatan Dan Sistem Pembayarannya

Iuran BPJS Kesehatan Dan Sistem Pembayarannya

93
0

Iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan oleh peserta setiap bulannya adalah tergantung dari kelas yang diambil oleh peserta BPJS Kesehatan. Banyak dari masyarakat yang masih awam mengenai BPJS Kesehatan dan tidak paham berapa iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

iuran bpjs kesehatan

Padahal banyak yang tertarik dengan program dari BPJS Kesehatan, namun mereka takut jika iuran yang dibayarkan nantinya terlalu mahal. Hal ini yang perlu sosialisasi lebih kepada masyarakat yang belum begitu paham mengenai BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online



Pembagian Kelas BPJS Kesehatan

iuran bpjs kesehatan

Bagi calon peserta BPJS Kesehatan yang akan melakukan pendaftaran, sebelumnya akan diberikan pilihan untuk memilih kelas yang perlu diambil. Apa saja kelas tersebut dan apa yang diperoleh peserta?

1. BPJS Kesehatan Kelas 1

Peserta BPJS Kesehatan kelas 1 mendapatkan kamar rawat inap kelas 1 dengan ruangan kamar rawat inap yang terdiri dari 2 – 4 pasien.

2. BPJS Kesehatan Kelas 2

Peserta BPJS Kesehatan kelas 2 mendapatkan kamar rawat inap kelas 2 dengan ruangan kamar rawat inap yang terdiri dari 3 – 5 pasien.

3 BPJS Kesehatan Kelas 3

Peserta BPJS Kesehatan kelas 3 mendapatkan kamar rawat inap kelas 3 dengan ruangan kamar rawat inap yang terdiri dari 4 – 6 pasien.

Memang jika dilihat dari jenis kelas BPJS Kesehatan, maka yang memiliki ruangan rawat inap terbaik adalah kelas 1, karena satu kamar hanya untuk 2 sampai dengan 4 pasien ( tergantung fasilitas rumah sakit ).

Baca Juga : Pengertian BPJS Ketenagakerjaan : Program dan Manfaatnya

Iuran BPJS Kesehatan Berdasarkan Kelas

iuran bpjs kesehatan

Besaran iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulannya tergantung dari kelas yang diambil.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, iuran BPJS Kesehatan mengalami kenaikan sebagai berikut :

1. Iuran BPJS Kesehatan kelas 1 sebesar Rp 80.000

2. Iuran BPJS Kesehatan kelas 2 sebesar Rp 51.000

3. Iuran BPJS Kesehatan kelas 3 sebesar Rp 25.500

Iuran tersebut dibayarkan setiap bulannya sebelum tanggal 10. Untuk tetap menerima manfaat dari BPJS Kesehatan, maka bayarlah iuran tersebut secara teratur tanpa menunggak setiap bulannya.

Baca Juga : Pilih BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta

Sistem Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

iuran bpjs kesehatan

Dalam pembayarannya, iuran BPJS Kesehatan memiliki dua metode yaitu :

1. Iuran BPJS Kesehatan PPU ( Pekerja Penerima Upah )

Iuran peserta PPU atau badan usaha sebesar 5% x (Gaji pokok + Tunjangan tetap). Dibayarkan oleh perusahaan sebesar 4% dan 1% ditanggung oleh peserta yang dipotong langsung dari gaji.

Peserta PPU ( Pekerja Penerima Upah ) adalah peserta BPJS Kesehatan yang didaftarkan langsung oleh perusahaan dimana mereka bekerja.

2. Iuran BPJS Kesehatan Perorangan atau Mandiri

Iuran dibayarkan langsung oleh peserta sesuai dengan kelas yang diambil untuk semua anggota keluarga yang tercantum di Kartu Keluarga (KK).

Peserta Mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah adalah peserta BPJS Kesehatan yang mendaftarkan sendiri baik secara online maupun offline termasuk anggota keluarganya yang tercantum di dalam Kartu Keluarga (KK).

Itulah penjelasan mengenai besaran iuran yang perlu dibayarkan oleh peserta BPJS Kesehatan setiap bulannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here