Home Investasi Jenis Dan Risiko Asuransi Unit Link : Pahami Agar Tidak Terjebak

Jenis Dan Risiko Asuransi Unit Link : Pahami Agar Tidak Terjebak

42
0

Banyak masyarakat yang saat ini mulai mengenal tentang asuransi unit link. Ya, asuransi unit link mulai disukai masyarakat karena memberikan keuntungan berupa proteksi dan investasi. Namun tahukah anda, apa saja jenis dan risiko asuransi unit link?

jenis dan risiko asuransi unit link

Jika anda merupakan salah satu orang yang saat ini berniat membeli unit link, sebelumnya tentu harus memahami seluk beluk unit link agar tidak terjebak di kemudian hari. Yang perlu anda ketahui adalah mengenai pengertian unit link, kelebihan, kekurangan, jenis dan risiko asuransi unit link.



Di dalam artikel ini akan saya gali mengenai risiko asuransi unit link sebagai pemahaman anda sebelum terjun ke unit link.

Pengertian Asuransi Unit Link

Secara sederhananya asuransi unit link adalah perpaduan antara asuransi jiwa dengan produk investasi. Artinya, anda membeli asuransi plus mendapatkan produk investasi sekaligus.

Unit link akan memberikan anda keuntungan dari perkembangan dana yang anda setorkan melalui premi bulanan. Dana yang anda setorkan kemudian dikembangkan ke pasar modal untuk memperoleh keuntungan.

Baca Juga : Ketahui Apa Itu Investasi Asuransi Unit Link

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Unit Link

Sebagai sebuah produk asuransi yang sekaligus memberikan manfaat investasi sebagai keuntungannya, asuransi unit link jelas memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus anda ketahui.

Agar lebih jelasnya, silahkan baca artikel tentang kelebihan dan kekurangan asuransi unit link berikut Pahami Kelebihan dan Kekurangan Unit Link Sebelum Membeli

Jenis Dan Risiko Asuransi Unit Link

Asuransi unit link memiliki beberapa jenis sebagai pilihan anda sebelum memutuskan membelinya. Selain itu asuransi unit link juga memiliki beberapa risiko yang perlu anda pahami. Simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga : Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan Daripada Emas? Benarkah Demikian?

Jenis Asuransi Unit Link

Sebelum membeli produk unit link, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis unit link agar tepat dalam memilih unit link yang cocok dengan karakteristik anda. Berikut ini beberapa jenis asuransi unit link :

1. Unit Link Pasar Uang ( Cash Fund Unit Link )

Perusahaan penerbit unit link sebagai pengelola dana nasabah akan menempatkan 100% investasinya pada instrumen pasar uang. Misalnya, deposito berjangka dan surat utang jangka pendek.

Jenis unit link ini sangat cocok bagi anda yang memiliki karakter konservatif dan tidak berani mengambil risiko yang terlalu besar. Unit link pasar uang selain memiliki jangka waktu yang pendek, risiko yang ditanggung investor juga paling rendah.

2. Unit Link Pendapatan Tetap ( Fixed Income Unit Link )

Investasi dana nasabah akan ditempatkan pada instrumen obligasi minimal sebesar 80%.

Jenis unit link ini cocok bagi anda yang menginginkan keuntungan yang optimal namun tetap mengutamakan pendapatan yang stabil dan konsisten.

3. Unit Link Pendapatan Campuran ( Managed Unit Link )

Jenis unit link pendapatan campuran biasanya menempatkan portfolio pada saham dan obligasi dengan komposisi tertentu tergantung perusahaan penerbit.

Bagi anda yang ingin memperoleh pendapatan yang tinggi serta untuk investasi jangka panjang, maka jenis unit link ini sebagai pilihan yang tepat.

4. Unit Link Dana Saham ( Equity Unit Link )

Jenis unit link dana saham akan menempatkan dana nasabah pada pasar saham minimal 80%. Jenis ini sebagai unit link yang memiliki keuntungan yang tinggi sekaligus memiliki risiko yang paling tinggi.

Pasalnya, jenis unit link tergantung dari pergerakan index saham. Jadi anda bisa saja memperoleh keuntungan yang tinggi atau malah sebaliknya.

Baca Juga : Memilih Investasi Reksadana atau Unit Link : Mana Yang Terbaik

Risiko Asuransi Unit Link

Asuransi unit link memang dikenal memiliki manfaat ganda yang akan diperoleh nasabahnya. Namun, disamping itu asuransi unit link juga memiliki risiko yang harus anda pahami.

1. Proteksi Maupun Investasinya Tidak Optimal

Jika dilihat dari hasil yang diperoleh nasabah memang tidak optimal. Hal ini dikarenakan dana premi yang disetorkan nasabah akan dibagi dalam dua keranjang. Yaitu antara asuransi jiwa sebagai proteksi dan sebagian lagi dimasukkan ke produk investasi.

Maka hasilnya tidak sebanding jika anda memiliki dua produk secara terpisah, proteksi dan investasi.

2. Beban Biaya Yang Tinggi

Memang anda sebagai nasabah tidak perlu lagi direpotkan untuk mengolah, mencari dan mengelola investasi. Namun dari kemudahan itulah maka akan berdampak pada biaya yang lebih tinggi seperti biaya pengelolaan atau biaya akuisisi di 5 tahun pertama yang besarnya antara 70% – 300%, biaya pengalihan, biaya manajemen, biaya penarikan, biaya administrasi, biaya top up, biaya custody dan lainnya.

Di tahun pertama biasanya anda belum memperoleh perkembangan investasi.

Dengan memahami tentang seluk beluk mengenai asuransi unit link, maka anda akan lebih leluasa dalam memilih asuransi unit link yang tepat. Yang perlu anda ketahui bahwa asuransi unit link jelas berbeda dengan asuransi jiwa murni dan investasi murni.

Itulah yang bisa saya uraikan mengenai jenis dan risiko asuransi unit link.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here