Home Asuransi Bagaimana Prosedur dan Jenis Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Bagaimana Prosedur dan Jenis Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

106
0
SHARE

Bpjs kesehatan merupakan layanan kesehatan yang banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Semakin banyak pasien yang merasa terbantu secara financial dengan adanya Bpjs kesehatan.

Operasi yang ditanggung Bpjs Kesehatan

Namun yang disayangkan, masih banyak juga masyarakat yang belum paham dengan berbagai prosedur layanan kesehatan ini. Padahal jika semua lapisan masyarakat, khususnya peserta Bpjs kesehatan paham dengan prosedur maka tidak akan terjadi kendala secara administrasi.

Baca juga : Pilih BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta

Salah satu kendala yang sering terjadi adalah kurang pahamnya masyarakat terhadap prosedur tentang aturan biaya dan berbagai jenis operasi yang ditanggung oleh Bpjs kesehatan. Hal ini yang akhirnya terjadi konflik antara pihak Bpjs kesehatan dengan peserta.

Tentu saja berbagai aturan yang telah diterapkan oleh pihak Bpjs kesehatan bukan semata-mata untuk kepentingan sepihak, melainkan untuk banyak pihak. Maka penting sekali adanya pemahaman mengenai prosedur yang berlaku di Bpjs kesehatan agar kedepannya semua pihak merasa nyaman.

Oleh karena itu kali ini saya akan mengangkat pembahasan tentang prosedur penanganan operasi menggunakan Bpjs kesehatan. Termasuk didalamnya mengenai jenis operasi yang ditanggung Bpjs kesehatan serta yang tidak ditanggung oleh Bpjs kesehatan.

Prosedur Layanan Operasi Bpjs Kesehatan

Jika berbicara tentang prosedur, maka yang perlu diperhatikan adalah kedisiplinan. Prosedur dibuat adalah untuk mengatur berbagai kebijakan-kebijakan agar terarah dan sesuai dengan urutan yang benar.

Sama halnya dengan prosedur ketika melakukan operasi menggunakan layanan bpjs kesehatan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar peserta benar-benar dibebaskan dari biaya.

1. Untuk Pasien Non Gawat Darurat

Bagi pasien non gawat darurat prosedur yang harus dilakukan adalah berobatlah menggunakan kartu bpjs kesehatan melalui layanan Faskes 1 ( puskesmas, klinik dan lainnya ). Dokter pada Faskes 1 akan mengamati dan memeriksa penyakit anda.

Ketika dokter pada Faskes 1 menyatakan bahwa anda memerlukan tindakan kesehatan lebih lanjut, maka dokter akan memberikan surat rujukan yang ditujukan kepada layanan kesehatan Faskes 2 ( rumah sakit ).

Nanti pada Faskes 2, Dokter akan memeriksa riwayat kesehatan anda serta memeriksa kondisi kesehatan anda untuk memastikan tindakan kesehatan apa yang akan dilakukan. Dokter yang akan memberikan kepastian apakah harus dilakukan tindakan operasi atau hanya rawat inap saja, tergantung dari hasil pemeriksaan.

2. Untuk Pasien Gawat Darurat

Berbeda dengan pasien gawat darurat yang bisa langsung dibawa ke unit IGD. Dan dokter akan melakukan operasi apabila kondisinya memang harus segera di operasi.

Penanganan pasien gawat darurat lebih diprioritaskan karena menyangkut kondisi kesehatannya yang memerlukan tindakan cepat.

Jika anda mengikuti prosedur tersebut, maka seluruh biaya kesehatan akan dibiayai pihak Bpjs kesehatan.

Sebaliknya, jika anda keluar dari prosedur maka untuk biaya kesehatan akan ditanggung sendiri. Termasuk jika anda melakukan operasi atas keinginan sendiri bukan atas rujukan dari dokter pada Faskes 1.

Syarat-syarat yang diperlukan untuk operasi :

  • Kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS)
  • Surat rujukan dari Puskesmas
  • Kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit setelah pasien melakukan pendaftaran
Baca juga : Lakukan Hal Ini Jika Peserta BPJS Kesehatan Meninggal Dunia

Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau Bpjs kesehatan memberikan jaminan kesehatan kepada para peserta layanan kesehatan ini. Termasuk untuk layanan operasi bagi peserta Bpjs kesehatan yang mengikuti prosedur.

Memang Bpjs mampu membiayai segala jenis operasi yang sifatnya sebagai tindakan pengobatan. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini ada beberapa jenis operasi yang ditanggung Bpjs kesehatan.

  1. Operasi Penyakit Jantung
  2. Operasi Caesar
  3. Operasi Penyakit Kista
  4. Operasi Penyakit Miom
  5. Operasi Penyakit Tumor
  6. Operasi Penyakit Odontektomi
  7. Operasi Penyakit Bedah Mulut
  8. Operasi Penyakit Usus Buntu
  9. Operasi Penyakit Batu Empedu
  10. Operasi Penyakit Mata
  11. Operasi Bedah Vaskuler
  12. Operasi Penyakit Amandel
  13. Operasi Penyakit Katarak
  14. Operasi Penyakit Hernia
  15. Operasi Penyakit Kanker
  16. Operasi Penyakit Kelenjar Getah Bening
  17. Operasi Penyakit Pencabutan Pen
  18. Operasi Penyakit Penggantian Sendi Lutut
  19. Operasi Penyakit Timektomi

Itulah jenis operasi yang ditanggung bpjs kesehatan, tentunya harus melalui prosedur yang sudah ditentukan. Salah satunya kartu bpjs masih dalam keadaan aktif.

Operasi yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Selain beberapa jenis operasi yang ditanggung bpjs kesehatan, ada beberapa juga jenis operasi yang tidak ditanggung bpjs kesehatan.

Tentunya anda harus paham tentang hal ini, jadi kedepannya tidak ada kesalahpahaman hanya karena ketidaktahuan anda terhadap prosedur yang ada.

Berikut ini jenis operasi yang tidak ditanngung bpjs kesehatan antara lain :

  • Operasi Akibat Kecelakaan

Untuk jenis operasi ini pihak bpjs tidak menerima klaim apapun, karena operasi ini ditanggung oleh pihak jasa raharja.

  • Operasi Karena Efek Samping Kosmetik

Operasi yang diakibatkan karena efek samping kosmetik, tidak dibiayai oleh pihak bpjs selama itu tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Namun, jika sampai menimbulkan gangguan kesehatan maka biaya operasi akan dibiayai oleh bpjs kesehatan.

  • Operasi Karena Percobaan Bunuh Diri

Jenis operasi ini diluar tanggungan pihak bpjs.

  • Operasi yang dilakukan di luar negeri

Ini bukan wilayah jangkauan bpjs kesehatan, karena bpjs kesehatan adalah program nasional yang melayani masyarakat dalam negeri.

Pelayanan Pasca Operasi

Ketika pasien pasca operasi pasti akan melakukan serangkaian proses pengobatan yang membutuhkan biaya besar. Antara lain kontrol rutin untuk memeriksakan kondisi luka pasca operasi serta rawat inap.

Semua biaya pasca operasi masih dibiayai oleh pihak bpjs sampai dengan pasien sembuh total.

Itulah serangkaian pembahasan mengenai prosedur serta jenis operasi yang ditanggung bpjs kesehatan. Semoga pembahasan ini memberikan pemahaman yang berarti bagi peserta bpjs kesehatan di seluruh indonesia.

Baca juga : Asuransi Pendidikan Sangat Penting Untuk Masa Depan Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here