Home Bisnis 20 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Tahun 2017, Jadikan Inspirasi Anda

20 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Tahun 2017, Jadikan Inspirasi Anda

173
0

Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Tahun 2017 – Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk datang dari orang-orang sukses di sekitar anda. Bicara mengenai orang sukses, Indonesia ternyata memiliki beberapa miliarder yang diakui dunia.

20 orang terkaya di indonesia terbaru tahun 2017

Menurut data yang dihimpun dari situs forbes, Indonesia memiliki 20 orang miliarder dengan nilai kekayaan masing-masing di atas satu milyar dollar atau sekitar lebih dari 13 triliun rupiah. Orang – orang terkaya di Indonesia ini mempunyai latar belakang sebagai seorang pengusaha.

Baca Juga : 26 Peluang Usaha Sampingan Bagi Karyawan

20 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2017

Penasaran siapa saja namanya? Berikut ini beberapa orang terkaya di Indonesia terbaru tahun 2017 yang dihimpun dari situs forbes:

20. Hary Tanoesoedibjo

hary tanoesoedibjo

Lahir pada tanggal 26 September 1965 di kota Surabaya, Jawa Timur. Ia adalah seorang pengusaha multimedia sukses dan seorang politikus.

Orang terkaya di Indonesia ke 20 ini adalah CEO dari MNC Group yang memiliki beberapa stasiun televisi swasta seperti RCTI, MNC TV, GLOBAL TV, iNews TV, Televisi berlanggangan Indovision, stasiun radio Trijaya FM, Media cetak Seputar Indonesia dan Majalah Ekonomi.

Selain sebagai pengusaha, Hary Tanoesoedibjo juga aktif di dunia politik dengan mendirikan Partai PERINDO ( Persatuan Indonesia ).

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun, rangking 20 orang terkaya di Indonesia dan rangking 1945 orang terkaya di dunia.

Baca Juga : Cara Mudah Investasi Emas di Pegadaian

19. Alexander Tedja

orang terkaya di indonesia, Alexander tedja

Lahir pada tanggal 22 September 1945 di kota Medan. Ia lebih dikenal dengan raja properti dan Mal dari Surabaya di bawah bendera Pakuwon Group.

Awalnya pada tahun 1972 Alexander Tedja adalah seorang pengusaha di bidang perfilman dan bioskop. Namun, sejak tahun 1982 mulai berekspansi ke bidang Properti dan Mal melalui PT Pakuwon Jati.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun berada di urutan ke 19 orang terkaya di Indonesia, rangking 1881 orang terkaya di dunia.

Baca Juga : Beberapa Keuntungan dan Resiko Investasi Reksadana

 

18. Bachtiar Karim

orang terkaya di indonesia, Bachtiar Karim

Lahir pada tanggal 5 November 1957. Ia dikenal sebagai pimpinan Musim Mas Group yang bergerak di bidang minyak sawit dan CPO.

Bachtiar Karim mulai terjun ke dunia bisnis ketika umurnya 20 tahun, ia dipercaya oleh ayahnya untuk mengembangkan bisnis Musim Mas Group bersama saudaranya Burhan dan Bahari.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,2 miliar atau sekitar Rp 15,6 triliun, rangking 18 orang terkaya di Indonesia dan rangking 1790 orang terkaya di dunia.

Baca Juga : Soichiro Honda : Pemuda Kampung Yang Gigih Pendiri Perusahaan Honda

 

17. Husain Djojonegoro

orang terkaya di indonesia, husain djojonedoro

Pria kelahiran bulan November 1949 di kota Semarang adalah seorang pengusaha terkenal dari Indonesia pendiri perusahaan Orang Tua Group.

Ia juga mendirikan PT Everbright Battery Factory ( ABC ) yang memproduksi baterai ABC. Anda pasti banyak yang menggunakan baterai produk ABC untuk keperluan alat-alat rumah tangga bukan?

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,3 miliar atau sekitar Rp 16,9 triliun, ranking 1681 orang terkaya di dunia.

 

16. Soegiarto Adikoesoemo

orang terkaya di indonesia, Soegiarto adikoesoemo

Pria yang terkenal dengan sebutan Pak Gik ini memiliki beberapa usaha yang mengantarkannya mencapai kesuksesan. Usahnya antara lain bergerak di bidang Batu bara, Minyak, Distribusi, Logistik, Manufactur dan Properti.

Namun kebanyakan orang lebih mengenal beliau sebagai pengusaha di bidang kimia. AKR Corporindo adalah perusahaan yang didirikannya sebagai perusahaan multinasional bergerak di bidang kimia.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,3 miliar atau sekitar Rp 16,9 triliun, ranking 1810 orang terkaya di dunia.

 

15. Djoko Susanto

orang terkaya di indonesia, djoko susanto

Pria kelahiran Jakarta, 9 Februari 1950 ini adalah seorang pengusaha ritel terkenal di Indonesia.

Ia adalah sosok dibalik kesuksesannya ritel Alfamart di bawah naungan PT Sumber Alfaria Trijaya ( SAT ), bisnis ritel yang sangat pesat perkembangannya yang menjangkau hampir di semua pelosok daerah. PT SAT telah menjalankan lebih dari 5.500 toko di bawah beberapa merk meliputi ALfamart, Alfa Midi, ALfa Express dan Lawson.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,3 miliar atau sekitar Rp 16,9 triliun, ranking 1668 orang terkaya di dunia.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Franchise Alfamart Begini Caranya

 

14. Harjo Sutanto

orang terkaya di indonesia, Harjo sutanto

Anda pasti mengenal perusahaan wings group bukan? ya… Harjo Sutanto bersama Ferdinand Katuari adalah pendiri perusahaan tersebut pada tahun 1949.

Saat ini perusahaan wings menjadi salah satu perusahaan terkenal dengan berbagai produk konsumen yang banyak dibutuhkan masyarakat.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,4 miliar atau sekitar Rp 18,2 triliun, ranking 1638 orang terkaya di dunia.

 

13. Ciputra

orang terkaya di indonesia, ciputra

Pria yang lahir pada tanggal 24 Agustus 1931 di Sulawesi Tengah ini adalah pengusaha properti yang sangat sukses. Perusahaannya antara lain Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group.

Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra. Perjalanan bisnis Ciputra dirintis sejak masih menjadi mahasiswa arsitektur Institut Teknologi Bandung. Bersama Ismail Sofyan dan Budi Brasali, teman kuliahnya, sekitar tahun 1957 Ciputra mendirikan PT Daya Cipta.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,4 miliar atau sekitar Rp 18,2 triliun, ranking 1620 orang terkaya di dunia.

 

12. Martua Sitorus

orang terkaya di indonesia, martua sitorus

Pria ini mempunyai perusahaan Wilmar Internasioal sebagai produsen minyak sawit terbesar di dunia dan produsen minyak goreng terbesar di Asia.

Perusahaan tersebut juga bekerja sama dengan perusahaan AS, Kellogg untuk menjual makanan di China dan mengakuisisi perusahaan tambang batu bara di Australia yakni Whitehaven Coal Ltd.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,5 miliar atau sekitar Rp 19,5 triliun, ranking 1481 orang terkaya di dunia.

 

11. Peter Sondakh

orang terkaya di indonesia, peter sondakh

Lahir kelahiran 23 Juli 1953 ini memulai bisnisnya saat memasuki umur 20 tahun. Ia melanjutkan bisnis ayahnya setelah ayahnya meninggal dunia.

Ia mendirikan PT Rajawali Corporation. Melalui perusahaan tersebut, Peter Sondakh memulai bisnis properti sebagai perluasan usaha yang ditekuni ayahnya. Melalui Rajawali Corporation, ia membangun kemitraan mengembangakan Hyatt Hotel dan Novotel Sheraton menjadi jaringan hotel bintang lima.

Peter Sondakh juga memiliki saham di perusahaan taksi Ekspres Transindo Utama, yang kini harus menghadapi persaingan dari keberadaan taksi online seperti Uber.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,7 miliar atau sekitar Rp 22,1 triliun, ranking 1331 orang terkaya di dunia.

 

10. Eddy Kusnadi Sariaatmaja

orang terkaya di indonesia, Eddy Kusnadi Sariaatmaja

Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah pengusaha media dan teknologi yang lahir pada 11 Desember 1963. Suami dari Sofi Wijaya ini menyelesaikan pendidikan dengan gelar sarjana di jurusan Civil Engineering, University of New South Wales, Australia pada tahun 1978.

Karir dan bisnisnya dimulai dari pendirian perusahaan bernama PT Elang Mahkota Teknologi yang dikenal Emtek. Group Emtek berhasil meraih kejayaan sebagai perusahaan raksasa di Indonesia, dan merupakan pemilik saham yang besar dari stasiun TV swasta, seperti SCTV, Indosiar, dan O Channel. Pada bulan Juni 2016, melalui anak perusahaannya, PT Kreatif Media Karya, ia membeli lisensi Balckberry Messenger sebesar 208 juta dolar.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,7 miliar atau sekitar Rp 22,1 triliun, ranking 1302 orang terkaya di dunia.

 

9. Mochtar Riady

orang terkaya di indonesia, Mochtar Riady

Mochtar Riady yang lahir pada 12 Mei 1929 di Malang. Pengusaha ini merupakan pendiri sekaligus komisari dari Lippo Group. Ayah Mochtar Riady adalah seorang pedagang batik bernama Liapi, sedangkan ibunya bernama Sibelau.

Kedua orangtuanya merantau dari Fujian dan tiba di Malang pada tahun 1918. Sejak kecil ia bercita-cita untuk menjadi seorang bankir. Di era tahun 1950an, kesempatan itu datang, dimana ia diberi kesempatan untuk mengurus sebuah bank yang sedang bermasalah. Satu tahun perjalanan, bank tersebut menjadi maju.

Setelah cukup besar, pada tahun 1964, Mochtar Riady pindah ke Bank Buana, kemudian pada tahun 1971, dia pindah lagi ke Bank Panin yang merupakan gabungan dari Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya, dan Bank Industri Dagang Indonesia.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,8 miliar atau sekitar Rp 23,4 triliun, ranking 1238 orang terkaya di dunia.

 

8. Theodore Rachmat

orang terkaya di indonesia, Theodore Rachmat

Theodore Permadi Rachmat lahir pada 15 Desember 1943 dengan nama kecil Oei Giok Eng di Majalengka. Selepas lulus dari Institut Teknologi Bandung, ia merintis karir sebagai sales Astra kemudian dipercaya mengelola United Tractors (anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang alat berat).

Selepas itu, ia memutuskan mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Triputra Group yang bergerak di sejumlah bidang bisnis, seperti karet olahan, batu bara, perdagangan, manufakturing, agribisnis, dealership motor dan logistik.

Dia sekarang memiliki sejumlah saham di perusahaan batu bara Adaro Energy. Sementara itu, anaknya, Christian Aryono adalah wakil presiden direktur Adaro Energy. Dia juga memiliki investasi di industri kelapa sawit dan karet. Anak keduanya, Arif Patrick mengelola perusahaan perkebunan keluarga, Triputra Agro.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 1,9 miliar atau sekitar Rp 24,7 triliun, ranking 1200 orang terkaya di dunia.

 

7. Prajogo Pangestu

orang terkaya di indonesia, Prajogo Pangestu

Pria kelahiran tahun 1944 ini adalah seorang pengusaha Indonesia. Seorang taipan di industri perkayuan terbesar di Indonesia sebelum Krisis Ekonomi 1997. Bisnisnya berawal di akhir 70-an di Djajanti Timber Group dan membentuk Barito Pacific.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 2,1 miliar atau sekitar Rp 27,3 triliun, ranking 1050 orang terkaya di dunia.

 

6. Murdaya Poo

orang terkaya di indonesia, Murdaya Poo

Murdaya Widyawimarta Poo, Ayah dari empat anak ini adalah sosok lelaki dibalik perusahaan kontraktor terkenal yaitu Central Cipta Murdaya Group. Selain bisnis, beliau juga sukses dalam karir politik.

Dunia politik yang Murdaya Poo jajaki adalah sebagai anggota legislatif periode 2004 hingga 2009 dari partai PDIP. Usaha pertamanya bergerak dalam bidang kelistrikan yaitu perusahaan Kencana Sakti Indonesia. Selanjutnya suami dari Siti Hartati Murdaya ini melakukan kesepakatan kerja bersama perusahaan alat olahraga besar di dunia yaitu Nike.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 2,1 miliar atau sekitar Rp 27,3 triliun, ranking 1039 orang terkaya di dunia.

 

5. Tahir

orang terkaya di indonesia, tahir (1)

Nama lengkapnya adalah Dato’ Sri Tahir, lahir pada 25 Maret 1952 di kota Surabaya.   Dia dibesarkan oleh sepasang ayah dan ibu yang menghidupi keluarga dengan membuat becak. Tahun 1971, dia menamatkan pendidikan menengah atas (SMA) di SMA Kristen Petra Kalianyar Surabaya.

Sosok Tahir tumbuh berkembang menjadi seorang pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group yang sukses. Mayapada Group adalah sebuah holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha di Indonesia. Beberapa dari bidang yang digeluti adalah perbankan, TV berbayar dan media cetak, properti dan rumah sakit.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 2,9 miliar atau sekitar Rp 37,7 triliun, ranking 744 orang terkaya di dunia.

 

4. Chairul Tanjung

orang terkaya di indonesia, chairul tanjung

Chairul Tanjung lahir di Jakarta, 16 Juni 1962, dilahirkan di Jakarta dalam keluarga yang cukup berada. Ayahnya A.G. Tanjung adalah wartawan zaman orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil.

Chairul Tanjung adalah mahasiswa kedokteran yang memperoleh banyak prestasi, diantaranya sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional 1984-1985. Saat kuliah ia mulai belajar tentang bisnis. Kini melalui perusahaan konglomerasi miliknya, Para Group menjadi sebuah perusahaan bisnis membawahi beberapa perusahaan lain seperti Trans TV dan Bank Mega

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 4,9 miliar atau sekitar Rp 63,7 triliun, ranking 371 orang terkaya di dunia.

 

3. Sri Prakash Lohia

orang terkaya di indonesia, Sri Prakash Lohia

Dari namanya, anda mungkin bisa menebak bahwa miliarder ini adalah keturunan India. Sri Prakash Lohia lahir di Kalkuta-India pada 11 Juli 1952. Lohia lahir dan besar di India, tetapi menghabiskan sebagian besar masa hidup profesionalnya di Indonesia sejak tahun 1974.

Lohia pindah ke Indonesia bersama ayahnya, Mohan Lal Lohia, dan merintis Indorama Synthetics, sebuah perusahaan yang memproduksi benang pintal.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 5,4 miliar atau sekitar Rp 70,2 triliun, ranking 311 orang terkaya di dunia.

 

2. Michael Hartono

orang terkaya di indonesia, Michael Hartono

Michael Hartono, kakak dari Budi Hartono ini lahir di Kudus, 2 Oktober 1939. Ia menempuh pendidikan formal di Universitas Diponegoro selama empat tahun dan kemudian karirnya berlanjut di dunia bisnis, sebagai Direktur PT Djarum.

Selain merambah di sektor keuangan, kiprah Michael Hartono bersaudara dalam sektor agribisnis terlihat dengan mempunyai bisnis kelapa sawit dan kilang pengolahan.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 9,5 miliar atau sekitar Rp 123,5 triliun menjadikannya orang terkaya di Indonesia ke 2, ranking 145 orang terkaya di dunia.

 

1. Robert Budi Hartono

orang terkaya di indonesia, Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono lahir pada tanggal 28 April 1941 di kota Semarang. Pria ini di daulat sebagai orang terkaya di Indonesia nomor satu. Ayahnya bernama Oei Wie Gwan pemilik usaha kecil Djarum Gramophon yang saat ini menjadi sebuah perusahaan rokok terbesar di dunia.

Bersama saudaranya, Robert Budi Hartono terus mengembangkan bisnis warisan ayahnya, termasuk berinvestasi di sektor bisnis keuangan dan perbankan, khususnya di Bank BCA.

Kekayaannya saat ini tercatat sebesar $ 9,7 miliar atau sekitar Rp 126,1 triliun, ranking 141 orang terkaya di dunia.

Orang terkaya di indonesia tersebut bisa kita jadikan sebagai inspirasi untuk menjadi manusia yang kuat, pekerja keras dan sukses.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here