Home Bisnis Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila, Omsetnya Menggiurkan

Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila, Omsetnya Menggiurkan

47
2

Peluang usaha budidaya ikan nila memiliki potensi yang bagus karena ikan ini adalah ikan konsumsi yang disukai banyak orang. Jika usaha ini dijalankan dengan cara-cara yang benar dan sesuai dengan pedoman, maka bukan hal yang mustahil jika budidaya ikan nila akan cepat berkembang.

peluang usaha budidaya ikan nila

Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila




Jika anda berniat membuka usaha budidaya ikan nila, saya akan memberikan langkah-langkahnya secara detail dan dengan cara yang lebih simple. Sebelum membahas tentang peluang usaha budidaya ikan nila, lebih baik pahami terlebih dahulu tentang ikan nila :

Baca Juga : Peluang Usaha Telur Asin : Modal Kecil Dengan Omset Puluhan Juta

Pahami Jenis Ikan Nila Yang Unggul Untuk Dibudidayakan

Peluang usaha budidaya ikan nila memang memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Dari sekian banyak jenis ikan nila, ada 3 jenis ikan nila yang biasanya sering dibudidayakan masyarakat.

Ikan Nila GIFT

peluang usaha budidaya ikan nila

Ikan nila GIFT banyak digunakan untuk budidaya karena memiliki keunggulan dari segi pertumbuhannya yang terbilang cepat. Dalam kurun waktu 5-6 bulan dimulai dari pembibitan, bobot ikan nila GIFT bisa mencapai 0.6 KG/ekornya.

Induk dari ikan nila ini bisa bertelur hingga 3000 butir telur setiap siklus perkembangbiakannya.

Ikan Nila BEST

peluang usaha budidaya ikan nila

Ikan nila Best dinilai lebih dominan jika dibandingkan dengan jenis ikan nila yang lain. Ikan nila jenis ini lebih tahan yang baik terhadap penyakit dan ikannya sangat gesit.

Ikan Nila GESIT

peluang usaha budidaya ikan nila

Ikan nila jenis ini merupakan ikan nila yang paling disukai para petani ikan. Pasalnya jenis ikan nila yang satu ini memang terkenal subur dan gampang hidup.

Induk Nila gesit juga mampu melahirkan larva jantan dengan prosentase mampu bertahan hidup sampai 98%. Selain itu itu, pada umur 4-5 bulan, nila gesit sendiri rata-rata bisa tumbuh dengan panjang 8 cm dengan bobot maksimal 500 – 600 per / ekor.

Cara Budidaya Ikan Nila

Setelah anda mengetahui beberapa jenis ikan nila yang diunggulkan, selanjutnya menuju proses pembudidayaan ikan nila. Berikut ini tahapan-tahapannya :

1. Pembuatan Kolam Ikan

peluang usaha budidaya ikan nila

Yang pertama tentu persiapkan terlebih dahulu kolam untuk pembudidayaan ikan nila. Pada masa permulaan, anda bisa membuat kolam dengan ukuran panjang x lebar ( 2×2 ).

Kapasitas kolam dengan ukuran tersebut mampu menampung bibit ikan nila hingga 15.000 ekor.

2. Pemilihan Benih Ikan Nila

peluang usaha budidaya ikan nila

Benih ikan nila bisa anda beli langsung ke pasar ikan atau beli langsung ke petani ikan nila yang biasa melakukan pembenihan.

Benih ikan nila harus benar-benar berkualitas, harus sehat dan tidak memiliki penyakit. Ikan terlihat gesit, artinya jika dilihat secara kasat mata ikan lebih aktif bergerak.

Benih ikan nila yang sehat akan berpengaruh ke perkembangan ikan kedepannya. Sehingga akan menghasilkan ikan nila siap panen yang unggul dan berkualitas tentunya.

3. Penebaran Benih Ikan Nila

peluang usaha budidaya ikan nila

Jika kolam dan benih ikan nila sudah disiapkan, selanjutnya adalah proses penebaran benih ikan nila ke kolam. Kolam sebelumnya sudah terisi air setinggi 60-70 cm.

Teknik penebaran benih ikan harus tepat, caranya masukkan tempat benih ikan tersebut ke kolam dan biarkan mengambang kurang lebih 1-2 jam. Hal ini dilakukan gunanya untuk proses adaptasi benih ikan terhadap keadaan kolam. Tujuannya agar mengurangi tingkat kematian benih ikan ketika baru dimasukkan ke kolam.

Selanjutnya buka ikatan tutup tempat benih ikan nila dan miringkan, biarkan benih untuk keluar sendiri dari tempat tersebut ke kolam.

4. Pemberian Pakan

Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari. Pakan yang diberikan sebaiknya menggunakan pelet ikan dengan kandungan protein 30%. Untuk banyaknya pakan yang diberikan menggunakan perhitungan 3% dari bobot ikan.

Misal ikan sebanyak 15.000 ekor memiliki bobot rata-rata 20 gram, maka perhitungan pemberian pakannya adalah :

( 20 x 15.000 ) x 3% = 9000 gram ( 9 KG per hari )

Jadi ikan dengan bobot rata-rata 20 gram, maka diberikan pakan 9 KG per hari dibagi 2 kali sehari ( pagi dan sore ). Bobot ikan selalu diperiksa setiap 2 atau 3 minggu sekali agar pemberian pakannya sesuai takaran.

Waktu Panen Ikan Nila

Budidaya ikan nila mulai dari penebaran benih hingga memperoleh bobot ikan 500 gram membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Namun jika budidaya ikan nila di kolam tambak ( kolam air payau ) hanya membutuhkan 4 bulan saja.

Budidaya di kolam payau membutuhkan waktu yang lebih cepat karena air payau banyak terdapat plankton-plankton yang menjadi makanan ikan nila selain pelet. Jadi pertumbuhan ikannya lebih cepat jika dibandingkan dengan budidaya.

Itulah penjelasan mengenai peluang usaha budidaya ikan nila yang bisa dijadikan pedoman anda sebelum memulai bisnis ini.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here