Home Bisnis Peluang Usaha Telur Asin : Modal Kecil Dengan Omset Puluhan Juta

Peluang Usaha Telur Asin : Modal Kecil Dengan Omset Puluhan Juta

73
0
SHARE

Peluang Usaha Telur Asin – Telur bebek sebagai bahan dasar pembuatan telur asin dikenal dengan sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh. Namun berbeda dengan telur ayam, bau yang dikeluarkan dari telur bebek lebih tajam. Oleh karena itu banyak yang enggan memakan telur bebek.

peluang usaha telur asin

Sebagai alternatif, ada salah satu olahan telur bebek yang menjadikan rasanya lebih enak dan baunya sedap yaitu telur asin. Melalui proses pengasinan, telur bebek yang sebelumnya berbau tajam akan lebih sedap aromanya serta lebih tahan lama.

Telur asin banyak diminati untuk tambahan menu makanan sehari-hari karena selain rasanya yang enak juga karena kandungan gizinya yang berguna untuk tubuh. Semakin banyaknya peminat, maka semakin besar permintaan akan telur asin. Sehingga banyak pelaku usaha yang tergiur untuk menekuni peluang usaha telur asin.

Jika anda salah satu orang yang berminat untuk mencoba, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana tahapan-tahapan untuk memulai peluang usaha telur asin.

Baca Juga : Peluang Bisnis Rental Playstation, Begini Caranya

Tahapan Memulai Peluang Usaha Telur Asin

Dimulai dengan tekad dan motivasi yang kuat, anda bisa menjalani peluang usaha telur asin dengan mudah. Berikut ini tahapan-tahapan untuk memulainya :

1. Persiapkan Bahan Baku

peluang usaha telur asin

Bahan baku untuk pembuatan telur asin yang baik adalah menggunakan telur bebek. Untuk mendapatkannya, anda bisa membelinya melalui peternak bebek langsung atau melalui pengepul. Sebelumnya anda tentu harus sudah mempunyai target darimana telur bebek itu didapatkan, agar nantinya tidak kewalahan saat memerlukan telur bebek dalam jumlah yang besar.

Usahakan sudah memperoleh lebih dari satu tempat untuk membeli telur bebek, ini bertujuan untuk cadangan ketika ada salah satu tempat yang sedang kekosongan telur bebek.

Pilihlah telur bebek yang mempunyai kualitas baik untuk pembuatan telur asin. Hal ini agar rasanya lebih enak dan ketahanannya terjamin.

Berikut ini ciri-ciri telur bebek dengan kualitas baik :

  • Telur baru atau segar
  • Cangkang telur tidak retak, permukaan halus dan warna terang atau cerah
  • Jika dimasukkan ke dalam air, telur akan tenggelam
  • Ketika diteropong telur terlihat terang, terlihat jelas putih dan kuning telurnya. Antara putih dan kuning telur tidak bercampur dan tidak terdapat bintik hitam.
  • Tidak busuk
  • Jika dikocok tidak bersuara

Lebih baik lagi jika telur bebek yang digunakan untuk telur asin diperoleh dari peternak bebek tradisional yang menggunakan pakan alami atau dengan cara digembalakan dari sawah ke sawah. Telur yang dihasilkan akan lebih baik jika dibandingkan dengan telur bebek hasil dari ternak yang menggunakan pakan konsentrat.

Perbedaan telur bisa dilihat dari kuning telurnya, telur bebek peternakan tradisional kuning telurnya terlihat kuning tua atau mencolok bahkan ada yang terlihat kemerah-merahan. Sedangkan dari peternakan yang menggunakan pakan konsentrat, kuning telurnya terlihat pucat dan tidak menarik.

Baca Juga : 26 Peluang Usaha Sampingan Bagi Karyawan

2. Proses Pengasinan Telur

peluang usaha telur asin

Setelah mendapatkan bahan untuk pembuatan telur asin, maka selanjutnya adalah proses pengasinan. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pencucian Telur

Telur yang sudah dipilih atau dengan kualitas baik harus dicuci menggunakan ember yang diisi air bersih hingga hampir penuh ( tiga perempatnya ). Masukkan telur ke dalamnya, lalu bersihkan kotoran yang menempel menggunakan kain basah.

Ketika proses pencucian akan terlihat telur yang tenggelam, melayang dan mengapung. Pisahkan telur-telur yang melayang dan mengapung karena telur tersebut kualitasnya jelek.

  • Penirisan

Telur yang sudah dibersihkan kemudian tiriskan menggunakan ayakan atau penyaring untuk mengeringkan kulit telur sehingga mempermudah proses pembungkusan adonan batu bata.

  • Pembuatan Adonan

Adonan dibuat dari batu bata yang telah ditumbuk hingga halus menggunakan palu. Kemudian adonan batu bata tersebut dicampur dengan garam dapur dan air secukupnya, jangan terlalu cair atau encer.

  • Penggaraman atau Pembungkusan Adonan

Langkah selanjutnya telur yang sudah kering dibungkus dengan adonan batu bata. Tebal pembungkusan lebih kurang 1 cm. Pembungkusan adonan dilakukan secara merata ke seluruh lapisan telur agar rasa asinnya merata.

Setelah dibungkus adonan, telur-telur tersebut dibiarkan selama 10 – 15 hari. Untuk memperoleh rasa asin yang kuat sebaiknya didiamkan selama 15 hari atau 2 minggu.

  • Perebusan Telur

Telur yang sudah didiamkan selama 15 hari, dibersihkan dari adonan batu bata. Kemudian telur-telur tersebut direbus sampai dengan mendidih. Ketika sudah mendidih jangan langsung diangkat, biarkan telur tetap pada air tersebut sampai dengan 15 – 30 menit agar telur benar-benar matang.

Jika dirasa cukup, angkat telur dari rebusan dan tiriskan telur agar kondisi telur tetap kering ( tidak lembek ) bagian dalamnya untuk menjaga telur tetap empuk.

Baca Juga : 6 Bidang Usaha Kecil Menengah Yang Menguntungkan

3. Pengepakan Telur Asin

peluang usaha telur asin

Telur asin yang telah jadi, selanjutnya melalui proses pengepakan sebelum mulai dijual ke pasaran. Proses pengepakan lakukan semenarik mungkin. Berikan stempel pada telur tersebut sebagai tanda pengenal atau merk bahwa telur tersebut merupakan hasil produksi usaha anda.

4. Proses Pemasaran Telur Asin

peluang usaha telur asin

Untuk proses pemasaran, anda bisa mencoba beberapa cara ini :

  1. Menitipkan telur asin ke toko-toko, warung makan dan restoran
  2. Membuka Kios sendiri di tempat yang strategis
  3. Memasarkan secara online melalui social media dan website toko online

Kualitas telur asin anda akan mempengaruhi terhadap proses pemasaran. Semakin enak rasanya dan rapi dalam pengepakan, maka semakin banyak orang yang akan membeli kembali telur asin hasil buatan anda.

Tentukan harga yang pas sesuai dengan harga pasaran, hindari harga yang lebih tinggi karena usaha telur asin memiliki persaingan yang tinggi.

Baca Juga : Berminat Buka Usaha Warnet dan Game Online? Simak Tipsnya Disini

5. Kalkulasi Modal dan Keuntungan Peluang Usaha Telur Asin

Untuk perkiraan modal yang dibutuhkan, anda bisa melihat data pada tabel dibawah. Itu hanya sebuah gambaran saja, karena harga untuk setiap daerah itu berbeda dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga berbeda.

Bahan Baku Jumlah Harga Satuan (Rp) Harga Total (Rp)
Telur Bebek 500 butir 2.000 1.000.000
Batu Bata Halus 20 Bungkus 300 6.000
Garam 8 Kg 5.000 40.000
Transport * * 20.000
Upah Pekerja 2 Orang 30.000 60.000
Kemasan * * 100.000
Jumlah 1.226.000

Harga jual untuk telur asin yang telah siap adalah Rp 3.000 x 500 butir/per hari = Rp 1,5 juta. Jadi pendapatannya Rp 1,5 juta per hari.

Keuntungannya Rp 1.500.000 – Rp 1.226.000 = Rp 274.000 per hari

Itu jika dihitung dengan penjualan 500 butir telur asin per hari, semakin dikenal orang usaha anda maka semakin banyak penjualan telur asin anda setiap harinya.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara memanfaatkan peluang usaha telur asin. Dimulai dengan modal kecil, namun dengan potensi penghasilan yang besar.

Baca Juga : Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here