Home Bisnis Pengertian Bisnis Startup Yang Makin Populer di Indonesia

Pengertian Bisnis Startup Yang Makin Populer di Indonesia

149
0

Di Indonesia, saat ini perkembangan bisnis startup memang sedang menjadi perhatian khusus pemerintah. Namun sebelumnya, apakah anda tahu pengertian bisnis startup?

pengertian bisnis startup

Pemerintah, melalui Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mensupport lebih kepada para pelaku bisnis startup. Support tersebut dengan cara menfasilitasi bisnis startup agar lebih berkembang berupa hak cipta dan izin usaha dimana dalam pengurusannya tanpa dipungut biaya alias gratis.



Keseriusan pemerintah dalam mendukung perkembangan bisnis startup jelas karena bisnis startup merupakan solusi alternatif untuk menekan angka pengangguran.

Baca Juga : Inilah Pilihan Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan Kesuksesan Tinggi

Pengertian Bisnis Startup

Startup itu sebenarnya adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris, yang artinya permulaan atau baru dirintis.

Sedangkan pengertian bisnis startup secara luas adalah Perusahaan yang baru beroperasi dan masih dalam tahap perkembangan.

Namun, perusahaan yang masuk dalam kategori bisnis startup adalah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi yang dijalankan secara online melalui sebuah website. Di Indonesia semakin banyak bermunculan bisnis startup yang kebanyakan mengacu pada pengembangan aplikasi, sistem pembayaran online, jasa, perdagangan dan lainnya.

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, bisnis startup di Indonesia memang terbilang lambat perkembangannya. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti terkendala oleh regulasi-regulasi pemerintah dan kebanyakan owner dari bisnis startup merupakan anak muda yang belum memiliki hubungan atau channel dengan perusahaan-perusahaan besar.

Padahal, jika bisnis startup memiliki partner dengan perusahaan besar maka akan lebih cepat berkembang dan maju karena terbantu secara finansial dan marketing.

Baca Juga : Ramalan Shio Untuk Bisnis dan Pekerjaan Anda

Ciri-Ciri Bisnis Startup di Indonesia

Semakin majunya dunia teknologi khususnya bidang teknologi informasi, maka berbagai peluang usaha di bidang tersebut juga semakin meningkat pesat. Terutama bisnis startup yang semakin populer di Indonesia.

Bisnis startup sendiri memiliki beberapa karakter yang merupakan ciri-ciri yang membedakan bisnis tersebut dengan bisnis yang lain.

1. Perusahaan Berumur Kurang Dari 3 tahun

Perusahaan yang memiliki usia kurang dari 3 tahun sejak pertama didirikan, hal ini mengacu pada definisi mengenai sebuah perusahaan yang baru dirintis.

2. Perusahaan Masih Dalam Tahap Berkembang

Bisnis yang dijalankan masih dalam tahap berkembang atau masih perlu banyak melakukan riset pasar bisnis. Tentunya dalam segi produk, jalur distribusi dan strategy marketing.

3. Bergerak di Bidang Teknologi Informasi Online

Perusahaan beroperasi secara online dan menggunakan website sebagai media untuk bisnisnya. Perusahaan ini bergerak di bidang teknologi informasi online.

Baca Juga : Bisnis Sampingan yang Menguntungkan 2017

Contoh Bisnis Startup Terkenal di Indonesia

Di Indonesia bisnis startup sedang booming hingga bermunculan beberapa bisnis startup terkenal saat ini. Antara lain :

1. BukaLapak

pengertian bisnis startup

Startup yang memiliki alamat situs di www.bukalapak.com ini didirikan oleh Achmad Zaky yang memiliki visi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet.

2. GoJek

pengertian bisnis startup

GoJek termasuk bisnis startup berbasis aplikasi digital. Pendirinya bernama Nadiem Makarim.

3. KasKus

pengertian bisnis startup

Siapa yang tidak mengenal kaskus? Pendirinya bernama Andrew Darwis yang terinspirasi membuat sebuah website dengan format forum komunitas.

4. Tokopedia

Tips dagangan laku keras di tokopedia

Bisnis yang ditawarkan tokopedia adalah menghubungkan antara penjual dan pembeli dengan aman, nyaman dan praktis.

5. Tees.co.id

pengertian bisnis startup

Tees.co.id adalah on-demand merchandise marketplace dimana pembeli bisa memesan merchandise sesuai dengan desain yang mereka miliki atau custom. Pendirinya bernama Aria, yang juga sebagai pendiri GantiBaju.com.

6. Tiket.com

pengertian bisnis startup

Tiket.com bekerjasama dengan PT KAI dan beberapa maskapai penerbangan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pembelian tiket melalui internet secara online.

7. Traveloka

pengertian bisnis startup

Dahulunya traveloka adalah situs pencari dan pembanding harga tiket pesawat, namun sejak tahun 2013 traveloka berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat. Traveloka didirikan oleh Derianto Kusuma, Ferry Unardi dan ALbert.

Apakah Bisnis Startup Menguntungkan?

Setiap bisnis yang dijalankan pasti memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan, begitu halnya dengan bisnis startup.

Bisnis startup lebih baik lagi jika didirikan dengan sebuah team yang masing-masing memiliki kemampuan atau bakat khusus yang berkaitan dengan bidang bisnis startup yang akan dijalani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here