Home Investasi Perusahaan Startup Indonesia Banyak Diminati Investor Perusahaan Teknologi Dunia

Perusahaan Startup Indonesia Banyak Diminati Investor Perusahaan Teknologi Dunia

99
0

Perusahaan startup Indonesia ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para investor perusahaan teknologi asing. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya peminat yang mulai menjajaki dunia startup di Indonesia.

perusahaan startup indonesia diminati investor asing

Expedia dan Alibaba adalah contoh dari beberapa investor asing ternama yang bersedia  menanamkan modalnya dengan jumlah miliaran dollar ke dalam Perusahaan startup Indonesia yang berbasis Teknologi.



Apa Alasan Investor Asing Tertarik investasi di Perusahaan Startup Indonesia?

perusahaan startup indonesia diminati investor asing

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya mengembangkan bisnis startup berbasis teknologi. Bahkan bisnis startup di Indonesia mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah.

Indonesia juga memiliki potensi sebagai pasar online terbesar se Asia Tenggara karena didukung dengan populasi lebih dari 250 juta penduduk. Dari sekian banyak populasi tersebut sebagian besar penduduk didominasi masyarakat kelas menengah yang mengerti dunia digitalisasi.

Disamping itu, Indonesia juga memiliki ketersediaan perangkat mobile yang murah dan terjangkau bagi kalangan masyarakat. Semua itu yang menjadi daya tarik investor asing melirik Indonesia.

Baca Juga : Pengertian Bisnis Startup Yang Makin Populer di Indonesia

Pertumbuhan Pengguna Internet di Asia Tenggara Paling Cepat di Dunia

perusahaan startup indonesia diminati investor asing

Jika kita melihat data laporan dari Google dan Temasek Holding Singapura yang dikeluarkan pada tahun 2016, disitu disuguhkan data yang sangat mencengangkan. Asia Tenggara memiliki pertumbuhan pengguna internet yang paling cepat dibandingkan dengan wilayah lain dengan estimasi harian sebesar 124 ribu pengguna.

Bahkan diperkirakan memasuki tahun 2020, sekitar 480 juta orang di Asia Tenggara akan terhubung dengan internet. Jika perkiraan ini nantinya terbukti, maka jumlah pengguna akan naik 260 juta orang dibandingkan dengan tahun 2017.

Masih menilik dari laporan Google bahwa pasar online pertama di Indonesia memiliki lebih dari setengahnya akan diisi e-commerce dari Asia Tenggara pada tahun 2025, dengan estimasi nilai investasi sebesar 46 miliar dollar Amerika.

Menurut Wilson Cuaca, pendiri East Venture, bahwa melakukan bisnis startup di Indonesia , Malaysia, dan Thailand memiliki biaya, tenaga, dan waktu yang sama. Namun pertumbuhan bisnis startup di Indonesia tidak terbatas, jika dibandingkan dengan negara-negara lain, di Indonesia pasarnya sangat besar.

Dengan demikian Indonesia tanpa disadari telah memiliki magnet tersendiri bagi investor asing dengan nama-nama besar seperti AS Sequuoia Capital, Rakuten Ventures Jepang dan perusahaan travel Expedia.

Baca Juga : Inilah Pilihan Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan Kesuksesan Tinggi

Tantangan Bisnis Startup di Indonesia

Bisnis startup Indonesia yang telah mendapatkan dukungan dari pemerintah, ternyata masih memiliki beberapa tantangan seperti tingkat penetrasi internet di luar Pulau Jawa yang masih rendah, penundaan birokrasi dan buruknya kualitas infrastruktur.

Sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih belum paham dalam melakukan transaksi online, entah karena takut dan tidak percaya atau bahkan kurangnya sosialisasi. Hal ini menjadi tantangan bagi perusahaan e-commerce di Indonesia, untuk meyakinkan masyarakat dalam transaksi online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here