Home Blogging Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Blog Anda

Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Blog Anda

119
0

Anda berniat membuat blog baru? Bingung memilih nama domain terbaik yang cocok untuk blog anda? Simak artikel ini untuk menjawab rasa kebingungan anda. Karena saya akan memberikan beberapa tips memilih nama domain terbaik untuk blog anda.

Tips memilih nama domain terbaik untuk blog anda

Memang sebagai orang yang normal ini adalah sebuah kewajaran, ketika membuat blog baru pasti akan melalui saat-saat pertimbangan dalam memilih nama domain. Karena jika kurang tepat dalam memilih nama domain, maka akan berakibat fatal pada kesuksesan blog anda nantinya.
Baca Juga : Apa Itu Pengertian Domain
INGAT!!! Nama domain menjadi faktor penentu suskes atau tidaknya blog anda, jadi simak Tips Memilih Nama Domain berikut ini untuk kesuksesan blog anda

Tips Memilih Nama Domain Terbaik




Memilih nama domain memang memerlukan pertimbangan yang matang, apalagi jika tujuan blog anda adalah untuk keperluan bisnis atau untuk di monetisasi.

1. Gunakan Nama Domain Yang Mudah Diingat

Domain yang singkat, jelas dan tidak terlalu panjang, maka akan mudah diingat oleh pengunjung. Ini tentu memudahkan orang untuk mengetik nama domain anda ketika mau mengunjungi blog anda.

Contoh : intanblog, detik, google, yahoo, dan lainnya.

Dari contoh nama domain di atas bisa anda lihat dalam sekilas dan langsung tersimpan dalam ingatan anda bukan?

Jadi ketika seorang pengunjung yang akan mengunjungi blog anda di lain waktu maka akan dengan mudah mengingat nama domain blog anda. Hal ini termasuk sebagai tahapan-tahapan untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog atau Website Secara Gratis dan Berbayar

Jadi memilih nama domain pastikan bisa dibaca dengan jelas dan mudah diingat. Orang juga tentunya akan dengan mudah mengunjungi blog anda tanpa perlu melakukan bookmark terlebih dahulu.

2. Pilih Ekstensi Domain TLD Untuk Nama Domain Anda

Dalam memilih ekstensi untuk nama domain anda juga merupakan proses pertimbangan yang sangat penting. Pilihlah nama domain anda dengan ekstensi domain TLD.

Ekstensi adalah akhiran dari nama domain. Contoh domain TLD : .COM, .NET, .ID, .ORG dan lainnya.

Ekstensi domain TLD untuk mendapatkannya anda perlu membelinya, harganya tidak mahal kok. Mulai dari 120 ribu sampai 150 ribu per tahun, penjelasannya nanti dibawah.

Kenapa harus memilih ekstensi domain TLD?

Alasan utamanya adalah, blog anda akan lebih profesional dan lebih disukai mesin pencarian seperti Google Search Engine. Blog anda juga lebih SEO friendly.

Baca Juga : Apa Itu Pengertian SEO dan Apa Manfaat Search Engine Optimization

Kenyataannya pengunjung lebih banyak memilih blog dengan ekstensi domain TLD karena blog-blog tersebut berada pada halaman utama hasil pencarian.

Disamping itu, pengunjung memilih blog dengan domain TLD karena berpendapat bahwa blog tersebut dikelola oleh blogger berpengalaman.

3. Jangan Gunakan Nama Domain Brand Lain

Nah… ini yang paling penting dalam memilih nama domain untuk blog anda, yaitu dilarang memakai tambahan nama domain dari brand lain.

Contoh : duniagoogle.com, googleku.com, dan lainnya.

Dari contoh nama domain di atas, nama domainnya mencatut dari brand google.com dengan ditambah di awalan atau akhirannya.

Akibatnya bisa fatal jika pihak dari google menuntut anda karena mencatut nama domain miliknya, bakalan ribet urusannya kan?

Jadi bangunlah blog anda menggunakan nama domain yang benar-benar fresh dan berbeda dari brand-brand lain.

Baca Juga : Penjelasan Tentang Seo On Page dan Seo Off Page

4. Nama Domain Yang Unik Lebih Menarik

Jika anda ingin memilih nama domain, pilihlah nama yang unik. Hal ini akan berdampak pada image blog anda, karena nama yang unik akan terlihat menarik oleh pengunjung.

Karena menarik itulah maka akan mendatangkan banyak pengunjung karena rasa penasaran dengan nama domainnya. Jika diibaratkan, nama domain yang unik membuat penasaran banyak orang.

5. Hindari Nama Domain Yang Berbau SARA

Nama domain yang akan anda pilih harus bebas dari unsur SARA dan PORNOGRAFI agar blog anda tidak terkena baned atau blokir dari polisi cyber.

Hal yang lebih parahnya lagi adalah jika sampai blog anda dicap sebagai blog penyebar kebencian yang disebabkan oleh pemberian nama domain yang salah.

Jika anda punya tujuan yang baik untuk blog anda, maka mulailah dengan hal-hal yang baik pula. Salah satunya dalam pemilihan nama domain untuk blog anda.

6. Pakai Nama Domain Sesuai Nama atau Bisnis Anda

Anda juga bisa memilih nama domain untuk blog anda sesuai dengan nama anda atau bisnis yang sedang anda jalankan.

Misalkan nama anda adalah Tono, maka nama domain blog anda bisa dinamakan dengan tono.com atau tono.co.id dan lainnya sesuai ketersediaan.

Atau jika blog anda untuk promosi bisnis anda, maka berikan nama domain sesuai dengan bisnis anda.

Misalkan bisnis anda adalah jualan bakso, maka nama domain untuk blog anda bisa dinamakan dengan baksoku.com, bakso.com, mybakso.co.id dan lainnya sesuai ketersediaan.

7. Membeli Domain Berkualitas Di Tempat Terpercaya

Jika anda sudah menemukan nama domain yang tepat untuk blog anda, selanjutnya adalah membeli domain tersebut ke situs penyedia domain.

Pilihlah situs penyedia domain yang terpercaya seperti :

  • Domainesia
  • Niagahoster
  • Rumahweb

Dari penyedia domain yang ada saat ini, saya lebih menyarankan ketiga penyedia domain tersebut. Untuk harga domain bervariasi, mulai dari 120 ribu sampai 150 ribu.

Untuk harga sendiri disesuaikan dengan nama domain yang anda pilih dan ekstensi apa yang anda tentukan. Misalkan ekstensi .COM dan .CO.ID memiliki harga yang berbeda, begitu juga dengan .ID, .ORG, .NET dan lainnya.

Itulah beberapa tips memilih nama domain untuk blog anda yang bisa saya bagikan. Semoga tips ini memberikan pencerahan anda ketika memilih nama domain yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here