Air Kelapa Muda : Kandungan, Manfaat, dan Cara Konsumsinya

0
90

Intanblog.com – Air kelapa muda pada dasarnya memang sangat disukai semua orang. Selain menyegarkan, air ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang dipercaya bagus untuk kesehatan. Terlebih lagi air yang dihasilkan dari buah kelapa ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Mulai dari yang murni hingga yang sudah dijual dalam bentuk minuman dengan campuran susu, sirup, gula, dan es.

Air kelapa muda - Air Kelapa Muda : Kandungan, Manfaat, dan Cara Konsumsinya

Banyak juga dari tenaga medis yang merekomendasikan untuk meminum air kelapa muda untuk menetralkan racun dalam tubuh. Anda juga tentu pernah mengalami dehidrasi bukan? Nah air kelapa bisa dijadikan juga sebagai minuman ketika anda merasa terdehidrasi karena prosesnya lebih cepat dirasakan tubuh. Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya yang dirasakan tubuh dari air kelapa muda. Lalu apa saja sih nutrisi yang terkandung di dalamnya?

Baca Juga : Jeruk Lemon : Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan Air Kelapa Muda

Air kelapa terbentuk setelah terjadinya pembuahan atau peleburan diri antara inti sperma dengan insti sel telur. Secara singkat, air pada buah kelapa terbentuk sebagai akibat proses penyerapan air dan unsur hara yang terdapat di dalam tanah oleh akar dan akan disebarkan ke seluruh organ tubuh tanaman kelapa. Akar akan menyerap air dan unsur-unsur hara lain dari dalam tanah yang kemudian akan digunakan oleh tubuh tanaman dalam melakukan aktifitas hidup seperti proses fotosintesis.

Karena berasal dari endosperm, air kelapa kaya dengan zat-zat makanan. Berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung di dalam air kelapa.

Nutrisi (GIZI) Kandungan
Energi 79 kJ (19 kcal)
Karbohidrat 3.71 gram
Lemak 0.2 gram
Protein 0.72 gram
Air 94.99 gram
Tiamina (Vit. B1) 0.03 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.057 mg (4%)
Niasin (Vit. B3) 0.08 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5) 0.043 mg (1%)
Vitamin B6 0.032 mg (2%)
Folat (Vit. B9) 3 µg (1%)
Vitamin C 2.4 mg (4%)
Kalsium 24 mg (2%)
Besi 0.29 mg (2%)
Magnesium 25 mg (7%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 250 mg (5%)
Zink 0.1 mg (1%)

Manfaat Air Kelapa Muda

Berkat kandungan nutrisi yang banyak terdapat di dalamnya, oleh karena itu air kelapa muda memiliki beberapa khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Tidak heran jika air kelapa muda banyak dicari untuk membantu menyehatkan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat air kelapa muda bagi kesehatan.

1. Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Kandungan zat anti racun atau anti dotum yang terkandung di dalam air kelapa muda memberikan manfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh yang terbawa bersama dengan makanan.

Baca Juga : Makanan Khas Ketika Ramadhan, Inilah Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

2. Menurunkan Demam

Bagi yang sedang mengalami demam tinggi, campuran air kelapa muda dengan madu diyakini mampu menurunkan demam. Masukkan satu sendok madu ke dalam satu gelas air kelapa muda lalu diminum sampai habis.

3. Membantu Meningkatkan HDL

HDL atau kolesterol baik seseorang akan meningkat ketika mengkonsumsi air kelapa. Tentu dengan ini sangat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh yang membahayakan.

Baca Juga : Kadar Kolesterol Normal Yang Dianjurkan

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Zat potassium yang terkandung di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, air kelapa muda sangat dianjurkan bagi anda yang sedang mengalami tekanan darah tinggi.

5. Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa muda mengandung mineral yang mampu memperbarui sel-sel tubuh sehingga membantu mencegah penuaan dini atau jadi awet muda. Selain itu juga bagus untuk kesehatan kulit, terlihat lebih bersih dan cerah dengan rutin mengkonsumsinya setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here