Home Tips Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Ini

Akibat Terlalu Banyak Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Ini

54
0
BAGIKAN

Tidur merupakan sebuah aktifitas istirahat yang sangat diperlukan tubuh dalam setiap harinya. Kebutuhan waktu tidur yang cukup akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh seseorang. Namun ada sebagian orang yang memiliki waktu tidur terlalu lama dari waktu normal atau disebut dengan oversleeping. Padahal akibat terlalu banyak tidur dapat menyebabkan beberapa penyakit yang perlu di waspadai.

Akibat terlalu banyak tidur dapat mengakibatkan penyakit ini - Akibat Terlalu Banyak Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Ini

Waktu tidur normal yang dibutuhkan tubuh adalah antara 6 sampai dengan 8 jam per hari. Jika anda memiliki waktu tidur melebihi waktu tersebut maka dikategorikan sebagai oversleeping atau terlalu banyak tidur. Biasanya tidur selama berjam-jam melebihi waktu normal dilakukan seseorang pada akhir pekan atau libur kerja.

Baca Juga : Penyakit Paru-Paru Basah, Kenali Gejala dan Penyebabnya Sejak Dini

Akibat Terlalu Banyak Tidur

Bagi anda yang memiliki waktu tidur terlalu lama, sebaiknya mulai sekarang hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Karena akibat terlalu banyak tidur akan menyebabkan beberapa penyakit berikut ini :

1. Penyakit Jantung

Tidur dengan durasi waktu berlebihan sangat beresiko terhadap kesehatan anda, terutama kesehatan jantung anda.



Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine hasilnya menunjukkan bahwa seseorang yang tidur dengan durasi lebih dari 9 jam memiliki resiko lebih tinggi terhadap kesehatan jantung, seperti penyakit gagal jantung.

Baca Juga : Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung

2. Kegemukan (Obesitas)

Tidur terlalu banyak dalam sehari tentu akan mengurangi waktu aktifitas fisik seseorang, sehingga tubuh hanya membakar kalori dalam jumlah sedikit. Resiko yang diakibatkan dari sedikitnya kalori yang terbakar, maka tubuh akan mengalami kegemukan.

Penelitian tersebut sudah dibuktikan oleh Sleep Research Society, bahwa seseorang yang tidur lebih dari 10 jam dalam sehari cenderung mengalami kegemukan dibandingkan dengan seseorang yang tidur hanya 6 sampai dengan 8 jam per hari.

Baca Juga : Diet Dengan Jenis Sayuran Ini Agar Cepat Langsing

3. Depresi

Akibat terlalu banyak tidur ternyata juga bisa menyebabkan depresi. Tubuh yang selalu merasa lesu dan malas untuk beranjak dari tempat tidur akan mengurangi aktifitas fisik yang berpengaruh terhadap tubuh dalam menghasilkan hormon endorphin. Hormon endorphin adalah pembunuh rasa sakit alami yang dihasilkan oleh otak, hormon ini juga dapat menimbulkan rasa senang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Psychiatry mengungkapkan bahwa durasi tidur yang melebihi 10 jam dapat mempengaruhi susasan hati seseorang. Salah satunya adalah depresi dan kecemasan berkepanjangan.

4. Kehilangan Konsentrasi

Mengutip dari hasil penilitian yang dilakukan oleh Journal of the American Geriatrics Society bahwa wanita yang memiliki durasi tidur melebihi 9 jam sehari akan mengalami penurunan fungsi kognitif dibandingkan dengan wanita yang tidur dengan durasi normal.

Jadi kemampuan konsentrasi anda akan hilang jika terlalu banyak tidur. Hal ini tentu akan mengganggu anda dalam beraktifitas di siang hari, terutama di kantor maupun di sekolahan.

5. Diabetes

Terlalu banyak tidur juga berpengaruh terhadap gangguan kadar glukosa atau kadar gula darah yang mengakibatkan resiko terkena penyakit diabetes.



Pernyataan tersebut sudah dibuktikan pada penelitian yang telah dilakukan oleh American Diabetes Association.

6. Sakit Kepala

Terlalu banyak tidur biasanya dilakukan seseorang ketika memasuki waktu libur atau akhir pekan. Kebiasaan ini akan mengakibatkan sakit kepala ketika anda bangun dari tempat tidur, terutama bagi anda yang pada hari-hari biasanya termasuk orang yang sedikit waktu tidur.

Baca Juga : Sering Sakit Kepala? Ini Penyebab Yang Perlu Dihindari

Hal ini terjadi karena terlalu banyak tidur dapat mempengaruhi kerja senyawa di dalam otak manusia.

Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan waktu tidur anda menjadi lebih normal agar tubuh anda tetap sehat dan tetap bugar dalam beraktifitas.

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini