Alasan Kenapa Perusahaanmu Membutuhkan Rack Server

0
5

Intanblog.com – Pernahkah kamu mendengar istilah rack server? Untuk kamu yang hendak merintis perusahaan, pernahkah kamu terpikir untuk menggunakan rack server? Tapi sebelumnya, apa sih rack server itu? Rack server adalah sebuah lemari yang khusus dirancang untuk menyimpan perangkat-perangkat yang berkaitan dengan jaringan, seperti misalnya komputer jaringan, HUB, dan switch. Rack server biasa diletakkan di dalam ruang server, yaitu sebuah ruangan yang menampung berbagai data yang berjalan melalui jaringan komputer. Meskipun harga rack server rata-rata dibanderol dengan harga yang cukup mahal, rack server dapat mengoptimalkan kinerja server perusahaan.

Alasan Kenapa Perusahaanmu Membutuhkan Rack Server

Itu hanyalah satu keuntungan dari penggunaan rack server. Biasanya, rack server merupakan aset penting bagi perusahaan yang mengharuskan pemakaian data yang tidak sedikit dalam operasi hariannya. Nah, sekarang, kamu harus tahu kenapa kamu perlu mempertimbangkan membeli rack server untuk perusahaanmu. Kira-kira ada apa aja, ya?

1. Perusahaan yang Terus Berkembang

Saat kamu baru merintis perusahaan, dengan pegawai yang masih sedikit, proses pengelolaan komputer dan IT mungkin masih terasa mudah. Saat hendak berbagi file dengan pegawai lain, kamu hanya perlu menggunakan USB Drive dan hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk memindahkan data. Namun, seiring berjalannya waktu, perusahaanmu akan terus mengalami perkembangan. Jumlah pegawai akan semakin banyak, dan kamu akan bekerja di sebuah kantor besar. Maka dari itu, kamu memerlukan server yang lebih besar untuk memudahkan pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan komputer yang lebih besar. Untuk menyimpan server tersebut, kamu tentunya memerlukan rack server agar pengelolaan menjadi lebih praktis.

Baca Juga :   4 Tips Aman Belanja di Situs Belanja Online

2. Kebutuhan akan Akses yang Aman

Kamu mungkin telah mengambil tindakan keamanan untuk menjaga agar jaringanmu tidak diakses oleh orang asing. Tapi, sudahkah kamu mengambil tindakan keamanan untuk menjaga orang asing dari mengakses jaringanmu secara langsung dari server? Meskipun kamu memiliki jaringan keamanan yang mumpuni, jika kamu tidak mengunci server, itu akan sama saja seperti memasang gembok besar di pintu, tetapi membiarkan jendela terbuka lebar. Rack server biasa menggunakan kunci panel untuk menjaga server dari orang asing. Bahkan ada pula rack server yang tersedia dengan kunci ganda apabila kamu ingin mengunci unit server tertentu.

3. Diperlukannya Akses Data yang Cepat

Baca Juga :   Cari Lowongan Bank BCA Untuk Bagian Marketing? Simak Tips Berikut

Kamu mungkin dapat mempertimbangkan untuk membeli rack server apabila perusahaanmu memiliki kebutuhan bandwidth yang tinggi seperti database. Salah satu perusahaan seperti ini adalah perusahaan yang menggunakan banyak video. Video merupakan salah satu aset digital terbesar yang digunakan perusahaan, terlebih lagi jika video tersebut memiliki resolusi 4k.

Kecepatan koneksi jaringan yang tidak terduga membuat pekerjaan yang melibatkan video ini untuk memakan waktu yang lama. Maka dari itu, penggunaan rack server yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan dapat mempermudah pengelolaan data berupa video tersebut

4. Perusahaan Tidak Memiliki Cadangan

Jika kamu tidak membuat cadangan untuk laptop atau desktop secara berkala, kamu dapat berisiko kehilangan data perusahaan yang penting. Perusahaan juga tidak dapat beroperasi dengan baik sampai data-data tersebut dapat dikumpulkan kembali. Oleh karena itu, dengan membangun server yang tersimpan di dalam rack server, kamu bisa secara otomotis membuat cadangan dari semua komputer ke HUB pusat, serta membuat cadangan server demi keamanan jaringan dalam jangka panjang.

Baca Juga :   Proses Audit Listrik dalam Perusahaan

Nah, itu dia 4 alasan kenapa perusahaan kamu harus banget untuk memasang rack server! Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli rack server yang sesuai dengan kebutuhan, dengan harga rack server yang bervariasi di berbagai toko elektronik. Mulai dari harga rack server 42U hingga harga rack server 32U, biasanya harga rack server akan mengikuti ukuran dan desainnya. Pilihlah rack server dengan bijak demi optimalisasi server yang lebih baik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here