Ambulan Untuk Antar Jenazah, Apakah Ditanggung BPJS Kesehatan?

0
1241

Bagi anda peserta BPJS Kesehatan tentu harus banyak memiliki informasi-informasi penting mengenai layanan BPJS kesehatan itu sendiri. Seperti mengenai informasi yang akan saya berikan kali ini terkait Ambulan untuk antar jenazah apakah biaya ditanggung  BPJS Kesehatan?

ambulan untuk antar jenazah apakah ditanggung bpjs kesehatan - Ambulan Untuk Antar Jenazah, Apakah Ditanggung BPJS Kesehatan?

Ambulan Untuk Antar Jenazah, Apakah Ditanggung BPJS Kesehatan?



Mobil ambulan adalah salah satu fasilitas layanan transportasi yang diberikan oleh pihak Rumah sakit kepada pasien dalam kondisi tertentu guna untuk kepentingan keselamatan pasien. Yang banyak menjadi pertanyaan bagi para peserta BPJS kesehatan adalah kondisi seperti apa saja pasien akan mendapatkan fasilitas Ambulan yang ditanggung BPJS kesehatan?

Baca Juga : Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota, Pengalaman pribadi

Fasilitas Ambulan Yang Ditanggung BPJS kesehatan

BPJS Kesehatan memberikan fasilitas Ambulan ketika pasien menjalani rujukan antar fasilitas Kesehatan ( faskes ), hal ini sebagai upaya untuk menjaga keselamatan pasien. Ketentuan penggunaan fasilitas mobil Ambulan telah tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 71 Tahun 2013 Pasal 29.

Kriteria pasien yang diberikan fasilitas layanan mobil Ambulan oleh BPJS kesehatan adalah peserta dalam kondisi tertentu berdasarkan rekomendasi medis dari Dokter yang menangani pasien tersebut.

Berikut ini beberapa fasilitas layanan mobil Ambulan yang diberikan kepada pasien peserta BPJS kesehatan atas rujukan antar faskes:

  • Antar Fasilitas Kesehatan tingkat pertama ( faskes 1 )
  • Dari Faskes 1 menuju Faskes Rujukan ( Rumah sakit mitra BPJS Kesehatan)
  • Antar Faskes Rujukan Sekunder
  • Dari Faskes Rujukan Sekunder menuju faskes Rujukan Tersier
  • Antar Faskes Rujukan Tersier
  • Dan Rujukan balik menuju Faskes dengan tipe di bawahnya
Baca Juga : Bagaimana Prosedur dan Jenis Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Fasilitas Ambulan Yang Tidak Ditanggung BPJS kesehatan



BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biaya layanan Ambulan selain yang sudah saya sebutkan di atas. Untuk memperjelas ketentuan tersebut, berikut ini beberapa layanan Ambulan yang tidak ditanggung oleh BPJS kesehatan :

  • Jemput pasien selain dari Fasilitas Kesehatan ( Faskes ), contoh jemput pasien dari rumah.
  • Mengantar pasien menuju tempat selain Faskes, contoh antar pasien ke rumah.
  • Untuk kejadian kecelakaan, baik di tempat kerja, di rumah maupun kecelakaan lalu lintas.
  • Mengantar Jenazah ke rumah Duka
Baca Juga : Operasi Caesar Dengan BPJS Kesehatan : Berapa Biaya Yang Ditanggung?

Kesimpulan

BPJS Kesehatan selaku Badan Pelaksana Jaminan Sosial dibawah Presiden langsung tentu memiliki prosedur yang wajib dijalankan oleh pesertanya dengan tujuan terlaksananya program tersebut dengan baik.

Seperti halnya dengan prosedur fasilitas layanan mobil Ambulan yang ditanggung BPJS kesehatan juga memiliki prosedur. Jika peserta menggunakan layanan tersebut di luar prosedur dan ketentuan yang berlaku, tentu hal itu bukan menjadi tanggungan BPJS kesehatan.

Baca Juga : Apakah Prothesa Gigi atau Gigi Palsu Ditanggung BPJS Kesehatan?

Termasuk fasilitas layanan Ambulan untuk antar jenazah, ini bukan termasuk fasilitas Ambulan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan karena di luar prosedur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini