Apa Itu Aplikasi Youtube Kids? Apa Manfaatnya?

0
288

Anda tentu tidak asing jika mendengar tentang aplikasi Youtube bukan? Aplikasi Youtube adalah sebuah aplikasi buatan Google yang menyediakan berbagai macam video share dari pengguna yang bisa ditonton oleh siapapun. Menariknya, ternyata Google juga telah meluncurkan aplikasi Youtube kids untuk masyarakat Indonesia. Lalu apa itu aplikasi Youtube kids?

Apa itu Youtube kids - Apa Itu Aplikasi Youtube Kids? Apa Manfaatnya?

Tidak bisa dipungkiri mayoritas pengguna internet saat ini memang menyukai konten video pada aplikasi Youtube, karena berguna untuk mencari informasi-informasi penting. Selain itu, Youtube juga bisa digunakan sebagai media hiburan dengan memilih konten-konten kesukaan yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube Melalui Smartphone Android

Apa Itu Aplikasi Youtube Kids?

Semakin majunya teknologi gadget dan internet saat ini, bahkan penggunanya sudah mulai merambah pada anak-anak di bawah umur. Konten video pada aplikasi Youtube merupakan salah satu hidangan favorit bagi anak-anak di bawah umur selain permainan. Bahkan banyak orang tua yang merasa khawatir ketika anak sedang menikmati konten video Youtube, pasalnya tidak semua konten di Youtube termasuk ramah anak.



Rupanya kekhawatiran kebanyakan orang tua saat ini sudah bisa terobati, pasalnya Google telah meluncurkan aplikasi Youtube yang ramah anak yaitu aplikasi Youtube kids. Apa itu aplikasi Youtube kids?

Aplikasi Youtube kids adalah aplikasi yang sama dengan aplikasi Youtube biasa, hanya saja konten-konten yang tersedia di dalamnya sangat ramah anak. Youtube kids menawarkan berbagai channel yang bermanfaat dan mengedukasi anak-anak antara lain seperti Seni dan kerajinan, Musik, Olahraga, Pembelajaran, dan sebagainya.

Aplikasi Youtube kids memberikan akses pada orang tua untuk mengontrol konten video untuk anak-anaknya sesuai dengan umur dan pengalaman edukasi. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir anak-anaknya akan menonton konten video yang tidak sesuai dengan umurnya.

Desain Youtube kids memang dikhususkan bagi anak-anak dengan tampilan yang cerah untuk memudahkan mengakses video-video terbaru di kids TV Indonesia. Tersedia juga channel National Geographic Kids yang isinya tentang kehidupan fauna, serta video-video favorit anak dari channel Kastari dan Keira Charma.

Youtube kids sendiri sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2015 silam, hanya saja baru bisa diakses di Indonesia mulai tanggal 6 September 2018. Silahkan unduh aplikasi Youtube kids di Google Playstore (Android) dan Appstore (iOS).

Baca Juga : Aplikasi Youtube Go Sudah Final, Nonton Video Youtube Jadi Hemat Data

Saat pertama membuka aplikasi,  Youtube kids akan meminta anda untuk memasukkan tahun kelahiran anda sebagai orang tua. Kemudian memasukkan bulan dan tahun kelahiran anak beserta nama depan anak anda. Data ini sebagai profil akun Youtube kids anak anda dan untuk memudahkan sistem menyediakan konten-konten video yang sesuai dengan usia anak.

Konten Aplikasi Youtube Kids

Berikut ini beberapa menu konten yang tersedia pada aplikasi Youtube Kids yang memang sangat ramah anak :

1. Musik

Apa itu aplikasi youtube kids - Apa Itu Aplikasi Youtube Kids? Apa Manfaatnya?

Yang pertama, pada tampilan muka aplikasi Youtube kids anda bisa melihat menu Musik. Pada menu musik ini tersedia berbagai channel yang berisi tentang nyanyian anak-anak dengan konten yang menarik dan menyenangkan. Saya yakin anak anda akan merasa senang dengan konten musik yang ada di aplikasi Yotube kids.

2. Jelajahi

Apa itu aplikasi youtube kids 2 1 - Apa Itu Aplikasi Youtube Kids? Apa Manfaatnya?

Kemudian terdapat juga menu Jelajahi yang berisi tentang konten video untuk menambah wawasan baru bagi anak. Konten disajikan dengan gaya khas anak-anak yang mudah dipahami dan tentu menyenangkan.

3. Pelajaran

Apa itu aplikasi youtube kids 2 - Apa Itu Aplikasi Youtube Kids? Apa Manfaatnya?

Pada menu Pelajaran tersedia berbagai konten menarik untuk media belajar anak seperti belajar menulis, mewarnai, berhitung, dan lain sebagainya sesuai dengan usia anak.

Baca Juga : Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik dan Gratis

4. Acara

Apa itu aplikasi youtube kids 1 - Apa Itu Aplikasi Youtube Kids? Apa Manfaatnya?

Konten yang tersedia pada menu acara tidak kalah menarik dan menyenangkan. Anak akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru melalui konten-konten yang mereka tonton.

Untuk menghemat kuota internet seperti halnya aplikasi Youtube biasa, pada aplikasi Youtube kids juga terdapat fitur untuk menonton video secara offline. Artinya video yang telah dipilih bisa ditonton kembali di lain waktu meskipun tanpa koneksi internet. Caranya klik tombol tiga titik pada video yang dipilih, lalu klik tonton offline.

Dengan adanya aplikasi Youtube kids tentu orang tua tidak perlu khawatir dengan tontonan yang dinikmati anak-anaknya karena Youtube kids menyediakan konten yang positif dan bermanfaat bagi anak untuk belajar dan bersenang-senang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here