Apa Itu Bursa Efek Indonesia?

0
135

Intanblog.com – Dalam dunia bisnis dan investasi online kita pasti sering mendengar istilah bursa efek. Kanal berita online maupun televisi juga sering mengulas berita mengenai perkembangan bursa efek di Indonesia. Namun bagi orang awam atau pemula yang masih dalam tahap belajar mengenal dunia bisnis dan investasi online tentu merasa asing dengan istilah bursa efek. Lalu apa itu bursa efek Indonesia?

Apa itu Bursa Efek Indonesia atau BEI

Pengertian menurut Undang-Undang No. 8 tahun 1995, Bursa Efek Indonesia adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem juga sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka. Bursa Efek Indonesia sering disebut juga dengan BEI atau istilah asingnya adalah Indonesia Stock Exchange (IDX).

Baca Juga :   Tips Investasi Emas : Kapan Sebaiknya Menjual Emas?

Apa Itu Bursa Efek Indonesia?

Mungkin dengan pengertian bursa efek Indonesia yang dikutip dari Undang-Undang tersebut menurut anda masih membingungkan. Mari kita jabarkan penjelasannya secara mendetail agar anda semakin paham.

Bursa jika digambarkan dalam dunia nyata adalah sebuah pasar tradisional atau tempat yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Di lokasi ini banyak terjadi transaksi finansial jual beli barang yang melibatkan penjual sebagai penyedia barang, dan pembeli sebagai konsumen.

Sedangkan Efek jika digambarkan dalam dunia nyata adalah sebagai barang dagangan atau barang yang dijual. Jika di pasar tradisional maka efek bisa dicontohkan sebagai sayuran, buah-buahan, bumbu, pakaian, dan lain sebagainya yang disediakan oleh penjual.

Baca Juga :   Mengapa Sistem Informasi Penting Untuk Bisnis?

Kemudian untuk pedagangnya, jika di dalam bursa efek disebut dengan Sekuritas atau Perusahaan efek. Sekuritas ini yang menjajakan produknya untuk dibeli oleh konsumen sebagai produk investasi. Produk yang disediakan anatara lain saham, obligasi, surat pengakuan utang, dll.

Jika dibandingkan dengan pasar tradisional, bursa efek sama-sama sebagai penyedia tempat atau sarana untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Bedanya, jika di pasar tradisional barang yang dijual adalah barang fisik seperti sayuran, buah-buahan, beras, dan lain sebagainya. Sedangkan di bursa efek adalah produk non fisik seperti saham, obligasi, surat pengakuan utang, dll.

Jadi singkatnya, Bursa Efek Indonesia adalah sebuah sarana yang didesain sebagai tempat jual beli produk non fisik seperti saham, obligasi, surat pengakuan utang dan lain-lain.

Baca Juga :   Belanja Online di Shopee Kena Pajak 10%, Ini Jenis Produknya

Bursa Efek Indonesia beroperasi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1, Lantai 6. Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan 12190, Indonesia. Situs resminya di https://www.idx.co.id/.

Itulah pengertian singkat mengenai apa itu Bursa Efek Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BEI atau IDX.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here