Apa Itu e-SIM? Apa Kelebihan e-SIM Pada Smartphone?

0
240

Kemajuan industri teknologi semakin banyak memunculkan inovasi-inovasi canggih dan modern yang secara langsung dapat menguntungkan penggunanya. Seperti yang kita ketahui pertumbuhan teknologi smartphone paling banyak menelurkan inovasi-inovasi baru. Salah satunya adalah teknologi e-SIM yang mulai diterapkan pada smartphone terkini. Sebenarnya apa itu e-SIM? Apa kelebihannya dan bagaimana cara kerja e-SIM pada smartphone?

Apa itu e SIM - Apa Itu e-SIM? Apa Kelebihan e-SIM Pada Smartphone?

Mungkin anda pernah mendengar berita bahwa iPhone XS dan iPhone XS Max yang belum lama ini dirilis rupanya sudah mengadopsi teknologi e-SIM. Banyak pihak yang memprediksikan bahwa kedepannya teknologi e-SIM akan sepenuhnya diaplikasikan pada semua produk smartphone keluaran terbaru. Tentu ini merupakan kabar bagus karena teknologi e-SIM sendiri dinilai bakal memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan SIM Fisik yang selama ini digunakan.

Baca Juga : Apa Itu Teknologi AI Dan Kegunaannya Pada Smartphone?

Apa Itu e-SIM?

Apa itu e-SIM? e-SIM atau elektronik SIM adalah Subscriber Identification Module yang tertanam pada sebuah perangkat namun tanpa bentuk fisik dan lebih dikenal dengan embedded SIM.



e-SIM sendiri adalah sebuah inovasi kemajuan teknologi yang akan menggantikan SIM fisik dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. Teknologi e-SIM pertama kali diperkenalkan ke publik pada gelaran Computex tahun 2017 yang disematkan pada beberapa perangkat seperti Laptop, smartphone, IoT (Internet of Things), dan wearable device.

Saat ini SIM fisik yang kita kenal dan masih digunakan terbagi menjadi beberapa jenis atau ukuran antara lain makro, mikro, dan nano. Kartu SIM sendiri merupakan sebuah lempengan dengan dimensi tertentu berbasis logam pembalut (emas, perak atau logam konduktor lainnya). Kartu SIM menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk proses otentifikasi  dan identifikasi pengguna.

Sedangkan dengan e-SIM, anda tidak akan melihat bentuk fisik dari SIM tersebut karena bentuknya virtual dan tertanam di dalam smartphone. Selain itu, berbeda dengan SIM fisik yang bisa dipasang dan dilepas, e-SIM tidak bisa dilepas atau akan tertanam selamanya di dalam smartphone.

Baca Juga : Smartfren Luncurkan Wi-Box 4G Home Internet, Apa Kelebihannya?

Kelebihan e-SIM Dibanding Kartu SIM Fisik

Dengan fitur e-SIM yang tertanam pada smartphone, maka pengguna akan lebih mudah beralih operator tanpa perlu bongkar pasang kartu seperti halnya kartu SIM fisik. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi pengguna smartphone yang hobinya gonta ganti operator, khususnya yang hanya membutuhkan untuk sekedar koneksi internet saja.

Berikut ini beberapa alasan yang mendasari bahwa e-SIM akan lebih baik dibandingkan dengan kartu SIM fisik :

  • Mudah Gonta ganti Operator
  • Menghindari biaya roaming
  • Berbagi paket data internet
  • Merangsang inovasi tipe dan fleksibilitas paket data
  • Menghemat uang
  • Menghubungkan banyak perangkat
  • Semua dapat terhubung
  • Membuat smartphone menjadi lebih kecil dan ringan

Informasi terbaru, Apple dan Samsung telah menjalin kerja sama dengan pihak GSMA (Group Spesiale Mobile Association) untuk menanamkan e-SIM ke dalam berbagai perangkat buatannya. Baru-baru ini juga ada salah satu merk smartphone yang telah merilis untuk pasar Indonesia yaitu Wiko Tommy 3, dimana ponsel tersebut sudah mengaplikasikan teknologi e-SIM.

Teknologi e-SIM Akan Menjadi Teknologi Canggih Yang Menguntungkan

Melihat dari berbagai sumber, teknologi e-SIM ini akan banyak digunakan oleh berbagai merk smartphone ternama mulai tahun depan. Hal ini bukan hal yang mustahil karena jika dibandingkan dengan SIM fisik yang selama ini digunakan, e-SIM jelas lebih unggul dalam berbagai hal. Terutama dalam hal fleksibilitas, kemudahan, dan tentu dalam hal hemat biaya bagi pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here