Apa Itu Google Stadia? Platform Terbaru Milik Google Yang Menghebohkan

0
63

Perusahaan raksasa teknologi Google pada event Game Developers Conference (GDC) yang digelar di San Francisco tanggal 19 Maret 2019 mengumumkan sebuah platform terbarunya dengan nama Google Stadia. Pengumuman tersebut sontak menghebohkan seluruh media online di seluruh dunia, pasalnya Google Stadia disinyalir bakal menjadi sebuah platform yang akan sangat diminati banyak pengguna. Lalu apa itu Google Stadia?

Apa Itu Google Stadia? Platform Terbaru Milik Google Yang Menghebohkan

Secara garis besar, Google Stadia merupakan sebuah layanan Cloud Gaming yang memungkinkan para Gamers memainkan sebuah game secara streaming. Jika kebanyakan saat ini pengguna bermain game harus memerlukan Game konsol maupun sebuah perangkat PC dengan spesifikasi yang mumpuni, namun dengan Google Stadia pengguna tidak perlu itu.

Apa Itu Google Stadia - Apa Itu Google Stadia? Platform Terbaru Milik Google Yang Menghebohkan

Melalui layanan ini, memungkinkan anda bermain video games menjadi lebih seru dan mudah karena games yang anda mainkan dijalankan melalui Cloud (Server) yang disediakan oleh Google. Melalui Google Stadia, gamers bisa memainkan berbagai permainan video games favorit dengan menggunakan perangkat Laptop, PC Desktop, Smart TV, Tablet, bahkan Smartphone.

Peluncuran perdana layanan Cloud Gaming besutan Google tersebut rencananya akan mulai tersedia di Kanada, Inggris, dan Eropa pada tahun 2019 ini. Namun pihak Google belum mengumumkan secara resmi kapan tanggal pastinya Google Stadia akan dirilis ke publik.

Baca Juga : Google Plus Tutup Usia Mulai 2 April 2019, Ini Alasannya

Dukungan Resolusi Video Game di Google Stadia

Karena layanan Google Stadia merupakan Cloud Gaming, maka pengguna membutuhkan koneksi internet kecepatan tinggi yang stabil. Hal ini untuk menghindari masalah ketika memainkan game seperti lag atau patah-patah.

Informasinya, Stadia mendukung resolusi mencapai 4K (Ultra HD) 3840×2160/4096×2160 dengan jumlah Frames Per Second (FPS) sebesar 60. Jika pengguna menginginkan memainkan game dengan resolusi tersebut maka diperkirakan membutuhkan kecepatan internet sekitar 25 Mbps.

Namun jika koneksi internet di lokasi atau pada negara tertentu belum mencapai kecepatan di atas, maka bisa menggunakan resolusi yang lebih kecil seperti 1080p atau 720p. Itu artinya pengguna bisa memainkan video games berat maupun ringan sekalipun asalkan koneksi internet stabil dan memadai.

Apa itu Google Stadia - Apa Itu Google Stadia? Platform Terbaru Milik Google Yang Menghebohkan

Google sendiri mengklaim setiap server Stadia menggunakan prosesor x86 dengan kecepatan 2,7 GHz dengan RAM 16 GB. Server tersebut juga didukung oleh GPU milik AMD yang memiliki kemampuan komputasi mencapai 10,7 teraflops. Sebagai catatan, perangkat konsol seperti Xbox memiliki kemampuan komputasi sebesar 6 teraflops dan 4,2 teraflops untuk PS4 Pro.

Dengan demikian, setiap server yang tersedia di Stadia cukup mumpuni untuk menjalankan game-game berat sekalipun tanpa hambatan. Kedepannya, Google juga akan menambah resolusi yang lebih besar lagi mencapai 8K dengan 120 FPS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here