Apa Itu Harbolnas 2018? Sejarah, Pelopor, dan Apa Tujuannya?

0
237

Intanblog.com – Memasuki bulan Desember berbagai platform industri e-Commerce di Indonesia berlomba-lomba memberikan diskon besar-besaran serta hadiah menarik tidak seperti bulan-bulan lainnya. Konon katanya, di bulan Desember ada sebuah event besar  khusus untuk e-Commerce di Indonesia yang dinamakan Harbolnas. Tahukah anda apa itu Harbolnas?

Apa itu Harbolnas compressed - Apa Itu Harbolnas 2018? Sejarah, Pelopor, dan Apa Tujuannya?

Sebelum membahas mengenai pengertian Harbolnas serta sejarahnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu e-Commerce. Semakin pesatnya perkembangan dunia digital seperti sekarang ini maka memaksa masyarakat untuk mulai beralih dari kebiasaan lama yang serba tradisional menuju kebiasaan baru yang serba online.

Karena perubahan inilah maka mulai muncul satu per satu bisnis e-Commerce atau yang biasa dikenal dengan toko online atau sebuah situs online yang menyediakan berbagai macam produk, dimana transaksinya dilakukan secara elektronik atau online. Contoh beberapa Perusahaan e-Commerce di Indonesia saat ini adalah Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, JD.id, Blibli, dll.

Baca Juga : Aplikasi Tokopedia Menjadi Aplikasi Terbaik 2018 Pilihan Pengguna

Apa Itu Harbolnas? Seperti Apa Sejarahnya?

Apa Itu Harbolnas? Hari Belanja Online Nasional atau disingkat dengan Harbolnas adalah sebuah hari perayaan tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa pelaku bisnis e-Commerce di Indonesia. Dikutip dari Wkipedia, Harbolnas pertama kali digelar pada tahun 2012 dan dipelopori oleh beberapa Perusahaan e-Commerce di Indonesia yang tergabung di dalam Asosiasi e-Commerce Indonesia (IdeA) seperti Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.



Hajatan online ini pada tahun berikutnya yakni tahun 2013 pesertanya meningkat dengan diikuti oleh 22 Perusahaan e-Commerce, tahun 2014 diikuti oleh 78 Perusahaan e-Commerce, tahun 2015 diikuti oleh 140 Perusahaan e-Commerce, tahun 2016 diikuti oleh 200 Perusahaan e-Commerce, 2017 diikuti oleh 254 Perusahaan e-Commerce, dan pada tahun 2018 ini akan diikuti oleh 300 Perusahaan e-Commerce di Indonesia.

Jika melihat dari data di atas maka dari tahun ke tahun peserta Harbolnas semakin bertambah jumlahnya. Itu artinya perkembangan bisnis e-Commerce di Indonesia semakin tahun terus mengalami peningkatan. Maka bukan hal yang aneh jika Harbolnas dari tahun ke tahun semakin meriah dan semakin memanjakan konsumen online Indonesia.

Hari Belanja Online Nasional ini jatuh pada hari puncaknya yaitu tanggal 12 Desember setiap tahunnya, dan dikenal juga dengan istilah dua belas dua belas (12.12). Konsumen akan dimanjakan dengan berbagai penawaran promo-promo menggiurkan, bahkan diskon bisa mencapai 95%. Sesuai dengan namanya, perayaan ini hanya dikhususkan bagi konsumen yang melakukan belanja online pada beberapa e-Commerce peserta Harbolnas.

Selain diselenggarakan oleh beberapa Perusahaan e-Commerce, event perayaan ini juga didukung oleh berbagai mitra yang bekerja sama seperti Perusahaan Telekomunikasi, Media, Logistik, Perbankan, bahkan didukung oleh tiga kementerian sekaligus yakni kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Kominfo.

Baca Juga : Latar Belakang Berdirinya Bukalapak Sebagai 4 Besar Unicorn di Indonesia

Tujuan Diselenggarakan Harbolnas

Event Harbolnas awalnya diselenggarakan adalah dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai belanja online yang mudah, aman, dan nyaman. Rupanya event ini memberikan efek positif terhadap masyarakat yang semakin percaya untuk bertransaksi online melalui Perusahaan e-Commerce di Indonesia.

Selain untuk mengedukasi mayarakat mengenai belanja online, Harbolnas juga sebagai perayaan tahunan untuk memajukan bisnis e-Commerce di Indonesia. Hal ini sangat masuk akal karena Indonesia termasuk negara dengan perkembangan pengguna internet paling pesat di dunia. Jadi Indonesia memiliki peluang sangat besar untuk memajukan industri e-Commerce dan memajukan produsen produk lokal seperti UMKM dan lainnya.

Promo besar-besaran pada event Harbolnas menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan minat masyarakat dalam belanja online. Setiap tahunnya Harbolnas selalu dinantikan masyarakat yang sangat menantikan produk impiannya diberikan diskon besar-besaran. Sehingga Harbolnas menjadi perayaan Cyber sale terbesar di Indonesia saat ini.



Pesta belanja online ini sebenarnya sudah mulai dibuka sejak bulan September, hanya saja puncak perayaannya berada di tanggal 11 hingga 12 Desember. Pada tahun 2018, event Harbolnas akan berkomitmen mempromosikan produk-produk lokal dengan tujuan untuk memberikan UMKM di Indonesia merasakan keuntungan dan manfaat dari perdagangan online. Penjualan khusus produk lokal akan dilakukan selama 24 jam pada tanggal 11 Desember.

Baca Juga : Belanja Online Melalui Aplikasi Tokopedia Dapat Cashback 50%

Harbolnas Menjadi Ajang Perayaan Belanja Online Terbesar di Indonesia

Hari Belanja Online Nasional yang awalnya dipelopori oleh enam Perusahaan e-Commerce Indonesia seperti Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak ini berhasil menarik banyak minat konsumen untuk transaksi belanja online. Pencapaian ini hingga akhirnya menjadikan Harbolnas sebagai ajang perayaan belanja online terbesar di Indonesia yang selalu dinanti-nanti setiap tahunnya.

Semoga artikel yang memuat penjelasan mengenai apa itu Harbolnas juga bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan bagi anda. Selamat berburu produk diskon di event Harbolnas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here