Apa Itu Indodax Community Coin Voting? Seperti Apa Mekanismenya?

2
865

Indodax sebagai marketplace digital aset exchange yang sebelumnya bernama Bitcoin Indonesia baru-baru ini memperkenalkan program baru yang dinamakan community coin voting. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pihak Indodax untuk menjadikan Indodax memiliki lebih banyak lagi jenis cryptocurrency berkualitas yang bisa ditukarkan oleh seluruh member. Apa itu Indodax community coin voting dan seperti apa mekanismenya.

Apa itu indodax community coin voting - Apa Itu Indodax Community Coin Voting? Seperti Apa Mekanismenya?

Seperti yang sudah dijelaskan Oscar bahwa setelah Bitcoin Indonesia berganti nama menjadi Indodax, Ia memiliki tujuan menambah lebih banyak lagi jenis cryptocurrency yang bisa ditukarkan di dalamnya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut ternyata Oscar membuat program baru dengan mengikutsertakan pelanggan Indodax untuk berpartisipasi dalam menentukan jenis crypto apa yang cocok masuk di Indodax melalui jalur voting.

Baca Juga : Bitcoin Indonesia Berganti Nama Menjadi Indodax Per 14 Maret 2018

Apa Itu Indodax Community Coin Voting

Indodax community coin voting adalah sebuah program dari Indodax untuk menentukan jenis cryptocurrency baru yang akan dimasukkan di dalam platform Indodax. Program ini sesuai dengan namanya akan dilakukan melalui cara voting yang bisa diikuti oleh seluruh pelanggan Indodax.

Jadi program ini akan terdiri dari dua pihak yaitu member yang mendaftarkan coin/token (developer) dan ada juga voter atau member yang memberikan voting terhadap jenis crypto yang di daftarkan oleh developernya.



Nantinya untuk setiap program voting akan dimulai pada periode yang ditentukan oleh pihak Indodax, dimana untuk setiap periodenya hanya akan ada satu jenis cryptocurrency yang berhak masuk di dalam platform Indodax. Tentunya yang berhak adalah coin yang memiliki voter dan penilaian terbanyak. Untuk penilaiannya nanti akan dijelaskan di bawah.

Baca Juga : Warna Username Member INDODAX Berbeda Di Chatroom, Apa Artinya?

Mekanisme Program Indodax Community Coin Voting

Tentunya program ini akan terasa hambar jika anda sebagai member Indodax belum paham bagaimana mekanisme untuk ikut berpartisipasi. Berikut ini urutan-urutan program Indodax Community coin voting :

  1. Pendaftaran coin/token
  2. Security deposit
  3. Moderasi
  4. Community voting
  5. Penilaian

Untuk lebih jelasnya mengenai urutan-urutan tersebut, anda bisa membaca penjelasannya di bawah ini.

1. Pendaftaran Coin atau Token (Cryptocurrency)

Dalam tahapan ini tentu menjadi kepentingan dari para developer coin/token yang menginginkan crypto miliknya dapat masuk di dalam platform Indodax. Proses yang pertama yaitu harus mendaftarkan terlebih dahulu coin/token yang mereka miliki dengan ketentuan :

  • Pendaftaran pada hari Senin, 23 April 2018 (00:00 wib) – Minggu 30 April 2018 (00:00 wib)
  • Pendaftaran coin/token hanya bagi member Indodax yang terverifikasi
  • Biaya pendaftaran sebesar 100 TEN yang akan dipotong dari saldo member
  • Siapkan detail tentang coin/token yang akan didaftarkan seperti logo, team, whitepaper, anggota team, dsb.
  • Pada hari Senin, 23 April 2018 (00:00 wib) akan muncul menu baru yaitu Community Coin Voting yang digunakan untuk program tersebut

2. Security Deposit

Security deposit disini merupakan sebuah jaminan yang diberikan oleh pendaftar atau developer terhadap coin/token yang akan didaftarkan. Artinya pendaftar wajib memberikan sejumlah token TEN sebagai jaminan atau security deposit, dimana jumlahnya ditentukan sendiri oleh pendaftar.

Jumlah TEN yang dijaminkan digunakan sebagai proteksi atau keamanan dan meyakinkan kepada seluruh member bahwa coin/token tersebut akan berjalan lancar minimal 1 tahun kedepan.

Jika karena sesuatu hal coin/token yang tersebut bermasalah seperti team bubar, permintaan delisting, likuiditas kecil, terjadi chain-split, melanggar, dll) maka security deposit akan dibayarkan kepada member yang masih memiliki coin/token tersebut secara pro-rata.

Security deposit ini nantinya sebagai salah satu faktor penentu terhadap penilaian voting yang diperoleh. Jadi semakin besar jumlah security depositnya maka semakin besar pula peluang coin/token yang didaftarkan menang voting.

Berikut ini ketentuan tentang security deposit :

  • Jumlah security deposit dibayarkan menggunakan token Tokenomy (TEN)
  • Jumlah security deposit bisa ditambah paling lambat 24 jam sebelum periode voting berakhir
  • Coin/token yang tidak memenangkan posisi pertama dalam 2 periode berturut-turut, maka jumlah security deposit akan dikembalikan kepada pendaftar
  • Jika dalam jangka waktu 1 tahun setelah periode voting berakhir, coin/token pemenang tidak bermasalah maka security deposit akan dikembalikan kepada pendaftar
Baca Juga : Jadwal Penjualan ICO Vexanium Dan Tanggal Distribusinya

3. Moderasi

Proses pendaftaran coin/token akan melalui tahapan moderasi oleh pihak Indodax sebelum benar-benar layak untuk berpartisipasi pada program Community coin voting. Indodax berhak menolak pendaftaran coin/token yang melanggar ketentuan secara sepihak.



Jika pendaftaran ditolak, maka security deposit akan dikembalikan kepada pendaftar. Namun untuk biaya pendaftaran sebesar 100 TEN tidak dikembalikan kepada pendaftar.

4. Community Coin Voting

Community coin voting akan dimulai pada Senin 30 April 2018 (10:00 wib) – 7 Mei 2018 10:00 (wib). Pada tahapan ini seluruh member Indodax (terverifikasi) bisa berpartisipasi untuk memberikan voting terhadap coin/token yang difavoritkan.

Berikut ini ketentuan bagi member yang akan mengikuti Community coin voting :

  • Setiap 1 vote yang diberikan memerlukan 0.1 TEN
  • Setiap member bisa memberikan vote tanpa ada batasan maksimal
  • Member juga bisa memberikan vote ke lebih dari 1 coin/token yang terdaftar
  • Vote tidak bisa dibatalkan
Baca Juga : Apa Itu Redblue Autotrade Cryptocurrency?

5. Penilaian

Inilah tahap penentuan dalam program Indodax community coin voting yang akan menentukan 1 coin/token pemenang voting yang berhak masuk di dalam platform Indodax. Untuk penilaiannya akan ditentukan menggunakan rumus sebagai berikut :

Score = (Jumlah TEN voting x 90%) + (Jumlah TEN security deposit x 10%)

Contoh : Coin terdaftar memperoleh 5.000.000 vote dan memiliki security deposit sebesar 100.000 TEN. Maka perhitungan score coin tersebut adalah :

(5.000.000 x 0.1 TEN x 90%) + (100.000 x 10%) = 460.000

Jadi coin tersebut memperoleh score 460.000.

Dari sekian coin/token yang mengikuti voting, maka pemenang akan ditentukan dengan score penilaian yang tertinggi.

Tujuan Indodax Community Coin Voting

Sesuai dengan informasi yang saya peroleh bahwa pihak Indodax memang banyak menerima masukan dari para member yang menginginkan penambahan coin/token baru untuk dimasukkan di dalam platform Indodax. Namun dalam menentukan coin mana yang tepat untuk dimasukkan ke dalam Indodax, mereka memiliki ketentuan tersendiri. Oleh karena itu tidak sembarangan memasukkan jenis coin baru sesuai permintaan member.

Namun pihak Indodax bukan tidak peduli dengan masukan dari para member, untuk memberikan solusi tersebut dan sebagai apresiasi terhadap membernya maka pihak Indodax meluncurkan program Indodax Community coin voting untuk menentukan coin mana yang layak menurut permintaan member.

Tujuannya jelas untuk memberikan keamanan dan kenyamanan member dalam melakukan jual beli. Selain itu melalui program ini, diharapkan Indodax selalu memberikan coin-coin yang berkualitas untuk diperdagangkan sesuai dengan permintaan member.

Itulah penjelasan tentang apa itu Indodax community coin voting serta mekanisme yang perlu diketahui oleh anda sebagai member Indodax. Semoga bermanfaat!

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini