Apa Itu Influencer Marketing : Pengertian, Keuntungan, dan Tips Sukses

0
2

Strategi marketing atau pemasaran bisnis saat ini memang bisa dilakukan melalui beragam cara, mulai dari pemasaran melalui media offline hingga online. Bahkan yang semakin meningkat dan banyak disukai pelaku bisnis yaitu pemasaran melalui strategi influencer marketing. Cara ini dinilai lebih efektif serta efisien dibandingkan dengan pemasaran menggunakan media televisi (TV). Lalu apa itu influencer marketing?

Apa Itu Influencer?

Sebelum menjelaskan lebih jauh mengenai influencer marketing, sebaiknya kenali dulu apa itu influencer. Pengertian influencer adalah seseorang yang memiliki follower atau pengikut di media sosial dengan jumlah banyak serta orang tersebut cukup berpengaruh terhadap followernya tersebut. Seorang influencer biasanya adalah seorang artis, selebgram, youtuber, blogger, atau selebriti internet lainnya.

Para selebriti internet tersebut umumnya memiliki jumlah follower atau pengikut dikisaran puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan hingga jutaan. Orang tertarik untuk menjadi pengikutnya di akun media sosialnya karena beberapa hal antara lain karena profesinya, penasaran dengan rutinitas kesehariannya, kontennya menarik, punya kepribadian yang unik (humoris), maupun karena fisiknya yang menarik perhatian.

 Apa Itu Influencer Marketing?

Sedangkan pengertian Influencer Marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan melalui media online dengan bantuan seorang influencer media sosial seperti Twitter, Instagram, Youtube, maupun blog.

Influencer dipilih karena mereka cukup berpengaruh terhadap followernya di media sosial, sehingga setiap status atau story yang diunggahnya akan dilihat atau disukai banyak orang. Bahkan apa yang dipakai seorang influencer biasanya juga akan diikuti oleh followernya tersebut. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang Influencer untuk disewa menjadi bintang iklan di internet.

Seorang Influencer akan mendapatkan tawaran dari pelaku bisnis untuk membantu mempromosikan produk atau jasa yang mereka miliki. Setiap influencer biasanya memiliki gaya masing-masing dalam mengupdate status, misal sering update cara make-up, bermain game, traveling, kuliner, atau kebiasaan lainnya. Oleh karenanya Perusahaan atau pelaku bisnis akan memilih Influencer yang menurutnya cocok atau sejalan dengan produk/jasa yang mereka tawarkan.

Sebagai contoh, Amir adalah seorang Influencer Instagram yang hobinya kuliner dan selalu posting status mengenai kesehariannya berburu kuliner. Maka Amir biasanya akan mendapatkan tawaran untuk mempromosikan sebuah tempat kuliner atau produk makanan milik pelaku bisnis. Amir juga akan mendapatkan bayaran dari pelaku bisnis tersebut dengan nominal sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Baca Juga : Pengertian Endorse atau Endorsement Dan Cara kerjanya

Keuntungan Influencer Marketing

Strategi influencer marketing hingga saat ini masih menjadi primadona dalam proses pemasaran sebuah produk/jasa. Banyak keuntungan yang akan diperoleh antara lain :

1. Bagi Influencer

  • Mendapatkan keuntungan finansial dari hasil pembayaran
  • Media sosialnya semakin banyak pengikut karena banyak followernya membagikan status ke teman atau kerabat untuk merekomendasikan produk yang dipakai
  • Memiliki rekan bisnis yang punya potensi bakal menggunakan jasanya kembali di lain waktu, sehingga pemasukannya lebih besar lagi kedepannya

2. Bagi Pelaku Usaha atau Perusahaan

  • Produk/ jasa miliknya bakal dikenal lebih luas
  • Meningkatkan omset
  • Biaya pemasaran yang murah, jika dibandingkan dengan pemasaran melalui media televisi
  • Pengguna media sosial yang terus meningkat setiap tahunnya, maka semakin meningkat pula potensi disukai dan dilihat oleh banyak orang (pengguna sosial media)

Baca Juga : Apa Itu Startup? Bagaimana Model Bisnisnya dan Peluangnya di Indonesia

Tips Sukses Menjadi Seorang Influencer

Apa Itu Influencer Marketing 1 - Apa Itu Influencer Marketing : Pengertian, Keuntungan, dan Tips Sukses

Begitu banyaknya orang menjadi kaya hanya menjadi seorang influencer tentu memberikan rasa penasaran bagi yang lainnya. Bahkan yang mereka dapatkan dapat menginspirasi pengguna media sosial lainnya. Jika anda tertarik, berikut ini beberapa tips menjadi seorang influencer :

1. Pilih Media Sosial Yang Cocok dan Memiliki Potensi Bagus

Saat ini memang banyak pilihan media sosial yang bisa anda pilih seperti Facebook, Twitter, Youtube, maupun Instagram. Namun jika dilihat dari trendnya saat ini yang memiliki potensi bagus adalah Instagram dan Youtube.

2. Buat Kriteria Khusus Untuk Setiap Postingan

Tentukan dari awal untuk setiap postingan yang akan anda lakukan, lebih baik lagi jika postingan disesuaikan dengan bakat maupun hobi. Hal ini dilakukan seterusnya untuk membentuk imej anda di dunia internet khususnya media sosial.

3. Buatlah Konten Yang Menarik dan Menginspirasi

Pastikan buatlah konten yang menarik dan menginspirasi sehingga banyak pengguna lain yang tertarik untuk menjadi pengikut atau follower.

4.  Bergabung Dengan Komunitas dan Perbanyak Interaksi

Usahakan bergabung dengan komunitas sesuai dengan kriteria yang sedang anda tekuni. Lakukan banyak interaksi dengan pengguna lain pada komunitas tersebut.

Itulah penjelasan mengenai apa itu influencer marketing dan beberapa tips sukses menjadi seorang influencer. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here