Apa Itu Istilah Unicorn Dalam Bisnis Startup?

0
195

Intanblog.com – Setelah sebelumnya saya telah menjelaskan banyak tentang apa itu startup, kali ini saya akan kembali membahas seputar startup. Namun dalam pembahasan kali ini adalah mengenai apa itu istilah unicorn dalam bisnis startup. Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis startup di Indonesia saat ini perkembangannya cukup pesat, terutama yang bergerak di bidang teknologi digital. Hal ini karena dipengaruhi oleh perkembangan pengguna internet di Indonesia yang semakin cepat pula.

Apa Itu Istilah UNICORN dalam bisnis Startup - Apa Itu Istilah Unicorn Dalam Bisnis Startup?

Indonesia sendiri saat ini merupakan negara dengan jumlah pengguna internet lebih dari 143 juta (tahun 2018) dan termasuk negara dengan pertumbuhan pengguna internet paling cepat. Pada tahun 2014 silam, pengguna internet di Indonesia bahkan hanya mencapai 83 Juta. Itu artinya dalam kurun waktu 4 tahun pertumbuhannya mencapai kurang lebih 60 persen. Alasan inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang empuk untuk bisnis startup teknologi digital.

Apa Itu Istilah Unicorn Dalam Bisnis Startup?

Tidak heran jika Indonesia saat ini telah memiliki banyak Perusahaan startup besar bahkan ada beberapa yang sudah masuk kategori Startup Unicorn. Menurut data dari berbagai sumber, Indonesia saat ini memiliki 4 Perusahaan startup unicorn yang telah diakui dunia. Tapi sebelum saya membahas empat perusahaan tersebut, sebelumnya saya akan membahas apa itu istilah unicorn dalam bisnis startup.



Unicorn adalah istilah yang ditujukan bagi Perusahaan startup dengan nilai valuasi di atas $1 Miliar atau setara dengan Rp 14,1 Triliun. Tidak mudah untuk menjadi Perusahaan unicorn karena prosesnya cukup sulit dan perlu banyak pendanaan dalam menjalankan bisnisnya. Tapi Indonesia ternyata mampu memiliki empat Perusahaan startup yang telah masuk kategori unicorn. Bahkan terbanyak jika dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Empat Perusahaan Startup Unicorn tersebut adalah Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka. Semua Perusahaan tersebut adalah buah karya dari putra-putra terbaik Indonesia yang mampu berinovasi dan membuahkan sebuah ide bisnis sesuai kebutuhan masyarakat saat ini dan disesuaikan dengan perkembangan jaman.

4 Perusahaan Startup Unicorn Indonesia

Setelah anda paham apa itu istilah unicorn dalam bisnis startup, selanjutnya akan saya bahas mengenai 4 Perusahaan startup unicorn asal Indonesia. Kita harus bangga karena saat ini Indonesia berhasil menelurkan 4 startup unicorn yang telah diakui dunia. Itu artinya dunia bisnis di Indonesia memiliki potensi yang sangat bagus. Bisnis di Indonesia itu pasti berkembang, karena istilahnya Indonesia memiliki tanah subur dan ditanami apapun bisa tumbuh. Berikut ini penjelasan mengenai 4 startup unicorn di Indonesia.

1. Go-Jek

Go-Jek merupakan Perusahaan startup asal Indonesia yang didirikan oleh Nadiem Makariem pada tahun 2010. Perusahaan ini bergerak di bidang transportasi online atau ojek online dengan sistem aplikasi. Go-Jek mendapatkan gelar Unicorn setelah enam tahun berdiri yaitu pada 4 Agustus 2016. Pencapaian ini juga cukup membanggakan, pasalnya saat itu Go-Jek adalah Perusahaan pertama asal Indonesia yang mendapatkan julukan unicorn.

Go-Jek menerima pendanaan senilai $550 juta dari konsorsium Sequoia Capital dan Warbrug. Kemudian mendapatkan tambahan lagi pendanaan senilai $1,2 miliar dari Tencent Holding dan JD.com. Sedangkan baru-baru ini Go-Jek juga menerima suntikan dana segar dari Google senilai $1,2 Miliar. Saat ini bahkan Go-Jek telah memiliki nilai valuasi sekitar $4 Miliar atau setara Rp 56 Triliun.

2. Tokopedia

Setelah Go-Jek, Indonesia kembali menelurkan Perusahaan startup unicorn lainnya pada tahun 2017 yaitu Tokopedia. Perusahaan yang bergerak di bidang marketplace online ini didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009. Tokopedia mendapatkan pendanaan dari Alibaba Group senilai $1,1 Miliar pada tahun 2017.

Sebelumnya Tokopedia juga memperoleh suntikan dana sebesar $100 Juta dari Softbank Japan dan Sequoia Capital. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dari William Tanuwijaya dengan beberapa rekan kerjanya saat pertama berdiri.

Baca : Apa Itu Tokopedia : Sejarah dan Profil Pendirinya

3. Traveloka

Traveloka sebagai Perusahaan startup asal Indonesia yang bergerak di bidang penjualan tiket online ini berhasil menyandang gelar unicorn pada tahun 2017 setelah Tokopedia. Perusahaan yang awalnya didirikan oleh Fery Unardi dan rekannya pada tahun 2012 ini mendapatkan pendanaan senilai $350 Juta dari Expedia.

Traveloka walaupun menyandang gelar unicorn ke-tiga setelah Go-Jek dan Tokopedia, namun Traveloka termasuk startup yang menyandang gelar unicorn tercepat sejak berdiri yaitu hanya membutuhkan 5 tahun. Traveloka kini diperkirakan memiliki nilai valuasi sekitar lebih dari $2 Miliar atau setara dengan Rp 28,2 Triliun.

Baca Juga : Perbedaan Unicorn, Decacorn dan Hectocorn Dalam Bisnis Startup

4. Bukalapak

Bukalapak sebagai Perusahaan startup yang bergerak di bidang marketplace online seperti halnya Tokopedia ini merupakan startup ke-empat asal Indonesia yang menyandang gelar unicorn. Perusahaan ini didirikan oleh Achmad Zaky dan rekannya pada tahun 2011. Bukalapak saat ini memang sedang fokus mendorong pelaku bisnis UKM di Indonesia agar lebih maju dan ikut berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi nasional.

Menurut pengakuan Achmad Zaky, Bukalapak saat ini memiliki nilai valuasi lebih dari Rp 13,5 Triliun. Nilai ini tentu akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan bisnisnya kedepan.

Baca Juga : Latar Belakang Berdirinya Bukalapak Sebagai 4 Besar Unicorn di Indonesia

Dengan banyaknya Perusahaan startup asal Indonesia yang berhasil memperoleh gelar Unicorn maka terjadi peningkatan masuknya investor asing cukup signifikan. Mereka tertarik menanamkan modal untuk startup Indonesia karena memiliki potensi yang sangat bagus. Bahkan Pemerintah menargetkan akan ada startup ke-lima pada tahun 2019 ini. Siapakah startup tersebut? Kita tunggu informasinya di tahun 2019 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here