Apa Itu Kader JKN KIS? Apa Saja Tugasnya?

0
290

Intanblog.com – Sejak bulan April 2017 yang lalu pihak BPJS Kesehatan membuka program kader JKN KIS untuk ditempatkan pada suatu wilayah tertentu. Secara garis besar, tujuan dibentuknya kader JKN KIS ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jumlah kepesertaan serta meningkatkan kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan. Tentu saja fokus kader JKN-KIS adalah terhadap masyarakat informal atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Lalu apa itu kader JKN KIS? Apa saja tugasnya?

Apa itu kader jkn kis

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa JKN KIS singkatan dari Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat. JKN KIS merupakan program jaminan kesehatan yang diberikan dan dikelola oleh BPJS Kesehatan. Kepesertaan JKN KIS sendiri meliputi peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran atau masyarakat tidak mampu) dan non PBI.

Baca Juga :   Kelas BPJS Kesehatan Akan Dihapus, Ini Penjelasannya

Baca juga : Cetak Kartu BPJS Bagi Peserta Baru : Syarat dan Mekanismenya

Apa Itu Kader JKN KIS? Apa Saja Tugasnya?

Apa itu kader jkn kis
Sumber : https://twitter.com/BPJSKesehatanRI

Sedangkan kader JKN KIS adalah orang atau warga masyarakat yang bekerjasama sebagai mitra BPJS Kesehatan berdasarkan hubungan kemitraan yang menjalankan sebagian fungsi BPJS Kesehatan dalam suatu wilayah tertentu yang memiliki kapasitas sesuai dengan kriteria tertentu dan direkrut oleh BPJS Kesehatan.

Tugas utama yang diemban oleh kader JKN KIS adalah sebagai pengingat dan pengumpul iuran, memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai manfaat BPJS Kesehatan, dan sebagai penerima keluahan peserta. Kader JKN KIS akan memberikan informasi prosedur program layanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga : Tata Cara Penggunaan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

Baca Juga :   Bisakah Kartu BPJS Kesehatan Dinonaktifkan dan Berhenti Bayar Iuran? Ini Penjelasannya

Ciri-ciri kader JKN KIS adalah mengenakan pakaian rompi dan topi bertuliskan kader JKN KIS, memakai Name tag dan pin bertuliskan kader JKN KIS, dan membawa surat tugas dari kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. Atribut tersebut untuk memastikan kepada masyarakat bahwa mereka adalah kader JKN KIS resmi dari BPJS Kesehatan.

Kader JKN KIS yang ditempatkan pada wilayah tertentu akan mendatangi peserta BPJS Kesehatan yang telah menunggak iuran. Mereka memberikan edukasi-edukasi yang tepat agar peserta yang menunggak iuran tersebut paham akan manfaat BPJS Kesehatan dan membayar iuran tepat waktu.

Selain mendatangi peserta yang menunggak iuran, kader JKN KIS juga mengunjungi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Mereka memberikan informasi-informasi penting terkait manfaat program BPJS Kesehatan agar warga mau mendaftarkan diri menjadi peserta. Edukasi yang diberikan juga harus tepat agar kedepannya mereka tetap membayar iuran tepat waktu.

Baca Juga :   Cara Mengecek Tunggakan BPJS Kesehatan Terbaru
Apa itu kader jkn kis
Sumber : https://twitter.com/BPJSKesehatanRI

Bukan hanya mendatangi peserta yang menunggak dan juga warga yang belum terdaftar saja. Kepada peserta lainnya kader JKN KIS juga akan selalu mengingatkan agar selalu rutin dan tepat waktu dalam hal membayar iuran bulanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here