Apa Itu Kartu Pra Kerja? Manfaat, Mekanisme dan Pendaftaran

0
391

Intanblog.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) per hari ini, 20 Maret 2020 telah meluncurkan program kartu Pra Kerja. Program ini sejatinya telah ditunggu oleh puluhan ratusan juta masyarakat Indonesia yang penasaran seperti apa manfaat dan mekanismenya. Informasinya, program kartu Pra Kerja akan menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan pekerjaan. Anda masih bingung mengenai apa itu kartu pra kerja? Mari kita bahas satu per satu mulai dari definisi, manfaat, mekanisme, syarat dan ketentuan, serta cara pendaftarannya.

Apa Itu Kartu Pra Kerja

Apa Itu Kartu Pra Kerja?

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Program ini sangat berguna bagi para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan bagi pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Melalui situs resmi program pra kerja tertulis bahwa program ini dibentuk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna dan bagi sektor swasta. Program ini juga merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah dan pelaku usaha swasta dalam melayani masyarakat. Ada 11 mitra kerja yang terdiri dari 8 platform digital atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Ruang Guru, MauBelajarApa, Sekolah.mu, Pintaria, Pijah Mahir. Selain itu ada 3 mitra pembayaran yaitu PT BNI (Persero), LinkAja, dan OVO.

Program Pra Kerja dikelola oleh Project Management Office (PMO). Jadi PMO diberikan tugas untuk menjalankan program secara penuh, termasuk menentukan Balai Latihan Kerja (BLK) yang nantinya digunakan untuk menjalankan pelatihan kerja. Pada tahap awal akan dilakukan sosialisasi ke masyarakat selama dua pekan kedepan sejak peluncuran. Jadi dua pekan digunakan untuk sosialisasi dan setelah itu baru bisa dibuka untuk pendaftaran.

Baca Juga :   Belanja Online di Shopee Kena Pajak 10%, Ini Jenis Produknya

Ada 4 Provinsi yang akan menjadi implementasi awal yakni Bali, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Surabaya. Peluncuran yang dilakukan tersebut hanya untuk sosialisasi kepada masyarakat Indonesia agar lebih paham dengan program tersebut.

Manfaat Program Kartu Pra Kerja

Program kartu Pra Kerja memiliki beberapa manfaat bagi penggunanya antara lain :

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal

Jadi singkatnya, para peserta atau pengguna kartu Pra Kerja nantinya bisa mendapatkan skill baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang ditekuni (upskilling), dan keterampilan baru (reskilling). Prioritasnya adalah ditujukan bagi para pencari kerja muda, status WNI dan telah berusia di atas 18 tahun serta tidak sedang menjalani pendidikan Formal.

Dalam implementasinya, Pengguna akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan hingga Rp 7 juta per pengguna sekali seumur hidup. Bantuan tersebut sebagai modal pelatihan bagi setiap pengguna yang langsung dibayarkan kepada lembaga pelatihan melalui platform.

Mekanisme Program Kartu Pra Kerja

Setelah anda paham dengan definisi dan manfaat program kartu pra kerja, selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah bagaimana mekanisme program tersebut. Berikut ini penjelasannya.

1. Melakukan Pendaftaran dan Mengikuti Tes

Pertama pastikan anda telah memenuhi persyaratan agar bisa mendaftarkan diri. Syarat yang harus dipenuhi adalah :

  • WNI
  • Usia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang menjalankan pendidikan formal

Jika anda sudah masuk dalam persyaratan tersebut maka selanjutnya bisa mendaftarkan diri melalui situs resminya di www.prakerja.go.id. Sebelum melakukan pendaftaran, anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu menggunakan Email atau nomor ponsel pengguna yang aktif.

Baca Juga :   Cara Top Up Saldo ShopeePay di Indomaret : Mudah, Cepat dan Gratis

Setelah memiliki akun, selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi form pendafataran sebagai peserta. Isilah data-data sesuai dengan keadaan anda dan dilarang memberikan data yang tidak benar atau manipulasi. Tes akan dilakukan untuk mengevaluasi apakah anda masuk kategori menjadi peserta Pra kerja.

2. Persetujuan Pendaftaran

Setiap pendaftaran pengguna akan diseleksi sesuai dengan verifikasi data informasi yang dimasukkan pada situs, hasil tes, dan kuota masing-masing area yang tersedia. Manajemen pelaksana dalam hal ini pengelola program memiliki kewenangan untuk memberikan persetujuan maupun penolakan atas pendaftaran pengguna.

3. Pagu atau Bantuan Biaya

Setelah berhasil menjadi peserta Pra kerja, maka anda akan diberikan Pagu. Definisi Pagu adalah besaran bantuan biaya yang disetujui oleh manajemen pelaksana.

  1. Manajemen Pelaksana memiliki kewenangan untuk menetapkan besaran Pagu untuk setiap pendaftaran Kartu Prakerja yang telah disetujui.
  2. Pagu yang telah disetujui akan diberikan secara non tunai, untuk dapat digunakan oleh Penerima Manfaat untuk membeli atau membayar biaya Pelatihan melalui Platform Digital.
  3. Besaran Pagu untuk setiap pendaftaran adalah sesuai dengan besaran yang telah disetujui Manajemen Pelaksana kepada Penerima Manfaat.
  4. Pagu tidak dapat dipakai oleh orang lain diluar dari Penerima Manfaat.
  5. Penerima Manfaat dilarang memindahtangankan, menjual atau memberikan kepada orang lain Kartu Prakerja atau Pagu atas nama Penerima Manfaat.

4. Penggunaan Kartu Pra kerja di Platform Digital

Kartu Pra kerja yang telah disetujui dan mendapatkan konfirmasi besaran pagu, penerima manfaat atau pengguna dapat menggunakan kartu tersebut sebagai metode pembayaran untuk membeli atau membayar biaya pelatihan melalui platform digital.

Baca Juga :   Tips Belanja Online di Shopee GRATIS ONGKIR

Jadi kartu tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli atau membayar biaya pelatihan-pelatihan baik yang bersifat daring atau luring sebagaimana yang tersedia di menu khusus Kartu Pra kerja di platform digital. Pembayaran tidak boleh melebihi pagu yang sudah ditentukan oleh manajemen pelaksana.

Anda akan menerima notifikasi konfirmasi ketika berhasil membayar biaya pelatihan melalui platform digital yang ditunjuk sebagai mitra. Bukti konfirmasi tersebut harus dijaga karena bersifat rahasia dan tidak diperbolehkan digunakan oleh orang lain atau berpindah ke pihak lain.

5. Mengikuti Pelatihan

Bukti konfirmasi pembelian diberikan kepada pihak atau platform Pelatihan agar anda bisa mengikuti pelatihan baik secara daring maupun luring. Anda juga diwajibkan mengikuti setiap tahapan-tahapan pelatihan sesuai dengan pelatihan yang dipilih tanpa bisa diwakilkan orang lain.

Manajemen Pelaksana memiliki kewenangan untuk menutup akun, membatalkan persetujuan pendaftaran, membatalkan Pagu dan/atau Insentif, membatalkan pembelian Pelatihan Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam pendaftaran, tes, pembelian Pelatihan, absensi Pelatihan dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna menyetujui bahwa Manajemen Pelaksana berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pendaftaran yang baru apabila ditemukan kesamaan data.

6. Mendapatkan Insentif

Setelah anda menyelesaikan program pelatihan selanjutnya akan mendapatkan insentif yang digunakan untuk meringankan biaya mencari kerja dan evaluasi efektivitas program Kartu Pra kerja.

Insentif dapat diberikan secara penuh atau bertahap kepada Penerima Manfaat yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Manajemen Pelaksana. Insentif akan disalurkan melalui rekening bank atau e-wallet yang telah didaftarkan oleh Penerima Manfaat pada Situs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here