Apa Itu Komoditas : Pengertian, Contoh, dan Pasar Komoditas

0
131

Dalam dunia bisnis dan ekonomi, khususnya bidang perdagangan anda akan mengenal istilah komoditas. Walaupun sering terdengar ditelinga kita, bahkan sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Tapi apakah anda sudah paham mengenai apa itu komoditas? Apa saja contoh barang yang termasuk barang komoditas? serta seperti apa mekanisme perdagangan komoditasdi pasar?.

Apa Itu Komoditas?

Pengertian komoditas menurut Wikipedia adalah sesuatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka.

Secara lebih umum, komoditas adalah suatu produk yang diperdagangkan, termasuk valuta asing, instrumen keuangan dan indeks.

Jika mengacu pada Pasal 1 angka 2 UU 10/2010, pengertian komoditas adalah semua barang, jasa, hak dan kepentingan lainnya, dan setiap derivatif (produk turunan) dari komoditi yang dapat diperdagangkan dan menjadi subjek kontrak berjangka, kontrak derivatif syariah, dan/atau kontrak derivatif lainnya.

Dalam bahasa latin, komoditas berasal dari kata “commoditas”

Yang artinya merujuk pada berbagai cara untuk pengukuran yang tepat dari sesuatu keadaan waktu ataupun kondisi yang pas, kualitas yang baik, kemampuan untuk menghasilkan sesuatu atau properti dan nilai tambah (keuntungan).

Di Indonesia dapat diartikan sebagai : barang dagangan, benda niaga, atau bahan mentah yang dapat digolongkan menurut mutunya sesuai dengan standar perdagangan internasional.

Baca Juga : Apa Itu Influencer Marketing : Pengertian, Keuntungan, dan Tips Sukses

Contoh Komoditas

Komoditas dibedakan berdasarkan hasil yang diperolehnya seperti komoditas pertanian, komoditas pertambangan dan energi, komoditas industri, komoditas perikanan dan kelautan, serta komoditas keuangan.

Masing-masing komoditas yang dihasilkan dari bidang tertentu memiliki pasar tersendiri, diperdagangkan dengan mudah melalui pasar berjangka maupun diekspor ke luar negeri. Indonesia sendiri merupakan negara dengan penghasil komoditas yang melimpah hampir di setiap bidangnya.

Contoh komoditas dari bidang pertanian antara lain adalah kopi, kelapa sawit dan produk turunannya, karet, kakao, lada, mete, cengkeh, kacang tanah, kedelai, jagung, kopra, dan teh.

Contoh komoditas di bidang pertambangan dan energi antara lain emas, timah, aluminium, bahan bakar minyak, gas alam, tenaga listrik, dan batu bara.

Contoh komoditas di bidang industri antara lain gula pasir, plywood, pulp dan kertas, benang, semen, dan pupuk. Contoh komoditas di bidang perikanan dan kelautan antara lain udang, ikan, dan rumput laut.

Contoh komoditas di bidang keuangan antara lain mata uang asing dan Surat Utang Negara (SUN) Republik Indonesia.

Baca Juga : Apa Itu Tokopedia Emas : Pengertian, Keunggulan dan Cara Membeli

Pasar Komoditas

Produk komoditas dengan jumlah besar biasanya akan diperdagangkan dengan sistem kontrak berjangka yang dilakukan pada bursa berjangka.

Menurut UU No. 32/1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. Perdagangan berjangka adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan jual beli komoditi dengan penyerahan kemudian berdasarkan Kontrak Berjangka dan Opini atas Kontrak Berjangka.

Perdagangan berjangka biasanya dilakukan pada bursa berjangka. Disini segala jenis komoditi diperdagangkan dan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli dimana harganya setelah terjadi kesepakatan pasar. Lalu penyerahan produknya dilakukan di kemudian hari sesuai dengan spesifikasi/isi kontrak berjangka.

Perlu anda ketahui, harga komoditi yang terbentuk di bursa berjangka sangat transparan sehingga harga tersebut akan mencerminkan kekuatan pasokan produk dan permintaan produk yang sesungguhnya. Transaksi perdagangan di bursa berjangka dilakukan oleh para anggota bursa yang terdiri dari Pialang (broker) berjangka dan pedagang berjangka.

Itulah penjelasan mengenai apa itu komoditas, contoh, serta perdagangan komoditas di pasar berjangka di Indonesia. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here