Apa Itu Market Cryptocurrency? Pengertian dan Contohnya

0
140

Intanblog.com – Bitcoin adalah salah satu dan yang pertama dikenal publik sebagai cryptocurrency atau mata uang digital. Semakin tahun semakin tumbuh banyak jenis cryptocurrency lain seperti Ethereum, Binance Coin, Litecoin, Dogecoin, dan masih banyak lagi. Berdasarkan data situs Coinmarketcap saat ini tercatat ada 2129 jenis cryptocurrency, dan jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Dan semua cryptocurrency tersebut bisa anda temui pada market cryptocurrency. Tahukah anda apa itu market cryptocurrency?

Apa itu market cryptocurrency - Apa Itu Market Cryptocurrency? Pengertian dan Contohnya

Mungkin bagi anda yang sudah lama menggeluti dunia cryptocurrency sudah tidak asing lagi dengan market cryptocurrency. Namun bagi anda yang masih pemula tentu sangat membutuhkan informasi dan penjelasan lebih mendalam tentang pengertian market cryptocurrency. Berikut sudah saya siapkan penjelasan lengkapnya beserta contoh-contohnya.

Baca Juga : Testnet Telah Berlangsung, Vexanium Bakal Punya Blockchain Sendiri

Apa Itu Market Cryptocurrency?

Pengertian market cryptocurrency adalah sebuah platform atau pasar yang menyediakan berbagai jenis cryptocurrency untuk diperjualbelikan. Market cryptocurrency juga bisa diartikan sebagai tempat untuk menukar dari jenis crypto tertentu ke jenis crypto lainnya.

Sebagai contoh anda memiliki Bitcoin mau anda tukarkan dengan Ethereum, Binance Coin atau yang lainnya. Anda bisa melakukannya pada market cryptocurrency yang menyediakan Bitcoin dan Ethereum atau crypto lainnya.

Saat ini keberadaan market cryptocurrency justru lebih dimanfaatkan sebagai platform trading untuk mencari keuntungan. Proses jual beli dilakukan langsung antar pengguna yang satu dengan lainnya sesuai dengan kondisi pasar. Pergerakan harga juga ditentukan dari proses jual beli tersebut. Penjual bisa dengan bebas menentukan harga jualnya, sedangkan pembeli juga bisa dengan bebas menentukan harga yang cocok dari penjual.

Baca Juga : Investasi Cryptocurrency Semakin Banyak Diminati Karena Menguntungkan

Contoh Market Cryptocurrency

Berdasarkan data Coinmarketcap, saat ini terdapat 17.801 market cryptocurrency yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri ada market cryptocurrency bernama Indodax dengan jumlah pengguna lebih dari 1,6 Juta orang. Sedangkan secara globalnya ada Binance, DigiFinex, OKEx, Huobi, Coinone, LBank, HitBTC dan masih banyak lagi. Untuk melihat daftar market cryptocurrency terupdate bisa anda kunjungi situs Coinmarketcap disini https://coinmarketcap.com/rankings/exchanges/.

Dari masing-masing market tidak selalu menyediakan jenis-jenis cryptocurrency yang sama. Seperti contoh, market A menyediakan Tokenomy (TEN) maka belum tentu market B juga menyediakan TEN. Tapi untuk jenis-jenis crypto yang termasuk di rank 1 hingga 10 biasanya hampir semua market menyediakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini