Apa Itu Mikrotik? Jenis, Fungsi dan Fitur Unggulannya

0
132

Intanblog.com – Dalam dunia jaringan internet, anda akan mengenal alat yang dinamakan mikrotik. Anda tentu saja pernah pergi ke sebuah warnet bukan? disana terdapat beberapa jaringan komputer yang saling terhubung ke internet. Dari satu sumber internet kemudian dihubungkan ke beberapa perangkat komputer menggunakan kabel sehingga tiap-tiap komputer tersebut juga akan terhubung ke internet. Untuk melakukan hal tersebut tentu saja pemilik warnet menggunakan mikrotik. Lalu apa itu mikrotik?

apa itu mikrotik

Apa Itu Mikrotik?

Pada dasarnya, pengertian mikrotik adalah sebuah alat yang di dalamnya terdapat sebuah sistem operasi berupa software dan berguna untuk membangun sistem jaringan komputer. Mikrotik biasa digunakan pada sistem jaringan komputer dan internet untuk warnet, kafe, hotel, perkantoran, dan sekolah.

Mikrotik mengadopsi sistem operasi yang ringan, mudah dalam pengaturannya, serta bisa digunakan baik untuk sistem jaringan komputer skala besar maupun kecil. Fitur mendasar yang akan anda temui pada mikrotik adalah management bandwidth, berguna untuk mengatur pembagian bandwidth ke masing-masing user. Dengan fitur ini maka setiap user akan menerima bandwidth yang sama sehingga tidak saling berebut.

Fitur lainnya yakni statefull firewall, hotspot for plug and play access, remote winbox GUI admin dan routing. Menu pengaturan pada mikrotik cukup sederhana dan mudah dipahami terutama bagi pengguna baru. Saat ini untuk melakukan pengaturan mikrotik membutuhkan sebuah software yaitu Winbox.

Jenis Mikrotik

Kali ini saya akan membahas mengenai jenis produk mikrotik yang banyak dijual di pasar Indonesia. Produk mikrotik ini biasa disebut dengan routerboard yang di dalamnya tertanam prosesor, Ram, Rom, dan memori flash. Alat ini juga menggunakan routerOS yang berfungsi sebagai router jaringan, proxy server, dhcp, DNS server, hotspot server dan lain sebagainya.

1. Mikrotik dengan dukungan wireless/wifi

Selain berfungsi sebagai management bandwidth, ada beberapa mikrotik yang bisa berfungsi sebagai wifi. Mikrotik jenis ini secara langsung bisa menyebarkan internet ke beberapa user dengan fungsi wireless yang tertanam di dalamnya.

Jenis mikrotik ini bisa anda temui pada seri RB931, RB941, RB951Ui, RB962UiGS, RBD25G.

2. Mikrotik tanpa dukungan wireless/wifi

Namun ada juga mikrotik yang tidak mendukung fitur wireless. Jadi mikrotik jenis ini hanya digunakan sebagaimana fungsi routerOS yang tertanam di dalamnya seperti management bandwidth, firewall, DNS server, DHCP, dll.

Contoh mikrotik tanpa dukungan wireless adalah RB750r2, RB750Gr3, RB760iGS, RB960PGS, dll.

Harga mikrotik yang dijual di Indonesia dimulai pada rentang harga Rp 300 ribuan hingga puluhan juta. Tentu saja setiap mikrotik memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan sesuaikan dengan kebutuhan jaringan yang akan anda bangun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini