Apa Itu Mitra Tokopedia? Apa Keuntungannya?

0
369

Intanblog.com – Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia dengan segudang prestasi. Di dalam platform Tokopedia terdapat berbagai macam produk yang dikelompokkan menjadi beberapa kategori mulai dari produk lokal hingga produk impor. Tokopedia pada dasarnya fokus menjajaki bisnis online untuk mempermudah pelanggan. Namun saat ini rupanya Tokopedia mulai merambah ke lini bisnis Online to Offline (O2O) melalui aplikasi mitra tokopedia. Lalu apa itu mitra tokopedia dan apa keuntungannya?

apa itu mitra tokopedia compressed - Apa Itu Mitra Tokopedia? Apa Keuntungannya?

Sebelum menjelaskan terlalu jauh mengenai apa itu mitra Tokopedia, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu sistem bisnis Online to Offline (O2O) yang saat ini mulai trend. Konsep bisnis O2O memungkinkan para pelanggan untuk membeli dan membayar produk secara online kemudian menjualnya secara offline melalui sebuah warung, konter pulsa, dan lain sebagainya. Biasanya sistem bisnis ini dilakukan oleh para penjual grosir, sehingga pelanggan bisa mengambil keuntungan ketika menjualnya kembali secara offline.

Baca Juga : 6 Peluang Bisnis UKM Yang Paling Menguntungkan, Perlu Anda Coba

Apa Itu Mitra Tokopedia?

Mitra Tokopedia adalah pengguna yang telah mendaftarkan diri melalui situs/aplikasi khusus untuk membeli produk melalui situs/aplikasi tersebut kemudian menjualnya kembali secara offline.



Pada dasarnya konsep mitra Tokopedia adalah menggunakan konsep O2O dimana pengguna membeli produk di Tokopedia melalui situs/aplikasi khusus kemudian menjualnya secara offline. Tentu harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan produk serupa yang dijual melalui Tokopedia. Misal sebuah produk dijual di Tokopedia dengan harga Rp 100 ribu, maka bagi pengguna yang terdaftar sebagai mitra Tokopedia bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga lebih rendah.

Sebenarnya mitra Tokopedia ini ditujukan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang memiliki warung, toko, atau konter pulsa sebagai tambahan penghasilan mereka. Namun syarat tersebut bukanlah syarat mutlak, karena anda yang tidak memiliki toko atau konter fisik pun bisa menjadi pengguna mitra Tokopedia.

Jadi intinya dirilisnya mitra Tokopedia untuk memberikan peluang usaha bagi masyarakat yang ingin menjalankan bisnis offline namun memperoleh produk dan cara pembayarannya secara online.

Baca Juga : Aplikasi Tokopedia Menjadi Aplikasi Terbaik 2018 Pilihan Pengguna

Keuntungan Menjadi Mitra Tokopedia

apa itu mitra tokopedia - Apa Itu Mitra Tokopedia? Apa Keuntungannya?

Menjadi mitra Tokopedia anda akan mendapatkan banyak keuntungan antara lain murah, untung, mudah, dan cepat. Berikut ini penjelasannya :

1. Murah

Sebagai pengguna, anda akan memperoleh harga yang lebih murah dibandingkan dengan pengguna lain yang bukan sebagai mitra Tokopedia. Anda akan menerima potongan harga langsung untuk produk digital seperti pulsa, token listrik, dan produk digital lainnya yang tersedia di aplikasi mitra Tokopedia.

Selain itu anda juga akan mendapatkan harga termurah untuk jenis produk fisik kebutuhan warung, sehingga bisa memperoleh keuntungan dari selisih penjualan offline anda.

2. Untung

Anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa Promo Cashback langsung dari transaksi pembayaran berbagai tagihan seperti transaksi tagihan listrik, PDAM, TELKOM, dan transaksi tagihan lainnya.

Untuk melihat berapa nominal Cashback yang diberikan, anda bisa mengeceknya langsung melalui akun mitra Tokopedia anda. Karena Promo Cashback bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Tokopedia.

3. Mudah

Mitra Tokopedia memudahkan anda dalam bertransaksi dan memilih produk yang sesuai keinginan. Terdapat produk Grosir dan produk digital yang bisa anda jual kembali tentunya dengan harga lebih rendah. Semuanya bisa anda akses dalam satu aplikasi dan layanan Live Chat 24 jam.

4. Cepat

Selain transaksi yang mudah, anda juga bisa mendapatkan produk yang diinginkan secara cepat. Mitra Tokopedia menyediakan layanan delivery barang menggunakan Same Day Delivery dan Next Day Delivery.

Pesanan barang yang masuk sebelum jam 10:00 wib pagi akan dikirimkan hari itu juga, sedangkan pesanan di atas jam tersebut akan dikirimkan pada hari berikutnya. Layanan ini tentu untuk produk Grosir, dan sayangnya untuk produk Grosir saat ini masih terbatas untuk wilayah tertentu sehingga belum menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga : Toko Cash Tokopedia Berubah Menjadi OVO, Apa Itu OVO?

Cara Menjadi Mitra Tokopedia

Setelah paham mengenai apa itu mitra tokopedia kemudian untuk menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan, anda sebelumnya harus mendaftarkan diri melalui aplikasi mitra Tokopedia dan melakukan verifikasi data diri. Caranya sebagai berikut :

  1. Install aplikasi mitra Tokopedia melalui ponsel anda
  2. Setelah aplikasi terinstall silahkan masuk ke aplikasi tersebut, kemudian klik Lanjut
  3. Tekan tombol masuk pada bagian atas halaman utama
  4. Masukkan nomor ponsel anda yang masih aktif, kemudian tekan Masuk
  5. Masukkan kode verifikasi yang anda dapatkan melalui SMS
  6. Masukkan nama lengkap, Foto KTP dan Foto anda dengan memegang KTP. Kemudian tekan Lanjutkan.
  7. Sampai disini proses pendaftaran anda seudah selesai dan tinggal menunggu proses verifikasi maksimal 1×24 jam

Sambil menunggu proses verifikasi, anda sudah bisa melakukan transaksi pembelian pulsa atau transaksi tagihan.

Baca Juga : Toko Cash Tokopedia Berubah Menjadi OVO, Apa Itu OVO?

Pembayaran untuk setiap transaksi pengguna mitra Tokopedia akan menggunakan saldo mitra. Anda bisa melakukan deposit dan penarikan dana saldo mitra dengan mudah ke rekening bank anda. Saldo mitra bisa menampung hingga maksimal Rp 100 juta dan maksimal Rp 10 juta untuk sekali transaksi deposit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here