Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

0
42

Intanblog.com – Di dalam sebuah perangkat komputer, baik itu komputer desktop maupun laptop anda akan menemukan sebuah komponen yang dinamakan Motherboard. Bagi anda yang terbiasa menggeluti dunia teknologi komputer mungkin sudah paham dengan komponen ini. Namun bagi anda yang masih awam dan masih dalam proses belajar pasti sangat membutuhkan informasi mengenai apa itu motherboard atau yang biasa disingkat dengan mobo.

Apa itu motherboard - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Mungkin perangkat komputer yang anda gunakan pernah mengalami kerusakan dan harus dibawa ke tempat service komputer. Kemudian tukang servicenya bilang, ” Ini motherboardnya sudah mati dan harus diganti. “. Anda pasti bertanya-tanya, apa sih motherboard? Seperti apa bentuknya? Sepenting apakah motherboard itu dalam perangkat komputer? Untuk menjawab semuanya, anda bisa membaca pejelasannya disini.

Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Fungsi dan Komponen

Pengertian motherboard (mobo) jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah papan sirkuit.

Pengertian motherboard secara luas adalah sebuah perangkat keras (Hardware) utama pada komputer yang berguna untuk meletakkan berbagai hardware lainnya agar saling terhubung. Motherboard terdiri dari berbagai konektor untuk menghubungkan perangkat satu ke perangkat lainnya agar berfungsi dengan baik.

Seperti contoh memori RAM dan Hard Disk dipasang pada soket yang tersedia pada motherboard sehingga keduanya bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Begitu juga dengan perangkat lainnya seperti processor, video card, sound card, lan card, wifi, dll.

Bisa dikatakan motherboard ini sebagai tulang punggung sebuah perangkat komputer agar seluruh komponen terhubung dengan baik sehingga komputer bisa menyala. Karena sangat pentingnya sebuah motherboard, maka jika perangkat ini rusak perangkat lainnya tidak bisa berfungsi. Lalu apa saja sih komponen-komponen yang ada di dalam motherboard?

Komponen Motherboard

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa motherboard ini adalah tempat meletakkan berbagai hardware lainnya. Sehingga susunannya pun banyak terdapat socket sebagai tempat hardware. Berikut ini komponennya :

1. Socket Processor / CPU Socket

socket processor - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Komponen pertama yang paling mencolok yaitu socket processor sebagai tempat meletakkan processor. Biasanya pemasangan processor pada socket yang tersedia disandingkan dengan Heatsink fan untuk mendinginkan si processor tersebut. Socket yang tersedia harus disesuaikan dengan bentuk processornya agar pas dalam pemasangannya.

2. Bios

Chipset bios - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Komponen kedua yaitu chipset bios atau Basic Input Output System artinya adalah sebuah chip yang berguna untuk mengontrol berbagai hardware yang terpasang dan terkoneksi dengan motherboard. Jadi alat ini untuk pengecekan apakah hardware sudah terpasang dengan benar atau tidak.

3. Slot Memory

slot memory - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Yang ketiga anda akan menemukan sebuah komponen yang digunakan untuk meletakkan memory RAM yaitu slot memory. Secara fisik slot memory bentuknya memanjang dan terdapat pengait di masing-masing ujungnya yang berguna untuk mengunci posisi RAM. Letaknya biasanya berdekatan dengan socket processor.

4. Slot IDE dan Slot SATA

Slot IDE - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Slot ini digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti CD-ROM maupun Hard Disk. Bentuk keduanya memang berbeda namun fungsinya sama saja. Slot IDE biasanya terdapat pada motherboard keluaran lama, sedangkan SATA keluaran terbaru. Namun tidak sedikit juga motherboard keluaran terbaru yang masih menyisipkan slot IDE.

5. Slot AGP dan PCI

Slot AGP - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Slot AGP maupun PCI digunakan untuk meletakkan hardware tambahan seperti Video card, Lan card, maupun Sound card.

6. Battery CMOS

cmos - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Complimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS) merupakan baterai yang berfungsi untuk memberikan daya bagi Bios agar mampu menyimpan semua pengaturan pada Bios. Bentuknya kecil melingkat layaknya baterai jam tangan pada umunya namun ukurannya lebih besar.

7. Power Connector

Power connector - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Power konektor biasanya terdiri dari 24 pin atau 24 lubang yang gunanya untuk menyambungkan antara power supply dengan motherboard. Sehingga motherboard akan teraliri arus listrik.

7. Storage Drive Connector

Connector drive - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Konektor ini gunanya sebagai penghubung antara motherboard dengan perangkat penyimapanan seperti Hard Disk, Optical drive, SSD, dan lain-lain.

8. I/O Port / Backpanel

io port - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

I/O Port adalah sebuah kumpulan port-port yang terletak pada bagian pinggir motherboard. Jika telah dipasang pada casing maka letaknya ada dibagian belakang casing. Port tersebut sebagai penghubung ke perangkat eksternal seperti monitor, mouse, keyboard, pengeras suara, dll. I/O Port lebih dikenal dengan istilah Backpanel.

9. Front Panel

Front panel - Apa Itu Motherboard (Mobo) : Pengertian, Jenis dan Komponen

Pin-pin kecil tersebut sebagai tempat untuk menghubungkan kabel Power, Restart, LED HDD, dan LED power.

Jenis Motherboard

Setelah paham dengan pengertian motherboard dan komponennya, selanjutnya anda perlu tahu juga dengan jenis-jenis motherboard yang telah ada.

1. Motherboard AT

Motherboard jenis ini adalah keluaran pertama dan saat ini sudah tidak lagi digunakan. Pada tahun 90-an Mobo ini digunakan untuk mendukung processor pentium 2. Ukuran motherboard ini terbilang cukup besar dan juga mudah panas.

2. Motherboard ATX

Motherboard ATX (Advance Technology Extended) merupakan hasil pengembangan dari seri sebelumnya dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pendahulunya. Mobo jenis ini juga merupakan seri standar yang paling banyak digunakan pada komputer di seluruh dunia. Berdasarkan ukurannya, motherboard ATX ada beberapa jenis lagi diantaranya :

  • Standart ATX
  • Micro ATX
  • Flex ATX
  • Mini ATX

3. Motherboard BTX

BTX (Balanced Technology Extended) merupakan jenis Motherboard yang memiliki keunggulan mampu mengatur suhu dan mengendalikan panas. Berdasarkan ukurannya, BTX juga dibagi lagi jenisnya diantaranya :

  • BTX standart
  • BTX Micro
  • BTX Pico

4. Motherboard ITX

ITX (Information Technology Extended) jenis motherboard yang biasa digunakan pada perangkat portable seperti mini PC maupun PC tablet. Karena digunakan untuk perangkat kecil, maka ukuran mobo ITX juga ukurannya kecil dan paling kecil diantara jenis lainnya. Jenis dari BTX berdasarkan ukurannya adalah :

  • Mini ITX
  • Nano ITX

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu motherboard serta beberapa komponen yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here