Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

0
3794

Akhir-akhir ini dengan semakin banyaknya smartphone yang hadir dilengkapi kamera ganda atau dual kamera, saat itu pula muncul ke permukaan mengenai foto bokeh yang banyak diperbincangkan. Namun banyak pula yang masih bingung tentang apa itu pengertian foto bokeh dan Apa kegunaan foto bokeh dalam dunia fotografi?

apa itu pengertian foto bokeh pada kamera - Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

Foto bokeh ini sebenarnya bagi yang sudah lama terjun dalam dunia fotografi bukan hal yang asing lagi, apalagi bagi fotografer profesional. Karena hal ini pasti sudah sering dilakukan dalam membidik objek gambar yang akan di foto.



Tapi bagi kalangan manusia biasa atau orang awam yang jarang mengetahui tentang dunia fotografi, foto bokeh bahkan menjadi sesuatu hal yang terdengar asing dan aneh. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya akan membantu orang-orang yang masih bingung mengenai foto bokeh.

Dengan penjelasan dibawah mengenai apa itu pengertian foto bokeh diharapkan anda bisa semakin paham mengenai foto bokeh.

Apa Itu Pengertian Foto Bokeh?

Bokeh itu adalah salah satu kata yang diambil dari bahasa Jepang yang artinya area tidak fokus atau blur dalam suatu gambar.

Jadi jika anda melihat gambar atau foto yang hanya objek tertentu yang terlihat jelas, sedangkan area disekitarnya terlihat blur atau tidak fokus maka sudah pasti itu adalah hasil dari foto bokeh.

Berikut ini beberapa contoh hasil foto dengan efek bokeh :

apa itu pengertian foto bokeh 1 - Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

apa itu pengertian foto bokeh 2 - Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

Hasil foto bokeh yang baik biasanya menggunakan lensa yang memiliki bukaan aperture yang lebar. Semakin lebar bukaan aperture maka semakin lebar pula area bokeh, begitupun sebaliknya jika bukaan sempit maka area bokeh akan lebih sempit.

Foto Bokeh Pada Smartphone Dual Kamera

dual 2Bkamera - Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

Untuk menggunakan efek bokeh pada gambar yang akan dibidik tentu harus menggunakan kamera DSLR yang berkualitas tinggi. Namun untuk menggunakan kamera DSLR dengan kualitas tinggi tentu anda harus merogoh kocek yang dalam, pasalnya harga kamera DSLR memang mahal.

Kabar baiknya, saat ini untuk membidik foto dengan efek bokeh bisa anda lakukan pada smartphone yang memiliki kamera ganda atau dual kamera. Beberapa smartphone dengan dual kamera bisa anda gunakan untuk menghasilkan efek bokeh layaknya kamera DSLR.

Satu lensa yang terdapat pada smartphone dual kamera memiliki fungsi untuk membidik objek gambar dengan efek bokeh. Namun tentu saja hasilnya tidak sebagus kamera DSLR, hanya saja hasilnya sudah cukup bagus jika untuk kalangan non fotografer atau untuk sekedar di share ke social media.

Baca Juga : Teknologi Dual Kamera Pada Smartphone, Begini Cara Kerja dan Keunggulan Dual Kamera

Apa Bisa Foto Bokeh Menggunakan Smartphone Biasa?

apa itu pengertian foto bokeh 3 - Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

Bagi anda yang memiliki smartphone dengan satu lensa atau tanpa dual kamera, ternyata masih bisa memotret gambar dengan efek bokeh. Caranya dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda download pada toko aplikasi smartphone anda.

Tentu saja efek bokeh yang dihasilkan dari bantuan aplikasi pihak ketiga bukanlah efek bokeh nyata, karena aplikasi ini hanya sebagai editing hasil foto agar terlihat seperti foto bokeh.

Berikut ini beberapa aplikasi untuk membantu anda menghasilkan efek bokeh menggunakan kamera smartphone dengan satu lensa :

1. After Focus

aplikasi after focus - Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

After Focus merupakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu anda memotret dengan menghasilkan efek bokeh. Aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone berbasis Android dan iOS.

Keunggulan aplikasi ini, anda diberikan keleluasaan untuk memilih bagian mana yang akan dijadikan efek blur. Mampu menerapkan kedalaman bidang, menerapkan efek dan memilih bentuk bokeh.

Memang aplikasi ini sedikit sulit digunakan bagi yang baru memakainya, tapi setelah anda mempelajari menu demi menu maka akan mudah dijalankan.

2. Real Bokeh Light Effect

aplikasi real bokeh - Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

Aplikasi real bokeh light effect akan memberikan efek bokeh pada hasil jepretan anda dengan cara melapisi foto menggunakan efek-efek yang tersedia pada aplikasi. Ada beberapa pilihan efek bokeh yang bisa anda gunakan untuk membuat hasil foto anda terlihat bokeh.

Aplikasi ini bisa anda download pada toko aplikasi seperti Playstore, namun aplikasi ini termasuk aplikasi berbayar.

3. Bokeh Simulator

aplikasi bokeh simulator - Apa Itu Pengertian Foto Bokeh dan Apa Gunanya?

Aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui kedalaman bidang gambar dan membuat efek blur pada latar belakang seperlunya saja. Anda bisa memilih hingga 10 jenis efek blur yang berbeda-beda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini