Apa Itu SLIK OJK? Apa Manfaatnya Untuk Masyarakat?

0
121

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai mengaktifkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) sejak I Januari 2018. Layanan ini sebagai peralihan dari Layanan Sistem Informasi Debitur (SID) yang sebelumnya dikelola oleh Bank Indonesia (BI) atau lebih dikenal dengan BI Checking. Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara rinci mengenai apa itu SLIK OJK dan apa saja manfaatnya.

Apa itu slik ojk - Apa Itu SLIK OJK? Apa Manfaatnya Untuk Masyarakat?

SID atau masyarakat biasa menyebutnya dengan BI Checking merupakan sistem yang berisi tentang informasi debitur serta fasilitas kreditnya untuk dipertukarkan ke sesama lembaga keuangan. Di dalam SID terdapat identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana/pembiayaan yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas.

Baca Juga : Pilihan Produk Investasi Yang Kebal Terhadap Pengaruh Inflasi

Apa Itu SLIK OJK?

SLIK OJK adalah sebuah sistem yang dikelola dan menjadi tanggung jawab Otoritas Jasa keuangan (OJK) dengan tujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan seperti penyediaan layanan informasi debitur.



Sistem SLIK OJK bisa diakses oleh semua bank dan lembaga keuangan non bank yang memiliki kewajiban untuk melaporkan data debitur ke dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Dengan adanya SLIK OJK ini diharapkan dapat menurunkan angka kredit bermasalah, karena pihak bank maupun lembaga keuangan non bank bisa membaca riwayat pinjaman calon debitur melalui SID pada sistem SLIK OJK.

Sistem SLIK OJK ini juga menghubungkan antara OJK, BI, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga ketiga lembaga tersebut dapat saling bertukar informasi yang dibutuhkan.

Manfaat SLIK OJK

SLIK OJK bermanfaat untuk mengetahui informasi debitur mengenai riwayat pinjaman yang sudah dilakukan selama ini. Masyarakat juga bisa secara langsung meminta data debitur melalui SLIK OJK dengan mendatangi kantor OJK yang terdekat dengan lokasi tempat tinggalnya.

Informasi yang terdapat pada SLIK OJK sebagai bahan pertimbangan bank maupun lembaga keuangan non bank lainnya untuk memberikan dana pinjaman terhadap debitur. Jika riwayat debitur yang terdapat pada SLIK OJK masuk dalam kategori bagus, maka pihak bank akan menyetujui pengajuan pinjaman yang dilakukan debitur.

Begitu juga sebaliknya, jika riwayat debitur jelek maka secara otomatis pihak bank maupun lembaga non bank lainnya akan menolak pengajuan pinjaman debitur.

Baca Juga : Pengertian Bisnis Startup Yang Makin Populer di Indonesia

Cara Meminta SLIK OJK atau BI Checking

Bagi anda yang penasaran dengan status Informasi debitur yang terdapat pada sistem SLIK OJK, langsung saja mendatangi kantor OJK terdekat untuk meminta laporan Informasi debitur (SID).

Pada laporan tersebut anda akan melihat sendiri seperti apa riwayat pinjaman anda selama ini dan anda juga dapat melihat status penilaian yang diberikan (bagus atau jelek). Untuk cara meminta data Informasi debitur atau BI Checking silahkan anda baca langkah-langkahnya pada artikel ini ( Cara Cek BI Checking Dengan mudah Melalui SLIK OJK ).

Kesimpulan

SLIK OJK memudahkan masyarakat dalam mengetahui reputasi riwayat pinjamannya selama ini. Sehingga dengan leluasa masyarakat dapat menerima pinjaman dari bank dan lembaga keuangan lainnya jika reputasi atau penilaian yang terdapat pada SLIK OJK termasuk di dalam kategori bagus atau Lancar.

Jika sebelumnya cek BI Checking dilakukan via online melalui situs Bank Indonesia, maka dengan adanya SLIK OJK masyarakat lebih mudah dan lebih efisien untuk melakukan cek BI Checking di kantor-kantor OJK terdekat.

Semoga artikel mengenai apa itu SLIK OJK dan manfaatnya dapat menambah wawasan anda terkait BI Checking.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini