Apa Itu Tokopedia Emas : Pengertian, Keunggulan dan Cara Membeli

0
117

Investasi emas kini lebih mudah dengan hadirnya Tokopedia Emas. Pasalnya pengguna bisa membeli dan menjual emas secara online tanpa ribet karena tidak perlu beranjak dari tempat duduk. Proses pembeliannya pun tersedia banyak pilihan sistem pembayarannya, mulai dari transfer Bank, mobile banking, internet banking, virtual account, e-money, dan melalui offline store rekanan Tokopedia. Anda penasaran kan mengenai apa itu Tokopedia Emas?

Apa Itu Tokopedia Emas?

Pengertian Tokopedia emas adalah sebuah layanan investasi emas online yang tersedia di dalam platform E-commerce Tokopedia. Melalui Tokopedia Emas pengguna dapat melakukan transaksi membeli emas untuk ditabung, dan dapat pula dijual kapanpun jika harga pasar emas dirasa menguntungkan. Seperti halnya investasi emas pada umumnya, dimana investor biasanya membeli emas pada harga tertentu dan menjualnya kembali setelah harga emas mengalami kenaikan.

Setiap gram Emas yang anda beli secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk emas fisik yang disesuaikan dengan rate harga Emas pada saat pembelian. Tokopedia Emas merupakan hasil kerja sama antara Tokopedia dengan Pegadaian, sehingga fisik emas milik pengguna akan dititipkan di Pegadaian. Menariknya lagi, anda bisa investasi Emas dengan membelinya di Tokopedia Emas secara online mulai dari nominal Rp 500 (Lima Ratus Rupaih). Sangat terjangkau kan?

Baca Juga : Cara Menabung Emas di Pegadaian Melalui Aplikasi Android

Keunggulan Tokopedia Emas

Berinvestasi emas melalui Tokopedia tentu merupakan cara baru dan termudah karena layanan ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya :

1. Aman dan Terpercaya

Anda tidak perlu meragukan lagi dengan Tokopedia sebagai platform penyedia tabungan Emas online. Selain saat ini Tokopedia merupakan Perusahaan Startup Unicorn di Indonesia, Tokopedia juga bekerja sama dengan PT Pegadaian yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa keuangan (OJK) dalam menghadirkan layanan Tokopedia Emas ini. Sehingga investasi yang anda lakukan akan terjamin keamanannya serta emas akan tersimpan dengan baik.

2. Emas Terkonversi Menjadi Bentuk Fisik

Bukan hanya sebuah catatan saldo yang tersimpan, Emas yang anda beli juga akan terkonversi dalam bentuk emas fisik yang dititipkan di Pegadaian.

3. Harga Jual Lebih Tinggi

Dalam berinvestasi, anda tentu ingin mendapatkan keuntungan maksimal bukan? Tokopedia Emas menghadirkan layanan tersebut dengan memberikan rate harga jual yang lebih tinggi dibandingkan layanan lainnya yang serupa. Hal ini dikarenakan Tokopedia menjalin partner dengan Pegadaian yang terkenal dengan rate jual Emas yang lebih tinggi.

4. Harga Terjangkau

Investasi Emas konvensional pada umumnya paling tidak minimal pembeliannya harus setara dengan harga emas dalam satu gramnya. Namun di Tokopedia Emas, anda bisa membeli emas cukup dengan uang Rp 500 (Lima Ratus Rupiah).

5. Mudah Diakses

Karena Tokopedia Emas merupakan platform online, maka anda dapat mengaksesnya selama 24 jam nonstop. Layanan ini bisa anda temukan pada aplikasi Tokopedia maupun dengan mengunjungi situsnya langsung.

Baca Juga : Cara Belanja di Tokopedia Via Aplikasi Android dan iOS Terbaru 2019

Cara Membeli Emas di Tokopedia Emas

Untuk membelinya, anda bisa melakukannya melalui aplikasi maupun website. Tentu untuk membeli Emas secara online, anda membutuhkan akun Tokopedia terlebih dahulu sebagai tempat pencatatan saldo emas yang dimiliki.

# Melalui Website

  • Silahkan masuk menggunakan akun anda di Tokopedia. Kemudian pada halaman utama carilah menu KATEGORI => KEUANGAN => EMAS

Apa Itu Tokopedia Emas - Apa Itu Tokopedia Emas : Pengertian, Keunggulan dan Cara Membeli

  • Pada halaman Tokopedia Emas, silahkan pilih Beli Emas. Masukkan Nominal yang ingin anda belanjakan untuk membeli emas, nanti secara otomatis disampingnya akan tertera nilai emas yang akan diterima menyesuaikan rate harga Emas terbaru

Apa Itu Tokopedia Emas 2 - Apa Itu Tokopedia Emas : Pengertian, Keunggulan dan Cara Membeli

  • Selanjutnya silahkan klik Check-out untuk melakukan proses pembayaran. Pilihlah metode pembayaran sesuai dengan keinginan, lalu ikuti petunjuknya hingga selesai
  • Jika pembayaran telah anda lakukan, maka pada halaman Tokopedia Emas akan tertampil saldo tabungan emas yang sudah anda beli sebelumnya. Contoh tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Apa Itu Tokopedia Emas 3 - Apa Itu Tokopedia Emas : Pengertian, Keunggulan dan Cara Membeli

# Melalui Aplikasi Tokopedia

  • Pada halaman utama aplikasi Tokopedia, silahkan pilih menu Emas
  • Kemudian klik pada Beli Emas
  • Masukkan Nominal pembelian pada kolom Nominal, dan secara otomatis akan ditampilkan juga nilai emas yang akan diterima pada sampingnya
  • Selanjutnya pilih Bayar untuk melanjutkan ke proses pembayaran

Level Membership Tokopedia Emas

Pada layanan Tokopedia Emas, anda akan menemui beberapa jenis level membership antara lain :

1. GOLD CLUB

Jenis level membership ini memungkinkan penggunanya memiliki tabungan emas hingga maksimal 1 gram, serta dapat bertransaksi jual dan beli hingga 10 gram per bulan. Untuk level ini tidak memerlukan syarat dan dokumen tambahan apapun.

2. GOLD PRIME

Sedangkan untuk level membership ini pengguna bisa memiliki saldo tabungan emas hingga 10 gram, serta diperbolehkan melakukan transaksi jual dan beli hingga 10 gram per bulan dan dapat berlangganan tanpa biaya tambahan.

Jika anda ingin masuk ke level membership Gold Prime maka memerlukan syarat berupa data identitas diri.

3. GOLD PRESTIGE

Untuk level yang paling tertinggi yaitu Gold Prestige, pengguna bisa bebas menabung emas tanpa batas, serta dapat melakukan jual dan beli emas tanpa batas bulanan dan dapat berlangganan tanpa biaya tambahan.

Pada level tertinggi ini pengguna perlu melakukan Registrasi di kantor Pegadaian terdekat menggunakan nomor Handphone yang sama seperti yang digunakan pada akun Tokopedia.

Baca Juga : Cara Investasi Emas di Pegadaian : Mudah dan Menguntungkan

Tokopedia Emas Menjadi Pilihan Terbaik Untuk Berinvestasi Emas Secara Online

Investasi emas online melalui Tokopedia Emas bisa dijadikan alternatif terbaik karena caranya yang mudah, terjamin keamanannya, serta tidak memerlukan modal besar hanya cukup menyediakan uang Rp 500 saja. Emas merupakan salah satu produk investasi yang banyak dilakukan berbagai kalangan sejak dulu karena kebal terhadap inflasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian apa itu Tokopedia Emas, keunggulannya serta cara membelinya. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan menambah wawasan anda dalam hal investasi emas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here