Apa Itu Tokopedia : Sejarah dan Profil Pendirinya

0
5118

Anda pasti sering mendengar tentang tokopedia, entah itu melalui iklan di televisi maupun melihat langsung iklan melalui facebook dan twitter. Saya sendiri juga sering sekali menjumpai iklan-iklan tentang tokopedia ketika sedang melakukan aktifitas online. Lalu, apa itu tokopedia?

apa itu tokopedia - Apa Itu Tokopedia : Sejarah dan Profil Pendirinya

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara detail tentang tokopedia, mulai dari sejarahnya dan siapa sosok yang telah berhasil mendirikan tokopedia. Mungkin sudah banyak yang paham mengenai tokopedia, namun tidak ada salahnya saya kembali membahas tentang tokopedia karena topik ini menurut saya sangat menarik untuk di angkat.

Baca Juga : Ingin Sukses Bisnis Reseller Online? Ikuti Tips Berikut Ini

Apa Itu Tokopedia



Tokopedia adalah sebuah marketplace atau situs jual beli online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dengan cara yang aman.

Saya katakan aman karena sebagai pembeli, ketika melakukan transaksi pembelian barang melalui tokopedia uang yang anda bayarkan bukan langsung ditransfer ke penjual melainkan ke pihak tokopedia terlebih dahulu. Uang pembelian baru diterima oleh penjual, jika pembeli sudah benar-benar menerima barang pesanannya.

Sebagai pembeli, anda juga bisa melakukan pembatalan transaksi jika memang barang yang anda pesan tidak kunjung dikirim atau barang tidak sesuai dengan pesanan. Artinya, transaksi di tokopedia memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak perlu takut terjadi penipuan.

Baca Juga : Cara Daftar Akun Tokopedia Untuk Belanja dan Jualan Produk

Tokopedia Memfasilitasi Toko Online Gratis Bagi penjual

Seperti layaknya pasar tradisional, tokopedia adalah sebagai pasar yang menyediakan lapak-lapak bagi penjual secara gratis. Jika anda memiliki barang atau produk yang ingin di jual, tokopedia menyediakan toko online gratis yang bisa anda manfaatkan.

Kategori barang yang tersedia di tokopedia juga sangat lengkap, hampir semua kebutuhan tersedia di tokopedia. Jadi apapun produk yang akan anda jual di tokopedia akan dimasukkan ke dalam kategori yang sesuai dengan kriteria produk anda.

Bagi anda yang tertarik berjualan secara online bisa menggunakan fasilitas toko online yang disediakan oleh Tokopedia. Caranya bisa baca disini ( Cara Jualan Online di Tokopedia : Mudah, Gratis dan Menguntungkan ).

Selain gratis, fasilitas toko online yang disediakan tokopedia akan mempermudah proses pemasaran produk yang anda jual karena Tokopedia telah dikenal orang di seluruh Indonesia. Sehingga jangkauan pasar anda juga akan luas dan secara otomatis produk yang anda jual akan semakin laris manis.

Baca Juga : Soichiro Honda : Pemuda Kampung Yang Gigih Pendiri Perusahaan Honda

Sejarah dan Pendiri Tokopedia

Tokopedia secara perlahan mulai dirintis pada 6 februari 2009, hingga akhirnya secara resmi dirilis untuk umum pada tanggal 17 Agustus 2009.

Perjalanan tokopedia pada tahun pertama peluncurannya bisa dibilang cukup baik dan sangat membanggakan. Hal itu terbukti dengan adanya perolehan penghargaan dari Bubu Award sebagai salah satu Bisnis Startup E-commerce terbaik di Indonesia.

Dengan rapor yang bagus tersebut, tokopedia banyak dilirik oleh para investor untuk menanamkan modalnya pada tokopedia. Seperti East ventures yang berhasil menyuntikkan dananya pada tahun 2010, CyberAgent Venture tahun 2011, Beenos tahun 2012 dan Softbank tahun 2013.

Baca Juga : Belanja Online Melalui Aplikasi Tokopedia Dapat Cashback 50%

Saat pertama perilisannya tokopedia mengklaim hanya butuh 12 menit saja untuk mendapatkan order pertamanya. Saat itu tokopedia hanya memiliki 4 karyawan, dua diantaranya adalah pendiri tokopedia. Mereka belum memiliki kantor, sehingga melakukan pekerjaannya masih di rumah masing-masing.

pendiri tokopedia - Apa Itu Tokopedia : Sejarah dan Profil Pendirinya
William Tanuwijaya

Tokopedia berhasil didirikan oleh dua pemuda yang memiliki impian tinggi yaitu William Tanuwijaya yang saat ini menjabat sebagai CEO Tokopedia dan Leontinus Alpha Edison yang saat ini menjadi CTO Tokopedia.

William berasal dari keluarga yang tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis, oleh sebab itu banyak yang meragukan impiannya ketika itu. William selama 10 tahun pernah bekerja sebagai karyawan.



Pengalaman yang paling nyata dalam dunia internet bagi William adalah ketika dia menjadi penjaga operator warnet saat masih kuliah. William juga pernah bekerja pada sebuah forum jual beli pada tahun 2007, saat itu dia sering menerima komplain terkait dengan penipuan transaksi.

pendiri tokopedia 1 - Apa Itu Tokopedia : Sejarah dan Profil Pendirinya
Leontinus Alpha Edison

Dari pengalamannya tersebut, dia menjadi tergugah pikirannya untuk menjadikan usaha internet sebagai tempat yang aman dan bukan lagi menjadi tempat penipuan. Kala itu William memiliki ide untuk mendirikan sebuah situs jual beli yang aman, namun tekad tersebut terkendala masalah modal.

Hingga akhirnya William menceritakan idenya pada atasan tempatnya bekerja dengan harapan agar diberikan bantuan modal untuk merealisasikan idenya tersebut. Namun, karena melihat latar belakangnya yang tidak sejalan dengan idenya banyak orang yang meragukan, apalagi untuk memberikan modal.

Selama dua tahun William berusaha mencari modal, akhirnya bosnya sendiri yang memberikan modal sebesar 10 persen.

Baca Juga : Cara Membeli Barang atau Belanja di Tokopedia

Penutup

Itulah penjelasan saya mengenai apa itu tokopedia, sejarah serta pendiri tokopedia hingga akhirnya tokopedia menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan segudang manfaat.

Saat ini Tokopedia telah membantu banyak pelaku usaha kecil menengah dalam memasarkan produknya secara online melalui fasilitas toko online miliknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini