Apa Itu Trading Bitcoin? Dimana Tempatnya dan Bagaimana Caranya?

0
366

Perkembangan Bitcoin di dunia bisnis sejak pertama beredar hingga saat ini terbilang sangat sukses. Bahkan banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan Bitcoin sebagai ladang uang dengan cara trading. Mungkin bagi seseorang yang awam terhadap Bitcoin akan bertanya, apa itu trading Bitcoin? Bagaimana caranya dan dimana tempatnya?

Apa Itu Trading Bitcoin Dimana Tempatnya dan Bagaimana Caranya - Apa Itu Trading Bitcoin? Dimana Tempatnya dan Bagaimana Caranya?

Sebelum membahas terlalu jauh mengenai apa itu trading Bitcoin, mari sejenak kita flashback harga Bitcoin di masa lampau. Tahukah anda, pertama dikenalkan oleh penciptanya Satoshi Nakamoto, harga 10 ribu Bitcoin hanya setara dengan 2 box pizza seharga USD $25. Bandingkan dengan saat ini harga 1 Bitcoin mencapai USD $6750, bahkan pernah mencapai harga tertinggi lebih dari USD $20 ribu.

Baca Juga : Pengertian Bullish, Bearish dan Sideways Dalam Trading Cryptocurrency

Apa Itu Trading Bitcoin?

Trading Bitcoin adalah aktifitas jual beli Bitcoin yang dilakukan pada sebuah market atau bursa perdagangan Bitcoin sebagai upaya untuk mencari keuntungan. Seperti halnya proses jual beli pada umumnya, keuntungan yang diperoleh pelaku trading (trader) adalah selisih dari harga jual dan beli tersebut.

Sebagai contoh, saat ini harga Bitcoin adalah Rp 100 juta per biji dan anda membeli Bitcoin sejumlah Rp 100 ribu. Maka Bitcoin yang anda dapatkan adalah sebanyak 0.001 Bitcoin.

Kemudian anda menjualnya ketika harga Bitcoin naik menjadi Rp 120 juta, maka anda akan memperoleh saldo Rupiah sebesar Rp 120 ribu. Itu artinya anda memperoleh keuntungan sebesar Rp 20 ribu dari modal awal sebesar Rp 100 ribu.



Jadi secara garis besarnya, trading Bitcoin adalah membeli Bitcoin di harga tertentu dan menjualnya ketika harga naik pada harga tertentu. Sehingga akan ada keuntungan dari proses jual beli tersebut yang diambil dari selisih harga.

Baca Juga : Apakah Perlu Verifikasi Akun Bitcoin di Indodax?

Dimana Tempat Melakukan Trading Bitcoin?

Tempat untuk melakukan aktifitas trading Bitcoin adalah pada sebuah bursa perdagangan Bitcoin atau Exchange Bitcoin. Saat ini sudah banyak sekali bursa perdagangan Bitcoin yang tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri ada salah satu bursa perdagangan Bitcoin yang termasuk terbesar di Asia tenggara yaitu Indodax. Anda bisa melakukan trading Bitcoin dan asset digital lainnya di Indodax.

loading...

Kenapa saya menyarankan Indodax sebagai tempat untuk melakukan trading Bitcoin, sedangkan di luaran banyak sekali bursa perdagangan Bitcoin lainnya?

  • Tentu hal pertama yang menjadi pertimbangan memilih Indodax adalah persamaan bahasa yang memudahkan anda untuk melakukan komunikasi dengan pihak Indodax ketika terjadi masalah atau kendala.
  • Kedua adalah mengenai mata uang yang diterima di Indodax adalah Rupiah, itu artinya akan memudahkan anda dalam melakukan Deposit dan Penarikan Rupiah melalui Bank lokal. Sehingga anda tidak direpotkan dengan proses yang berhubungan dengan keuangan melalui Indodax.
  • Ketiga adalah mengenai kantor Indodax yang dengan mudah bisa anda kunjungi karena jarak yang terjangkau masih berada di dalam negara Indonesia.
Baca Juga : Trading Bitcoin di Poloniex : Cara Daftar dan Memperoleh Keuntungan

Bagaimana Cara Melakukan Trading Bitcoin?

Sebelum anda melakukan trading Bitcoin di Indodax, anda tentu harus mempelajari terlebih dahulu mengenai Indodax. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai Indodax :

1. Pahami Tentang Indodax

Hal pertama yang perlu anda pahami adalah tentang seluk beluk Indodax dan siapa pendirinya. Anda bisa membaca informasinya melalui artikel ini Apa Itu Indodax? Apa Kegunaannya dan Siapa Pendirinya?

2. Membuat Akun di Indodax

Setelah anda paham dengan Indodax, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun Indodax untuk bisa melakukan trading Bitcoin. Untuk caranya, anda bisa ikuti pada artikel ini Cara Daftar dan Membuat Akun Bitcoin di Indodax

3. Verifikasi Akun Indodax Anda

Akun yang sudah anda buat tentu belum bisa digunakan secara maksimal, terutama untuk melakukan Deposit Rupiah. Untuk bisa menggunakan seluruh fitur yang ada di Indodax, maka anda perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu pada akun anda tersebut.

Cara verifikasinya silahkan ikuti pada artikel berikut ini Cara Verifikasi Akun Bitcoin di Indodax Terbaru 2018

4. Deposit Rupiah

Setelah akun anda berhasil di verifikasi, maka anda saat ini sudah bisa menggunakan seluruh fitur yang ada di Indodax. Salah satunya adalah untuk melakukan Deposit Rupiah yang nantinya digunakan untuk proses jual beli Bitcoin.

Silahkan untuk Deposit Rupiah ikuti langkahnya yang sudah saya rangkum pada artikel ini Cara Deposit Rupiah di Indodax Dengan Cepat



5. Saatnya Trading Bitcoin

Langkah selanjutnya setelah anda berhasil melakukan Deposit Rupiah adalah melakukan transaksi beli Bitcoin. Dalam proses ini anda harus benar-benar perhatikan langkah demi langkah dalam melakukan beli Bitcoin yang benar. Caranya bisa anda ikuti melalui artikel ini Cara Membeli Bitcoin di Indodax

Simpan Bitcoin yang sudah anda beli dalam kurun waktu beberapa menit, jam, maupun hari. Tentunya setelah harga Bitcoin naik dari harga saat anda beli. Lakukan proses jual beli secara terus menerus untuk memperoleh keuntungan yang anda inginkan.

Yang perlu anda perhatikan ketika melakukan aktifitas trading Bitcoin adalah kesabaran dan jangan sampai tergesa-gesa. Pergerakan harga Bitcoin adalah tergolong sangat fluktuatif, artinya naik dan turunnya bergantung dari supply dan demand. Jadi tidak ada lembaga atau instansi manapun yang bisa mengatur harga Bitcoin.

Saya rasa cukup disini saja penjelasan mengenai apa itu trading Bitcoin. Semoga bermanfaat..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here