Apa Itu Virus Corona? Gejala dan Resikonya

0
215

Intanblog.com – Kita tentu saja sangat prihatin dengan kondisi saat ini, dimana virus corona telah menyebar ke berbagai negara secara cepat. Seperti yang kita ketahui, virus Corona pertama kali menyerang kota Wuhan di China pada akhir tahun 2019. China mencatatkan angka paling besar, yakni lebih dari 80 ribu kasus warganya terjangkit virus corona dan 3 ribu lebih meninggal dunia. Sebenarnya apa itu virus Corona? Seperti apa gejala dan resikonya sehingga telah membunuh ribuan orang?

apa itu virus corona

Virus Corona yang awalnya muncul di wuhan, China adalah sebuah virus jenis baru dari coronavirus yang bisa menular ke manusia dengan sangat cepat. Virus ini secara umum bisa menyerang siapa saja, namun menurut penelitian lebih besar resikonya bagi usia di atas 30 tahun dan dengan kondisi tubuh yang kurang fit. Virus yang akhirnya dinamakan COVID-19 ini telah menyebar ke lebih dari 90 negara selain China, termasuk Indonesia.

Apa Itu Virus Corona?

Virus Corona pada dasarnya identik dengan virus influenza karena memiliki gejala-gejala hampir sama. Hanya saja, untuk virus ini termasuk jenis baru dan masih sulit dikendalikan sehingga cepat sekali menular ke manusia lainnya. Kasus yang banyak terjadi, Coronavirus akan mengganggu sistem pernafasan seseorang seperti sesak nafas ringan hingga infeksi pernafasan berat atau pneuomonia.

Fakta yang terjadi dari sekian banyak kasus meninggal karena virus corona, mereka sebelumnya memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, jantung, dan gangguan pernafasan. Oleh karenanya resiko akan tinggi jika mereka yang terjangkit virus corona memang dalam kondisi terserang penyakit berbahaya lainnya, sehingga akan memperburuk kondisi kesehatannya.

Gejala Umum Terjangkit Virus Corona

Coronavirus merupakan virus yang masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Seseorang yang telah terpapar virus Corona akan mengalami gejala-gejala umum yang tampak seperti :

  • Demam lebih dari 38 derajat
  • Batuk dan pilek
  • Gangguan pernafasan
  • Sakit tenggorokan
  • Letih, lesu

Jika anda merasakan gejala-gejala seperti di atas sebaiknya segeralah periksakan kesehatan anda ke Rumah sakit terdekat. Terlebih lagi jika sebelumnya anda memang pernah kontak fisik langsung dengan orang yang baru saja kembali dari negara China atau negara lain yang terjangkit corona.

Lakukan Pencegahan Untuk Menghindari Virus Corona

Kita yang masih sehat tentu saja tidak ingin terjangkit virus corona bukan? Oleh karena itu, untuk menghindarinya perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan seperti :

  • Sering cuci tangan pakai sabun, atau sejenisnya minimal 20 detik
  • Konsumsi gizi seimbang, perbanyak buah dan sayur
  • Rajin olah raga dan istirahat cukup
  • Hindari konsumsi daging mentah tanpa dimasak
  • Gunakan masker jika batuk maupun pilek
  • Hati-hati bila kontak dengan hewan
  • Jika mengalami gejal-gejala umum seperti demam tinggi, batuk, pilek, sesak nafas, segeralah kunjungi fasilitas kesehatan

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk mengatasi virus corona. Namun jika tubuh kita sehat dan dalam keadaan fit maka akan memperkecil resiko terpapar virus corona.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini