Apa Itu Wa Web? Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan di PC dan Laptop

0
161

Intanblog.com – Bagi pengguna chat online Whatsapp selain bisa menggunakan berbagai fitur yang ada melalui smartphone, pengguna juga bisa menggunakannya melalui PC maupun Laptop. Jika pada umumnya Whatsapp digunakan di smartphone via aplikasi, maka untuk penggunaan di PC dan Laptop menggunakan bantuan browser atau bahasa gaulnya adalah Wa Web. Lalu apa itu Wa Web? Bagaimana cara menggunakannya?

Apa Itu Wa Web - Apa Itu Wa Web? Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan di PC dan Laptop

Apa Itu Wa Web?

Pengertian Wa Web atau Whatsapp Web merupakan sebuah fitur chat layaknya aplikasi Whatsapp Android dan iOS yang berbasis web, dapat digunakan pada browser komputer/ PC  Desktop dan Laptop. Dengan Wa Web, pengguna bisa melakukan kegiatan chat dengan pengguna lain walaupun tidak menggunakan aplikasi Whatsapp smartphone.

Jadi secara sederhana aktifitas chat melalui aplikasi Whatsapp dipindahkan ke browser  seperti Chrome, Mozila, maupun Opera pada komputer atau Laptop anda. Cara ini cocok bagi anda yang memang memiliki aktifitas lebih banyak di depan layar komputer. Selain memiliki fitur dan tampilan yang sama seperti versi aplikasinya, ternyata Wa Web juga banyak disukai karena untuk urusan chat dan kirim-kirim file jadi lebih mudah.

Salah satu syarat penting agar anda bisa menggunakan fitur Whatsap web adalah anda telah mengunduh aplikasi Whatsapp versi terbaru pada Smartphone. Gunakan browser Chrome, Mozila, atau Opera versi terbaru. Selain itu akun Whatsapp anda juga harus selalu terkoneksi dengan internet. Karena jika koneksi terputus, maka fitus Whatsapp web tidak bisa digunakan.

Baca Juga : Cara Paling Cepat Membuat Stiker Whatsapp Pakai Foto Sendiri

Cara Menggunakan Wa Web Pada Komputer atau Laptop

Untuk menggunakan Whatsapp web memang anda tidak perlu install aplikasi apapun. Hanya dengan scan barcode yang tampil pada halaman browser saja akun anda sudah bisa terhubung. Berikut ini tutorial menggunakan Wa web pada browser Komputer atau laptop :

1. Buka Halaman Wa Web Menggunakan Browser

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka situs Whatsapp web untuk pengaturan awal. berikut ini langkahnya.

  • Kunjungi situs Wa Web melalui link ini https://web.whatsapp.com/, maka akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

Apa Itu wa web - Apa Itu Wa Web? Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan di PC dan Laptop

2. Buka Aplikasi Whatsapp Pada Smartphone

Langkah kedua silahkan buka aplikasi Whatsapp pada smartphone anda untuk memulai menghubungkan akun pada aplikasi dengan Whatsapp web.

  • Buka aplikasi Whatsapp, kemudian klik pada menu titik tiga yang ada di sebelah kanan atas maka akan muncul beberapa pilihan. Pilih pada Whatsapp Web dan selanjutnya klik pada OKE, SAYA MENGERTI

Apa itu Wa Web - Apa Itu Wa Web? Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan di PC dan Laptop

3. Pindai Barcode

Arahkan kamera pindaian ke Barcode yang ada di halaman Whatsapp web. Maka secara otomatis akun anda akan terhubung. Sampai dengan tahapan ini anda telah berhasil menghubungkan akun Whatsapp anda dengan Whatsapp web.

Baca Juga : Layanan BBM Resmi Berhenti Beroperasi Per 31 Mei 2019, Kenapa?

4. Aktifkan Notifikasi Web

Untuk terus mendapatkan notifikasi terbaru berupa pesan masuk di komputer atau Laptop, maka anda perlu mengaktifkan notifikasi Desktop. Caranya seperti berikut ini.

  • Pada halaman utama Whatsapp web akun anda, pilih pada Get Notified of New Messages

Apa Itu wa web 1 - Apa Itu Wa Web? Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan di PC dan Laptop

  • Kemudian pilih Allow untuk mengiinkan notifikasi dari Whatsapp web, sehingga setiap ada pesan baru yang masuk akan ada notifikasi pada komputer anda.

Apa Itu wa web 2 - Apa Itu Wa Web? Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan di PC dan Laptop

Keluar dari Whatsapp Web (Log Out)

Setelah anda selesai menggunakan Whatsapp web sebaiknya langsung lakukan Log Out atau keluar. Caranya sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Whatsapp anda pada Smartphone. Buka menu setelan atau menu titik tiga dan pilih Whatsapp Web
  2. Kemudian untuk Log Out, pilih pada Keluar dari Semua Komputer
  3. Secara otomatis maka Whatsapp web anda akan terputus

Baca Juga : Daftar Harga HP OPPO Terbaru April 2019, (F11, F11 Pro, A5s, A3s hingga A7)

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Pada Whatsapp Web (Wa Web)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk fitur yang ada di Wa Web hampir sama dengan versi aplikasinya. Melalui Whatsapp web anda juga bisa melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Chatting
  2. Kirim File (dokumen, gambar, suara, dan video)
  3. Membuat Grup baru
  4. Melihat status teman
  5. Pengaturan profile

Hanya saja untuk fitur audio call dan video call versi Whatsapp web ditiadakan. Saya rasa cuma itu saja kekurangannya. Untuk urusan chat dan kirim-kirim file serta pesan suara masih sama dengan versi aplikasinya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu Wa Web atau Whatsapp web serta tutorial cara menggunakannnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here