Apa Itu Watermark : Pengertian, Fungsi dan Keuntungannya

0
98

Intanblog.com – Kali ini saya tertarik untuk mengulas mengenai pengertian apa itu Watermark yang biasa terdapat pada sebuah foto atau gambar digital. Anda pasti sering mendengar atau mengetahui istilah watermark baik secara langsung maupun melalui internet. Tapi tahukah anda arti yang lebih mendetail mengenai watermark? dan apa fungsinya sebuah foto atau gambar menggunakan watermark?

watermark - Apa Itu Watermark : Pengertian, Fungsi dan Keuntungannya

Bagi anda yang menyukai aktiftas jepret menjepret atau fotografi tentu memiliki banyak koleksi hasil jepretannya tersebut. Terkadang anda juga suka membagikan hasil fotografi tersebut melalui media sosial atau media online lainnya agar bisa dilihat banyak orang. Salah satu alasan mendasar anda membagikan hasil foto ke media sosial tentu agar teman-teman anda kagum. Sedangkan alasan lainnya mungkin saja untuk media penyimpanan agar foto tersebut tersimpan dengan aman.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Chat WA (Whatsapp) Cukup Sekali Klik

Apa Itu Watermark?

Pengertian Watermark atau tanda air adalah sebuah tanda baik berupa tulisan maupun gambar logo yang tertanam pada foto atau gambar digital. Tanda ini biasanya untuk memberikan informasi kepada orang lain bahwa foto tersebut adalah hasil karya miliknya.

Watermark biasanya terletak pada bagian kiri atau kanan bawah dari sebuah foto digital. Namun tidak sedikit juga yang meletakkannya di tengah-tengah dengan tampilan samar-samar agar tidak mengganggu tampilan foto utamanya.

Apa Itu Watermark Pengertian Fungsi dan Keuntungannya - Apa Itu Watermark : Pengertian, Fungsi dan Keuntungannya
Contoh penempatan watermark

Fungsi Watermark

Setelah anda paham arti watermark, selanjutnya anda tentu bertanya-tanya apa sih fungsi sebenarnya penggunaan watermark? Secara garis besar, seorang fotografer atau pencipta sebuah produk digital menanamkan watermark pada hasil karyanya karena fungsinya yang sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa fungsi watermark yang perlu anda ketahui :

1. Hak Cipta

Watermark memiliki fungsi sebagai hak cipta untuk melindungi hasil karya penciptanya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Anda tentu sering mengetahui pembajakan hasil karya seseorang dan mengklaim bahwa karya tersebut merupakan milik si pembajak. Tindakan pembajakan ini tentu merugikan si pencipta aslinya.

Oleh karena itu dengan menanamkan sebuah watermark maka akan melindungi hasil karya dari tindakan pembajakan.

2. Identitas

Fungsi lainnya dari watermark adalah sebagai identitas sebuah hasil karya untuk memudahkan orang lain mengenalinya. Sebagai contoh, anda melihat sebuah foto pemandangan yang sangat bagus dan pada foto tersebut terdapat watermark di pojok kiri bawah dengan tulisan intanblog. Secara langsung anda pasti langsung mengenali bahwa foto tersebut hasil karya dari admin intanblog.

Watermark yang fungsinya sebagai identitas biasanya banyak digunakan oleh instansi maupun fotografer profesional yang memiliki banyak fans atau penggemar.

3. Promosi

Watermark juga memiliki fungsi sebagai media promosi bagi sebagian orang atau pelaku usaha. Sebagai contoh di media sosial terdapat foto dimana pada foto tersebut tertanam watermark dengan tulisan sebuah alamat restoran, hotel, minimarket atau tempat usaha lainnya. Anda tentu bisa menangkap bahwa foto tersebut merupakan hasil karya yang dilakukan pada tempat yang tertulis pada watermark.

Saat ini banyak sekali pelaku usaha yang memanfaatkan watermark untuk promosi seperti e-commerce, situs penyedia jasa, dan lain sebagainya. Langkah ini sebagai strategi marketing untuk memperkenalkan usahanya kepada orang lain dengan lebih mudah.

Baca Juga : Apa Itu Wa Web? Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan di PC dan Laptop

Keuntungan Menggunakan Watermark

Dengan melihat beberapa fungsinya yang sangat positif, penggunaan watermark tentu memiliki beberapa keuntungan antara lain :

  1. Orang lain akan mudah mengenali hasil karya kita
  2. Tidak mudah dibajak atau di duplikasi
  3. Untuk pamer ke teman sosial media
  4. Brand atau nama usaha akan dikenal banyak orang
  5. Bagi sebagian orang dapat menumbuhkan rasa kebanggan tersendiri

Anda bisa menyisipkan watermark ke dalam foto dengan menggunakan bantuan software seperti photoshop atau software editor foto lainnya. Anda bisa menyisipkan watermark berupa tulisan atau gambar logo dan ditempatkan sesuai selera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here