Aplikasi Cek BPOM : Cara Cerdas Memilih Produk Legal dan Aman Dikonsumsi

0
81

Semakin maraknya produk makanan, obat-obatan, dan kosmetik ilegal tentu membuat masyarakat resah. Bukan tanpa sebab, bisa dibayangkan jika produk yang anda beli kemudian dikonsumsi secara pribadi sedangkan produk tersebut ilegal. Tentu akan membahayakan kesehatan tubuh anda bukan? Oleh karena itu anda perlu melakukan cek terlebih dahulu produk yang akan anda beli melalui aplikasi cek BPOM untuk memastikan produk tersebut legal dan tidak berbahaya.

Kenapa produk ilegal dikatakan berbahaya? produk ilegal adalah produk yang dijual secara bebas, namun tidak memiliki ijin dari BPOM selaku Badan Pengawas Obat dan Makanan. Sebagai catatan, produk yang memiliki ijin dari BPOM sebelumnya telah melewati serangkaian tes mulai dari kandungan produk hingga kelayakan konsumsi yang dilakukan secara ketat.

Jadi bisa disimpulkan bahwa produk yang memiliki ijin edar dari BPOM sudah dipastikan aman dan layak konsumsi. Sedangkan produk ilegal yang tidak memiliki ijin BPOM bisa dikatakan berbahaya karena sebagai pengguna anda tidak tahu apakah kandungan pada produk tersebut aman dan layak dikonsumsi atau tidak karena belum melewati serangkaian tes dari BPOM.

Baca Juga : Cara Menggunakan Putih Telur Sebagai Masker Wajah

Aplikasi Cek BPOM : Cara Cerdas Memilih Produk Aman dan Legal

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sampai saat ini sudah menemukan ada sekitar 112 miliar Rupiah kosmetik ilegal atau berbahaya dan 22,3 miliar Rupiah obat tradisional ilegal atau mengandung bahan kimia obat (BKO). Temuan sebanyak ini tentu masyarakat sebagai konsumen yang akan dirugikan, sehingga masyarakat dihimbau untuk cerdas dalam memilih produk yang aman dan legal.



Untuk menghindari produk berbahaya dan meredam aksi produsen-produsen nakal yang tidak mendaftarkan produknya ke BPOM atau bahkan bisa saja dengan memalsukan produk tertentu, maka BPOM mengeluarkan aplikasi Cek BPOM sebagai solusi cerdas bagi masyarakat sebelum membeli produk.

Dengan aplikasi tersebut, masyarakat bisa melakukan cek mulai dari nama produk, nama produsen, dan nomor registrasi atau nomor ijin edar. Jika setelah anda cek melalui aplikasi dan ternyata produk tersebut tidak ada dalam daftar, maka sudah dipastikan produk tersebut ilegal atau tidak terdaftar secara resmi di BPOM.

Tujuan dibuatkannya aplikasi cek BPOM adalah untuk memberikan edukasi bagi masyarakat agar bisa melindungi diri sendiri dari penggunaan obat tradisional, kosmetik, dan produk lainnya yang tidak memenuhi standar resmi.

Baca Juga : Jenis Makanan Yang Dapat Menjadikan Kulit Mulus dan Sehat

Cara Menggunakan Aplikasi Cek BPOM

Sebagai pedoman anda mengenai cara menggunakan aplikasi cek BPOM, silahkan anda ikuti beberapa tutorial berikut ini.

1. Instal Aplikasinya Melalui Playstore

Pertama silahkan anda instal aplikasinya terlebih dahulu pada smartphone Android anda melalui toko aplikasi Playstore.

  • Instal aplikasinya melalui Playstore atau melalui link ini
  • Pastikan aplikasi yang akan anda instal bernama CEK BPOM dan developernya atau pembuatnya Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Tools

Aplikasi cek BPOM - Aplikasi Cek BPOM : Cara Cerdas Memilih Produk Legal dan Aman Dikonsumsi

2. Buka Aplikasinya Dan Lakukan Cek Produk

Setelah aplikasi tersebut berhasil anda instal, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasinya dan silahkan lakukan pengecekan produk yang akan anda beli.

  • Buka aplikasi cek BPOM pada smartphone anda, tampilan awal akan seperti gambar di bawah ini

Screenshot 20181115 133158 - Aplikasi Cek BPOM : Cara Cerdas Memilih Produk Legal dan Aman Dikonsumsi

  • Untuk melakukan pengecekan produk, silahkan pada kolom pertama pilih SEMUA PRODUK kemudian pada kolom kedua pilih NAMA PRODUK/NAMA DAGANG
  • Kemudian pada kolom ketiga atau KATA KUNCI PENCARIAN silahkan anda isi dengan nama produk yang akan anda cek. Seperti contoh kali ini saya akan cek dengan kata kunci INDOMIE

Screenshot 20181115 133417 - Aplikasi Cek BPOM : Cara Cerdas Memilih Produk Legal dan Aman Dikonsumsi

  • Jika semua kolom sudah anda isi, kemudian pencet CARI PRODUK nanti secara otomatis aplikasi akan menampilkan beberapa hasil dari pencarian yang anda lakukan sesuai dengan kata kunci yang anda cari. Hasilnya akan seperti gambar di bawah.

Screenshot 20181115 133437 - Aplikasi Cek BPOM : Cara Cerdas Memilih Produk Legal dan Aman Dikonsumsi

  • Jika aplikasi menampilkan hasil seperti gambar di atas itu artinya produk yang anda cek terdaftar di BPOM, sehingga produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Tapi jika sebaliknya, produk yang anda cari ternyata aplikasi tidak bisa menampilkan hasil apapun, maka sudah dipastikan produk yang anda cek belum terdaftar di BPOM atau termasuk produk ilegal.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini