24 Aplikasi Ini Terdapat Virus Berbahaya, Wajib Uninstall Sekarang Juga

0
135

Intanblog.com – Perkembangan teknologi smartphone yang sangat pesat ternyata dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk melakukan tindakan kejahatan. Hacker atau peretas adalah oknum yang biasanya memanfaatkan celah sistem operasi Android melalui sebuah aplikasi. Hacker akan menyisipkan virus malware ke dalam aplikasi yang tersedia di Google Playstore dengan maksud ingin meretas data pribadi pemilik ponsel. Saat ini ada 24 aplikasi yang diketahui berbahaya. Ya, di dalam 24 aplikasi ini terdapat virus berbahaya atau malware yang bisa mencuri data penggunanya.

24 aplikasi ini terdapat virus berbahaya - 24 Aplikasi Ini Terdapat Virus Berbahaya, Wajib Uninstall Sekarang Juga

Baru-baru ini lembaga riset Cyber Security, CSIS Security Group berhasil mengungkap fakta bahwa mereka telah menemukan sebuah virus berbahaya bernama Joker. Virus tersebut diklaim mengintai ponsel Android dari pengguna di Indonesia dan di beberapa negara lainnya. Bahkan mereka menghimbau untuk segera uninstall aplikasi tersebut jika memang sebelumnya telah diinstall.

Baca juga : Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi Semua Tipe Terbaru

24 Aplikasi Ini Terdapat Virus Berbahaya, Wajib Uninstall Sekarang Juga

Joker dibuat oleh seseorang yang sangat profesional di bidangnya, mereka mendesainnya agak tidak terdeteksi sama sekali oleh sistem keamanan Android. Joker berisi virus Trojan yang terhubung ke server command-and-control (C2).

Jika virus tersebut telah berhasil menysup ke dalam ponsel, maka akan secara aktif merekam segala aktifitas yang dilakukan oleh pengguna. Meskipun sebenarnya virus tersebut terlihat diam-diam saja, namun ada beberapa data yang sedang mereka curi seperti SMS, kontak, dan data perangkat lainnya. Data-data ini digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan demi memperoleh keuntungan finansial.

Korban paling banyak adalah pengguna ponsel Android yang menggunakan kartu kredit (credit card). Seperti contoh pengguna di Denmark, Joker berhasil secara diam-diam mendaftarkan penggunanya ke sebuah situs berbayar dengan biaya 7 euro per minggu. Tentu saja Joker juga berhasil secara otomatis mencuri kode konfirmasi yang dikirimkan melalui SMS. Kode yang diperoleh tersebut kemudian dikirimkan ke situs web iklan untuk menyelesaikan proses pembayarannya.

Sayangnya, hingga saat ini lebih dari 470 ribu pengguna telah mendownload aplikasi berbahaya tersebut melalui Google Playstore. Menurut hasil riset CSIS Security Group, pihak Google telah mendeteksinya dan telah menghapusnya dari Google Playstore. Namun jika anda termasuk orang yang sebelumnya telah menginstall aplikasi tersebut, sebaiknya unsintall sekarang juga.

Selain Indonesia ada beberapa negara lain yang menjadi target Joker yakni Australia, Austria, Belgia, Brazil, China, Siprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras, India, Irlandia, Italia, Kuwait, Malaysia dan Myanmar, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Qatar, Republik Argentina, Serbia, Singapura, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris, dan AS.

Baca juga : Pengalaman Pasang Indihome, Mulai Pendaftaran Hingga Pemasangan

Berikut ini daftar 24 aplikasi yang telah disusupi virus malware Trojan bernama Joker :

1. Advocate Wallpaper
2. Age Face
3. Altar Message
4. Antivirus Security – Security Scan
5. Beach Camera
6. Board picture editing
7. Certain Wallpaper
8. Climate SMS
9. Collate Face Scanner
10. Cute Camera
11. Dazzle Wallpaper
12. Declare Message
13. Display Camera
14. Great VPN
15. Humour Camera
16. Ignite Clean
17. Leaf Face Scanner
18. Mini Camera
19. Print Plant scan
20. Rapid Face Scanner
21. Reward Clean
22. Ruddy SMS
23. Soby Camera
24. Spark Wallpaper

Untuk mengantisipasi tindakan-tindakan jahat yang dilakukan hacker, sebaiknya ketika menginstall aplikasi jangan sembarangan memberikan izin akses ke perangkat anda. Jika memang tidak terlalu berguna, lebih baik jangan mengizinkan akses sama sekali atau bahkan tidak menginstallnya. Untuk 24 aplikasi di atas, sebaiknya segera unisntall sekarang juga dan periksa tagihan-tagihan credit card anda apakah ada transaksi yang mencurigakan atau tidak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini