Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Masuk Page One

0
557

Setiap blogger pasti menginginkan semua artikel-artikelnya masuk pada halaman pertama (page one) search engine (Google, Yahoo, Bing, dan lainnya). Untuk mencapai keinginan tersebut tentu ada beberapa langkah yang harus dijalani, salah satunya membuat artikel seo friendly.

artikel seo friendly - Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Masuk Page One

Menulis artikel bagi seorang blogger adalah sebuah aktifitas yang mengasikkan, bahkan menulis artikel sudah menjadi rutinitas seorang blogger. Bagi anda yang belum memiliki blog pribadi, silahkan buat blog dengan mengikuti caranya disini Cara Membuat Blog Gratis Melalui Blogger.

Kembali ke topik, dalam persiapan sebelum menulis artikel berkualitas tentu seorang blogger akan mencari informasi terlebih dahulu kata kunci apa yang cocok untuk judul artikel yang akan dibuat, istilah kerennya riset keyword.

Tujuan utamanya adalah artikel yang sudah dibuat nantinya dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari dan mampu menduduki peringkat pertama halaman pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Riset Keyword (Kata Kunci Google) Paling Ampuh

Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat  artikel SEO friendly adalah sebagai berikut :

1. Artikel Minimal Mengandung 300 Kata



Dari sekian banyak blogger yang masih baru, biasanya muncul pertanyaan dalam benaknya Berapa sih sebenarnya jumlah kata yang ideal dalam sebuah artikel?

Dalam menulis sebuah artikel itu memang tidak ada anjuran khusus seberapa banyak jumlah kata yang harus ditulis. Artikel hanya terdiri dari 1 baris saja tidak masalah, bahkan ada yang menganjurkan minimal 200-500 kata.

Itu memang sah saja, akan tetapi untuk mendapatkan artikel yang lebih baik dan mudah ditelusuri oleh mesin pencari google disarankan mengandung minimal 300 kata, namun lebih baik lagi jika jumlah kata lebih dari itu.

loading...

Hal ini bukan tanpa bukti, tetapi sudah dibuktikan oleh serPIQ dan MOZ dalam sebuah penelitian. Hasilnya bahwa jumlah kata dalam sebuah artikel sangat mempengaruhi peringkat halaman artikel di hasil pencarian diluar faktor seo lainnya.

Keuntungan lain membuat sebuah artikel dengan jumlah kata yang banyak adalah, mesin pencari google menganggap bahwa artikel tersebut mengandung banyak informasi.

Sehingga orang akan menyukai artikel tersebut dan sangat mungkin untuk melakukan share ke orang lain juga karena mengandung banyak informasi yang berguna.

Baca Juga : Cara Mudah Submit Artikel Terbaru Agar Cepat Terindex Mesin Pencarian

2. Sisipkan Internal Link Pada Artikel Populer

Trik ini sebenarnya banyak blogger yang sudah menjalankannya, menyisipkan link didalam artikel populer untuk mengarahkan pembaca menuju artikel lain yang terkait.

Internal link sangat berpengaruh dalam Optimasi SEO.

Untuk membuat internal link, langkah pertama tentunya kita harus mengetahui artikel milik kita yang sudah populer.

Artinya, artikel tersebut sudah muncul di mesin pencari dan reputasinya sudah bagus. Paling tidak artikel tersebut sering dikunjungi oleh pembaca. Lebih baik lagi jika artikel tersebut sudah menduduki minimal 10 besar di mesin pencarian.

Kemudian bagaimana langkahnya untuk menemukan artikel populer dalam sebuah blog? Caranya cukup mudah, kita tinggal melihat di widget popular post, disitu akan terlihat artikel-artikel popular blog kita. Jika sudah ditemukan, edit artikelnya dan sisipkan internal link untuk menuju artikel-artikel lain yang terkait.

Baca juga : Apa Itu Pengertian SEO dan Apa Manfaat Search Engine Optimization

3. Gunakan LSI keyword dalam sebuah artikel

LSI keyword ( Latent Semantic Indexing Keyword ) merupakan sebuah kata kunci yang relevan atau terkait dengan kata kunci utama.

Untuk menemukan LSI Keyword caranya cukup ketikkan kata kunci utama di mesin pencari google, maka dibawah sendiri akan muncul berbagai kata LSI Keywordnya.

Silahakan lihat gambar di bawah :

Cara membuat artikel seo friendly agar masuk page one - Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Masuk Page One

Ini adalah contoh sebuah LSI Keyword dari kata kunci utama ‘ cara bikin email ‘. Jadi misalkan kita akan membuat judul sebuah artikel ‘ cara bikin email ‘, maka masukkan semua hasil LSI Keyword tersebut ke dalam artikel kita.

Ini akan menjadikan artikel tersebut muncul dengan beragam kata kunci. Untuk menyisipkannya silahkan rangkai sendiri dengan isi topik dan ide masing-masing blogger.

Semakin banyak jumlah kata dalam sebuah artikel maka kata kunci LSI yang bisa kita gunakan akan semakin banyak juga. Yang terpenting, utamakan rangkaian kata yang mudah dipahami oleh pembaca.

4. Membuat BOLD dan ITALIC pada keyword yang ditarget

Kata yang menggunakan BOLD atau ITALIC dalam sebuah artikel, oleh mesin pencari dianggap kata tersebut adalah penting. Ini bisa diterapkan disetiap kata kunci LSI yang kita sisipkan untuk mendapatkan peluang terbaik mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Kemudian dari segi SEO, penggunaan atribut kata tebal dan miring jelas sangat membantu sekali. Menurut ahli SEO, bahwa penulisan tebal mempunyai skor 3 dan penulisan miring dengan skor 2.

Ini membantu mesin pencari google untuk menemukan apa yang penting dari isi artikel yang kita buat.

Misal Judul artikel kita, ‘ Cara Membuat Email ‘, maka bisa saja kita menebalkan dan memiringkan kata Email yang terdapat didalam tulisan.

5. Memperhatikan Optimasi SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE

Optimasi SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE juga merupakan faktor yang tidak kalah penting untuk membuta artikel kita lebih berkualitas.

SEO ON PAGE memberikan dampak positif yang dihasilkan dari dalam blog, sedangkan SEO OFF PAGE memberikan energi pada halaman blog kita sehingga artikel yang ada didalam blog memiliki peluang lebih baik didalam mesin pencarian.

Demikian langkah-langkah yang harus diperhatikan, mulailah sejak sekarang untuk membiasakan diri dan bisa menjadi rutinitas dalam setiap menulis artikel dengan mengikuti langkah-langkah diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here